Provinsi Penghasil Ikan Gurame Terbanyak di Indonesia

- Maret 13, 2017

Provinsi Penghasil Ikan Gurame Terbanyak di Indonesia

 
. .

Gurame merupakan ikan perairan air tawar yng telah dibudidayakan. Ikan gurame adalah ikan air tawar yng berbeda dibandingkan yang dengannya ikan air tawar lain-lainnya. Tak semisal ikan air tawar lain-lainnya, ikan gurame salah satunya ikan yng memerlukan perhatian ekstra dalam membudidayakannya. Pemeliharaan ikan gurame bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai ukuran konsumsi memerlukan waktu yng panjang, sekitar 8 -10 bulan. Oleh lantaran itulah ikan gurame tergolong ikan yng tidak murah dikarenakan proses pemeliharaannya yang telah di sebutkan.
Gurame masuk dalam kategori ikan yng diunggulkan oleh perikanan budidaya. Walaupun perkembangannya tak sepesat ikan air tawar lain-lainnya. Akan tetapi, gurame tetap menjadi andalan perikanan budidaya lantaran mempunyai nilai jual yng lebih baik dibandingkan yang dengannya ikan air tawar lain-lainnya. Selain itu, gurame pun gampang dalam pemasarnnya.
Pengembangan ikan gurame tak semisal halnya ikan mas serta ikan nila yng sudah mempunyai induk unggulan, hasil dari perekayasaan genetic. Akan tetapi, seiring yang dengannya tidak sedikit berkembangnya para pembudidaya ikan gurame maka beberapa tahun belakangan ini sudah dikembangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan bibit unggul ikan gurame. Di antaranya merupakan Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar Sukabumi Jawa barat.
Andai dilihat didasari data statistik 2010, perkembangan ikan gurame telah mencapai ke hampir seluruh Indonesia. Malah pusat budidaya ikan gurame tak cuma terdapat di pulau Jawa akan tetapi terdapat juga di luar jawa. Yang akan di sajikan kali ini beberapa provinsi penghasil ikan gurame di Indonesia :
Jawa barat
Jawa barat menduduki peringkat pertama menjdai penghasil ikan gurame pada tahun 2010 yakni sebesar 12.970 ton. Walaupun angka 2010 masih lebih kecil dibandingkan tahun sebelumnya akan tetapi penurunan produksi ikan gurame jawa barat, tak dan merta menggeser provinsi ini menjdai penghasil utama ikan gurame.
Sumatera Barat
Tahun 2010 merupakan tahunnya provinsi sumatera barat lebih-lebih lantaran kesuksesan provinsi ini dalam mengembangkan budidaya ikan guramenya. Tahun 2010, produksi gurame provinsi ini mencapai 10.660 ton. Naik tinggi dibandingkan yang dengannya tahun sebelumnya yng cuma mencapai 6.510 ton. Produksi sebesar 10.660 ton menempatkan Sumatera Barat menjdai penghasil ikan gurame nomor dua menggeser provinsi Jawa Timur yng pada tahun sebelumnya berada di posisi kedua.
Jawa Timur
Produksi ikan gurame Jawa Timur sebetulnya tak mengalami penurunan malah terlaksana peningkatan produksi dibandingkan tahun sebelumnya menjadikan tak bisa dikatakan andai budidaya ikan gurame di provinsi mengalami penurunan. Cuma saja peningkatan produksinya masih kalah dibandingkan yang dengannya Sumatera Barat. Produksi ikan gurame Jawa Timur tahun 2010 merupakan sebesar 9.525 ton sedangkan produksi di tahun 2009 sebesar 8.425 ton
Jawa Tengah
Perikanan budidaya air tawar Jawa Tengah berkembang yang dengannya baik. Hal ini terlihat dari perkembangan produksi budidaya air tawarnya yng selalu meningkat. Begitu juga yang dengannya ikan guramenya yng salah satunya diunggulkan oleh provinsi ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengangkat perikanan budidaya air tawarnya. Produksi ikan gurame jawa tengah tahun 2010 merupakan sebesar 7.475 ton. Naik sekitar 1.300 ton dibandingkan tahun sebelumnya 2009 sebesar 6.145 ton. Gurame salah satunya ikan air tawar ketiga yang dengannya produksi tertinggi di provinsi ini sesudah lele serta nila.
