Cara Mudah Menanam Cabai Keriting

- Januari 11, 2017

Cara Mudah Menanam Cabai Keriting

 

Cara Menanam Cabe Keriting Yng Baik serta Benar - Menanam cabe keriting tak berbeda yang dengannya menanam cabe rawit. Kegiatan pembudidaayaan dimulai yang dengannya melakukan pemilihan benih, penyemaian bibit cabe, persiapan lahan tanam, penanaman cabe, serta perawatan tanaman cabe.
 
cara menanam cabe keriting
Gambar Cabe Keriting

Pemilihan Benih
Benih bisa disiapkan yang dengannya dua cara, yakni membeli dari toko-toko pertanian ataupun membuat benih sendiri yang dengannya cara mengambil buah cabe yng sudah matang serta mengambil bijinya. Andai kita tak mau repot maka membeli dari toko pertanian mampu menjadi solusi, akan tetapi andai kita ingin menyiapkan benih yng yang dengannya kualitas buah yng telah kita ketahui maka membuat benih sendiri merupakan cara yng paling baik.
Dalam memilih benih dari tanaman sebelumnya, yng butuh kita lakukan merupakan memilih batang cabai yng terlihat paling tidak jelek alias bagus kualitasnya. Pilihlah buah cabai yng telah matang (tua) dari buah yng panen sekitar urutan tengah (panen kali ke 3 - 4). Hal ini bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memastikan bahwasanya benih diambil dari pohon yng benar-benar mempunyai kualitas, serta pun ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk memastikan biji cabai ukurannya pas. Umumnya cabai pada panen pertama akan mempunyai jumlah biji yng tidak banyak, serta cabai yng sudah mendekati panen akhir akan mempunyai biji yng tidak sedikit akan tetapi ukurannya kecil.
Belah buah cabe keriting yang dengannya mempergunakan cutter atai pisau yng tajam, pisahkan biji yang dengannya kulit cabe. Sesudah biji cabe sudah terpisah, keringkan pada area yng tak terlalu panas agar biji mengering secara alami.
Penyemaian Benih
Benih yng telah kering, sudah siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk disemai. Siapkan lahan persemaian berlebi dahulu yang dengannya cara menggemburkan Tanah yang dengannya mempergunakan cangkul, buat galengan (gundukan) agar semaian tak terendam air.
Sesudah tempat penyemaian sudah siap, maka langkah selanjutnya merupakan menebar biji cabe ke tempat semaian. Sebelum menebar benih sebaiknya biji direndam yang dengannya air Anget berlebi dahulu. Pisahkan biji yng tenggelam, serta Buang biji cabe yng terapung. Biji yng terapung mungkin bagi atau bisa juga dikatakan untuk tumbuh Amat sulit.
Taburkan biji secara merata ke seluruh sisi tempat semaian, berikan taburan Tanah penutup yang dengannya lapisan yng tipis. Berikan penutup pada bagian atas yang dengannya mempergunakan jaring (net) ataupun dedaunan. Hal ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi agar semaian tak rusak di kenai kucuran air hujan serta melindungi tempat penyemaian tetap lembab.
Lakukan penyiraman secara rutin pada siang serta sore hari, serta cabut andai ada tanaman yng mengganggu pada area penyemaian cabe.
Sesudah berumur 7 hari dari penyemaian, umumnya cabe akan mulai tumbuh. Lakukan pemindahan ataupun penanaman cuma andai cabe sudah berusia sekitar 1,5 bulan (sudah mempunyai 4 -5 helai daun).
Persiapan Lahan Tanam
Sambil menunggu benih siap tanam, maka kita bias menyiapkan lahan yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam cabe keriting. Semisal halnya tempat penyemaian, tempat penanaman pun Perlu digemburkan berlebi dahulu yang dengannya mempergunakan cangkul. Bentuk area penanaman semisal galengan (gundukan memanjang) yang dengannya lebar sekitar 80 cm yang dengannya panjang disesuaikan yang dengannya kebutuhan. Buat galengan serupa yang dengannya jarak 60 cm dari galengan pertama. Tambahkan pupuk sangkar ataupun pupuk kompos bagi atau bisa juga dikatakan untuk bahan nutisi bagi cabe.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanggulangi tumbuhnya gulma serta penyakit, lahan penanaman bisa dilapisi yang dengannya pelastik mulsa.
Penanaman Benih Cabe Keriting
Sesudah benih yng disemai sudah memimiliki daun sekitar 4 -5 helai, benih telah siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipindahkan ke area tanam. Cabut benih dari tempat semaian serta masukkan ke ember yng berisi air bagi atau bisa juga dikatakan untuk merendam akar bibit.
Tanamlah bibit yang dengannya jarak sekitar 60 cm x 60 cm, ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi sirkulasi serta memberikan ruang tumbuh maksimal bagi cabe.
Cabe yng sudah ditanam Perlu disiram secara terencana pada pagi serta sore hari, lakukan pembersihan serta perawatan secara rutin agar cabe keriting yng ditanam bisa tumbuh subur.

cara menanam cabe keriting
Pemberian patok penopang

Perawatan Cabe keriting
Perawatan dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi agar cabe tumbuh subur serta terhindar dari penyakit, lakukan pemupukan serta pembasmian hama. Cabut pohon cabe yng sudah diserang penyakit/hama serta bakar agar tak menyebar ke pohon cabe yng lain-lainnya. Kasih patok penopang pada batang cabe agar tak ambruk, serta lakukan penyiraman yng rutin.
Itulah beberapa cara menanam cabe keriting yng baik serta benar agar menghasilkan panen yng tidak sedikit, pemilahan bibit yng unggul serta pengelolaan lahan tanam menjadi faktor yng Amat membantu kesuksesan budidaya cabe. Perawatan tanaman cabe pun Perlu terus di lakukan agar terhindar dari hama.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Cara Mudah Menanam Cabai Keriting

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Mudah Menanam Cabai Keriting