Cara Membuat Stik dari Biji Nangka

- Maret 06, 2017

Cara Membuat Stik dari Biji Nangka

 
. .

Menaikan Nilai Tambah Biji Nangka Dibuat Stik

шаблоны RocketTheme
Форум вебмастеров

bbppl-bijinangka-bijinangka
Era ini telah tidak sedikit jenis olahan makanan yng berbahan baku dari buah nangka, misalnya nangka yng masih muda umumnya dibuat gudeg, sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk nangka yng telah matang yang dengannya rasa yng manis aromanya tajam khas nangka umumnya dibuat dodol nangka, keripik nangka serta lain-lain.Yang dengannya adanya aneka macam jenis olahan dari buah nangka ini, terdapat hasil samping yng belum termanfaatkan secara optimal khususnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk nangka yng telah matang penuh yakni berupa biji nangka.
Didasari sumber dari Direktorat Gizi Kementerian Kebugaran atau kesehatan, di dalam biji nangka terkandung zat-zat gizi yng Amat memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebugaran atau kesehatan kita-kita. Adapun kandungan gizi setiap 100 gram biji nangka merupakan zat besi (200 mg), vitamin B1 (0,20 mg), kalori (165 kal), protein (4,2 gram), lemak (0,1 mg), karbohidrat (36,7 mg), kalsium (33,0 mg), fosfor (1.0 mg), vitamin C (10 mg), serta air (56,7 gram). Di Jawa Barat, biji nangka dikenal yang dengannya nama beton, umumnya pemanfaatannya cuma cukup direbus yang dengannya ditambah garam ataupun dibakar serta langsung dikosumsi tanpa ada perlakuan lebih lanjut. Satu dari sekian banyaknya upaya bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanggulangi melimpahnya biji nangka, maka dicoba bagi atau bisa juga dikatakan untuk dimanfaatkan yang dengannya cara diolah menjadi stik biji nangka. Makanan ringan dalam bentuk stik adalah makanan yng cukup digemari masyarakat. Stik biji nangka mempunyai rasa yng enak/gurih, menjadikan cocok dikonsumsi pada aneka macam peluang.Pembuatan stik biji nangka adalah satu dari sekian banyaknya pengganti pemanfaatan hasil samping buah nangka yang dengannya tujuan: 1) Diversifikasi pengolahan biji nangka, 2) Bisa menaikan nilai ekonomis dari biji nangka, serta 3) Bisa menambah lapangan kerja. Prinsip dasar pembuatan stik biji nangka merupakan suatu proses penghancuran biji nangka yang dengannya penambahan tepung terigu serta bahan lain-lainnya serta diakhiri proses penggorengan, maka akan diperolah stik biji nangka yng renyah serta mempunyai rasa yng khas (gurih). Adapun tahapan pembuatan stik biji nangka merupakan menjdai berikut:
Alat: panci, timbangan, pisau, baskom plastik, talenan, wajan penggorengan serta pengaduk, kompor, saringan peniris minyak, tampah, cobek, serta hand sealer.

Bahan: Biji nangka halus (500 gram), tepung terigu (500 gram), bawang putih (50 gram), mentega (200 gram), minyak goreng (2liter), kuning telur (1 butir), serta garam secukupnya. Langkah kerja:
bbppl-bijinangka1
Stick Biji nangka
  1. Siapkan alat yng diharapkan dalam keadaan bersih serta siapkan bahan-bahan sesuai kebutuhan
  2. Pilih biji nangka yng tidak jelek alias bagus lantas cuci hingga bersih
  3. Rebus biji nangka selama 30 menit (sampai-sampai empuk)
  4. Kupas kulit biji nangka hingga bersih
  5. Haluskan bawang putih serta biji nangka yang dengannya cara ditumbuk ataupun diulek hingga betul-betul halus
  6. Campurkan biji nangka halus, bawang putih halus, terigu, kuning telur, mentega, serta garam lalu aduk hingga rata serta kalis
  7. Bentuk lembaran-lembaran serta potong-potong memanjangmenggunakan cetakan cheesestick
  8. Cetak/iris lembaran tadi semisal mie ataupun sesuai kebutuhan
  9. Goreng sampai-sampai matang (Perlu terendam oleh minyak)
  10. Kemas dalam plastik lantas disealer serta kasih label.
Dari hasil yng diperoleh, stik biji nangka cukup lezat serta renyah. Yang dengannya menambah beberapa bahan tambahan biji nangka yng sudah dikukus bisa menjadi stik biji nangka yng layak bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijual yang dengannya rasa yng khas biji nangka, menjadikan yang dengannya demikian bisa menaikan nilai tambah serta nilai ekonomi dari biji nangka. Selamat Berupaya. Sumber : http://www.bbpp-lembang.info/index.php/arsip/tulisan atau artikel/artikel-pertanian/963-meningkatkan-nilai-tambah-biji-nangka-dibuat-stik Sponsored Links loading... Loading... .

Source Articles & Image : petanitop.blogspot.com

Seputar Cara Membuat Stik dari Biji Nangka

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Membuat Stik dari Biji Nangka