DI Yogyakarta
Provinsi ini adalah provinsi yang dengannya jumlah kabupaten/kota yng tak tidak sedikit. Namun perikanan budidayanya mampu bersaing yang dengannya provinsi yng mempunyai area yng lebih luas. Tengok saja produksi lele, nila serta guramenya yng bisa bersaing yang dengannya provinsi di pulau jawa lain-lainnya. Ikan gurame yng diandalkan provinsi ini produksinya tahun 2010 mencapai 6.031 ton sedangkan tahun sebelumnya sebesar 2.694 ton. Yang dengannya produksinya yng sebesar yang telah di sebutkan provinsi ini berada diurutan kelima menjdai penghasil ikan gurame.
Lampung
Lampung sebetulnya lebih dikenal menjdai penghasil terbesar udang lebih-lebih udang vaname lantaran di provinsi ini terdapat perusahaan yng mengembangkan budidaya udang vaname. Namun tak mampu dipandang sebelah mata bagi atau bisa juga dikatakan untuk perikanan budidaya air tawarnya. Gurame pada tahun 2010 produksi mencapai 4.098 ton naik dari tahun 2009 yng sebesar 3.453 ton
Sumatera Selatan
Sumatera Selatan merupakan satu dari sekian banyaknya kekuatan pulau sumatera menjdai penghasil ikan air tawar perikanan budidaya. Provinsi ini dikenal menjdai sentranya pengahasil ikan patin hasil budidaya. Selain penghasil ikan patin sebenarnya provinsi ini pun menghasilkan ikan gurame terbesar ketiga di pulau sumatera. Produksi ikan guramenya pada tahun 2010 merupakan sebesar 2.518 ton naik tidak banyak dibandingkan tahun 2009 yng sebesar 2.126 ton.
Masih tidak sedikit lagi provinsi yng sukses dalam mengembangkan budidaya ikan gurame serta tak cuma dibatasi di pulau sumatera serta pulau jawa saja akan tetapi telah menyebar ke Indonesia bagian timur juga. Kalimantan, Bali serta Nusa Tenggara salah satunya yng sudah membudidayakan ikan gurame. Malah di pulau Sulawesi serta Papua pun membudidayakan ikan yang dengannya nilai jual yng cukup tinggi ini.
Teknik budidaya ikan gurame sebetulnya tidaklah sulit akan tetapi butuh diperhatikan beberapa hal berikut agar dalam membudidaya ikan gurame bisa sukses, yakni :
1. Lokasi
Pilih lokasi yang dengannya jenis tanah liat berpasir yng bisa menahan massa air yng besar serta tak bocor menjadikan bisa dibuat pematang/dinding kolam.
2. Kemiringan tanah
Kemiringan tanah yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembuatan kolam berkisar antara 3–5% bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat mudah pengairan kolam secara gravitasi serta lokasi pemeliharaan berada pada ketinggian 1–400 m di atas permukaan laut
3. Sumber air
Satu dari sekian banyaknya syarat utama budidaya gurami merupakan air yng bersih. Lantaran itu hindari pemakaian air yng keruh serta kotor. Karena andai kotoran itu bercampur yang dengannya pakan, bakal menimbulkan timbulnya bakteri,parasit serta cacing
4. Kualitas Air
Kandungan oksigen optimum yng bisa menunjang pertumbuhan ikan merupakan 2 mg/l. Gurami tergolong ikan yng Amat peka terhadap perubahan suhu. Gurami tergolong ikan yng peka terhadap suhu rendah menjadikan andai suhu perairan lebih rendah daripada kisaran suhu optimal, gurami tak akan produktif. Ikan gurami bisa tumbuh yang dengannya baik pada perairan yang dengannya kisaran pH 5–10. Akan tetapi pH optimum yng bisa menunjang perkembangan yang dengannya baik merupakan 6,5–8,5.
sumber : http://www.perikanan-budidaya.kkp.go.id Sponsored Links loading... Loading... .

Source Articles & Image : petanitop.blogspot.com

Seputar Provinsi Penghasil Ikan Gurame Terbanyak di Indonesia

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Provinsi Penghasil Ikan Gurame Terbanyak di Indonesia