Cara Mudah Membuat Tahu Sendiri di Rumah

- Januari 05, 2017

Cara Mudah Membuat Tahu Sendiri di Rumah

 
. .

Era ini Tahu adalah makanan yng telah terkenal diseluruh dunia namun tak seluruh orang tau cara membuat tahu. Untuk itu kita akan membahasnya kelak, akan tetapi sebelum itu ada baiknya kita mengenal berlebi dahulu asal usul Tahu. Tahu sendiri telah ada sejak 164 SM di daratan China sekitar 2200 tahun lalu. Pendapat dari Wikipedia penemunya merupakan Liu An yng adalah cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang pendiri dinasti Han. Sebenarnya tahu telah ada sejak beribu-ribu tahun yng lalu. Di Indonesia sendiri Tahu adalah makan yng Amat digemari serta hampir menjadi bagian macam-macam masakan di Indonesia. Rasanya yng nikmat dan kandungan gizinya yng tidak sedikit menjadikan makan yng murah ini tak jurahan kualitas gizinya. Harga tahu sebetulnya tak terlalu tidak murah, cuma yang dengannya beberapa ribu rupiah saja kita telah mampu memperoleh tahu. Akan tetapi pernah tak terfikir bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencobamembuat tahu sendiri di rumah? andai pernah sempet kepikiran mari kita coba beberapa langkah pembuatan tahu di bawah ini:

CARA MEMBUAT TAHU

Bahan:
  1. 1 kg kacang kedelai yng sudah direndam semalam
  2. 100 ml cuka makan
  3. Air
Alat:
  1. Blender
  2. Panci besar
  3. Serbet makan/ kain
  4. Saringan
Cara:
  1. Masukan kacang kedelai yng sudah direndam semalaman kedalam panci ataupun baskom bagi atau bisa juga dikatakan untuk di pecah yang dengannya meremas-remasnya.
  2. Sesudah bersih masukan kedelai kedalam Blander yang dengannya memberikan air secukupnya lantas blender sampai-sampai halus serta lembut.
  3. Era selesai maka akan jadi semisal susu kedelai, selanjutnya rebus air kedelai tadi di panci sampai-sampai mendidih.
  4. Siapkan baskom bagi atau bisa juga dikatakan untuk tempat air dingin. Disaat rebusan air kedelai tadi mulai mendidih akan muncul busa.
  5. Maka segera tambahkan air dingin tidak banyak demi tidak banyak serta suhu kompor diturunkan.
  6. Setiap busa mulai muncul lagi berikan air dingin tidak banyak demi tidak banyak. Tetap rebus air kedelai sampai-sampai busa habis, sesudah itu biarkan rebusan itu di atas kompor yang dengannya api kecil selama 20 menit. Lantas matikan kompor serta biarkan dingin.
  7. Sesudah rebusan tadi mulai dingian segera saring mempergunakan saringan yng di atasnya di lapisi serbet makan/ kain. Peras ampas rebusan kedelai tadi sampai-sampai air perasan keluar seluruh. Ampas jangan dibuang lantaran mampu dimanfaatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk perkedel, serta dimasak sesuai selera.
  8. Air hasil penyaringan tadi di rebus di atas kompor yang dengannya api sedang akan tetapi tak hingga mendidih.
  9. Angkat susu kedelai dari kompor kemudia masukkan 100 ml cuka makan, aduk sebentar. Diamkan susu kedelai selama 30 menit yang dengannya sendirinya susu kedelai akan terpisah menjadi calon tahu serta air.
  10. Saring massa tahu yang dengannya serbet makan ataupun kain bersih tipis sampai-sampai air keluar. Susun pada cetakan yng ingin kamu genakan kemudiaian tindih yang dengannya pemberat ssehingga seluruh air keluar. Biarkan sekitar 15-20 menit.
  11. Sesudah itu Tahu buatan kamu pun jadi serta jiap di potong sesuai ukuran yng kamu suka serta siap dimasak.
Sumber : http://www.likethisya.com/cara-membuat-tahu.html Sponsored Links loading... Loading... .

Source Articles & Image : petanitop.blogspot.com

Seputar Cara Mudah Membuat Tahu Sendiri di Rumah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Mudah Membuat Tahu Sendiri di Rumah