Ingin Kaya Dengan Cara Menanam Pohon Jati – Baca Tipsnya

- Februari 24, 2017

Ingin Kaya Dengan Cara Menanam Pohon Jati – Baca Tipsnya

 

Cara Menanam Pohon Jati Yng Baik serta Benar - Jati merupakan sejenis pohon penghasil kayu bermutu tinggi. Pohon besar, berbatang lurus, bisa tumbuh mencapai tinggi 30-40 m. Berdaun besar, yng luruh di musim kemarau. Jati dikenal dunia yang dengannya nama teak (bahasa Inggris). Nama ini berasal dari kata thekku dalam bahasa Malayalam, bahasa di negara bagian Kerala di India selatan. Nama ilmiah jati merupakan Tectona grandis L.f. Jati bisa tumbuh di daerah yang dengannya curah hujan 1500 – 2000 mm/tahun serta suhu 27 – 36 °C baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tempat yng paling baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan jati merupakan tanah yang dengannya pH 4.5 – 7 serta tak dibanjiri yang dengannya air. Jati mempunyai daun berbentuk elips yng lebar serta bisa mencapai 30 – 60 cm era dewasa. (sumber: wikipedia)
pohon jati, cara menanam jati, budidaya jati
Beberapa jenis pohon jati yng tidak sedikit dikenal di Indonesia merupakan Jati Super, Jati Kencana, Jati Unggul, Jati Emas, jati JUL (thailand), serta jati Perhutani. Tanaman jati paling cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk kamu yng ingin berinvestasi jangka panjang serta mempunyai lahan yng luas.Berikut beberapa langkah cara menanam pohon jati:
Menyiapkan Bibit Jati
Andai kamu menginginkan budidaya jati yng cepat, bisa mempergunakan serta memanfaatkan jasa penjulan bibit kayu jati yng ada di sekitar tempat tinggal kamu, akan tetapi andaikan kamu menginginkan mengkembangbiakkan jati dari bijinya maka kamu butuh bersabar lantaran cara membudidayakan jati yang dengannya biji agak tidak banyak berbeda.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya jati yang dengannya biji bisa di lakukan yang dengannya mengambil biji pohon jati serta jemurlah selama 4-5 hari diterik matahari, sesudah itu rendam dalam air selama 3 hari. Siapkan lahan persemaian yang dengannya membuat tegalan ataupun gundukan tanah yng digemburkan (ukuran lahan semai disesuaikan yang dengannya jumlah biji yng akan disemai). Taburkan pupuk sangkar sembari menggemburkan lahan semaian.
Sesudah lahan semai siap, langkah selanjutnya merupakan mengangkat biji jati dari rendaman. Tiriskan hingga airnya tak lagi menetes, lantas lakukan proses persemaian. Letakkan biji-biji jati ke permukaan tanah semaian serta lapisi semaian yang dengannya pasir secara merata. Lapisan pasir tak butuh tebal, cukup menutupi biji jati saja.
Lantas tutup lahan semaian mempergunakan plastik yng didesain membentuk dome (semisal atap yng melengkung) yang dengannya bantuan bambu, arak platik ke semaian sekitar 50-60cm. Lakukan penyiraman secara rutin setiap 2 hari sekali. Bibit jati akan mulai berkecambah sesudah 3 minggu sesudah tanam. Pindahkan bibit jati semaian sesudah mempunyai tinggi sekitar 10cm ke dalam polybag, letakkan polybag di area yng lebih luas serta mendapatkan sinar matahari cukup. Lakukan penyiraman yng rutin pada pagi serta sore era bibit baru dipindahkan, serta lakukan penyiraman 2 hari sekali sesudah bibit mulai tumbuh.
Menyiapkan Lahan Tanam
Buatlah lubang tanam pada lahan yng sudah kamu siapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam jati, ukuran lubang ukuran lubang 50cm x 50cm yang dengannya kedalaman 50cm. masukkan pupuk sangkar hingga 2/3 bagian lubang terisi. Buat lubang yng percis yang dengannya jarak 2,5 meter dari lubang yng lain-lainnya. Biarkan lubang-lubnag yang telah di sebutkan selama 1 bulan sebelum ditanami.
Menanam Bibit Jati
Bibit semaian mampu dipindah ke lahan tanam permanen sesudah mempunyai tinggi sekitar 50cm -60 cm, buka polybag secara perlahan serta masukkan bibit jati beserta tanah semaiannya ke dalam lubang yng sudah disiapkan. Lakukan cara yng percis hingga seluruh lubang tertanami. Sebaiknya proses penanaman di lakukan pada awal musim penghujan agar tak butuh repot melakukan penyiraman.
Merawat Tanaman Jati
Perawatan yng di lakukan merupakan membersihkan rumput disekitar tanaman pohon jati, serta membuat pengaturan air agar tak menggenang di lahan tanam jati. Pada era tanaman masih muda sebaiknya lakukan pemotongan cabang-cabang agar meminimalkan adanya mata (biasa petani menyebutnya) pada batang pohon jati, menjadikan akan mengurangi kualitas batangnya.
Pohon jati telah mampu dipanen sesudah berumur sekitar 15 tahun, yang dengannya ukuran diameter batang mencapai 40-50cm. Pada umur tanam 15 tahun, batang pohon jati telah tua serta cukup bagi atau bisa juga dikatakan untuk keperluan bahan bangunan serta mebel.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Ingin Kaya Dengan Cara Menanam Pohon Jati – Baca Tipsnya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Ingin Kaya Dengan Cara Menanam Pohon Jati – Baca Tipsnya