Baca ini dulu Sebelum Menanam Lengkuas di Polybag

- Januari 31, 2017

Baca ini dulu Sebelum Menanam Lengkuas di Polybag

 

Cara Menanam Lengkuas/Laos di Polybag - Lengkuas ataupun laos (Alpinia galanga) adalah jenis tumbuhan umbi-umbian yng mampu hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Biasanya masyarakat memanfaatkannya menjdai campuran bumbu masak serta pengobatan tradisional. Pemanfaatan lengkuas bagi atau bisa juga dikatakan untuk masakan yang dengannya cara mememarkan rimpang lantas dicelupkan begitu saja ke dalam campuran masakan, sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengobatan tradisional yng tidak sedikit dipakai merupakan lengkuas merah. (sumber: Wikipedia) Tanaman lengkuas yng kerap dijadikan bahan bumbu masakan serta jamu ini mempunyai tidak sedikit manfaat bagi kebugaran atau kesehatan orang yng mengkonsumsinya, diantaranya:
  1. Bisa menurunkan risiko rematik,
  2. Mencegah penuaan dini
  3. Mencegah peradangan di dalam mulut, serta menghilangkan bau mulut
  4. Mengurangi risiko kanker
  5. Menurunkan demam
cara menanam lengkuas, cara menanam laos
Masih tidak sedikit lagi manfaat lengkuas bagi kebugaran atau kesehatan andai dikonsumsi secara teratur, serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidayakannya pun tak terlalu sulit. Cara menanam lengkuas percis semisal cara menanam jahe serta cara menanam kencur di polybag, cukup yang dengannya menanam rimpangnya ke dalam Tanah maka akan muncul tunas yang dengannya sendirinya.
Menyiapkan Bibit Lengkuas
Memilih bibit adalah langkah kunci awal bagi atau bisa juga dikatakan untuk menentukan kesuksesan budidaya lengkuas, bibit yng dipilih sebaiknya dari tanaman lengkuas yng kamu tahu kondisi induknya. Carilah bibit Lengkuas dari petani lengkuas secara langsung, pilih rimpang dari pohon lengkuas yng tua, sehat serta tak diserang hama.
Dalam menyiapkan bibit umumnya akan di lakukan penyemaian, penyemaian bisa di lakukan yang dengannya menyimpan rimpang lengkuas di dalam peti kayu secara berlapis serta setiap lapis diberi sekam padi. Akan tetapi andai kamu tak ingin repot, bibit lengkuas bisa langsung ditanam ke tempat penanaman yng diiinginkan semisal polybag ataupun pot.
Sebelum ditanam ataupun disemai, sebaiknya rimpang lengkuas dicuci serta dijemur berlebi dahulu selama 5-6 jam.
Menyiapkan Polybag/pot
Isi polybag yang dengannya campuran tanah serta pupuk sangkar serta sekam padi yang dengannya perbandingan 1:1:1. Isi hingga 3/4 bagian polybag terisi, biarkan polybag selama 1 minggu sebelum ditanami. Letakkan polybag di tempat yng teduh akan tetapi tetap di kenai sinar matahari.
Menanam Lengkuas
Tanamlah bibit hasil semaian ataupun rimpang lengkuas secara langsung, isikan 2-3 rimpang dalam setiap polybag, serta tutup mempergunakan tanah dibagian atasnya. Lakukan penyiraman sesudah bibit lengkuas ditanam. Penyiraman selanjutnya bisa di lakukan sekali dalam sehari agar tak terlalu basah yng dikhawatirkan akan membuat rimpang lengkuas membusuk.
Merawat Lengkuas
Perawatan terhadap lengkuas tak begitu rumit, percis yang dengannya cara merawat jahe serta kencur. Cukup yang dengannya menyiangi rumput liar yng tumbuh di polybag, serta memberikan pupuk sangkar tambahan sesudah 1 bulan penanaman.
Demikian langkah singkat cara menanam lengkuas dalam polybag ataupun pot yng baik serta benar, selain di polybag, lengkuas pun mampu dibudidayakan di kebun. cukup yang dengannya membuat galengan ataupun bedengan serta lengkuas bisa ditanam di bedengan.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Baca ini dulu Sebelum Menanam Lengkuas di Polybag

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Baca ini dulu Sebelum Menanam Lengkuas di Polybag