Tanaman Cengkeh, Ini Cara Menanam Yang Benar

- Desember 29, 2016

Tanaman Cengkeh, Ini Cara Menanam Yang Benar

 

Cara Menanam Tanaman Cengkeh Yng Baik serta Benar - Tanaman Cengkeh ataupun Cengkih (Syzygium aromaticum) adalah tanaman asli Indonesia, tanaman ini mempunyai bunga yng beraroma khas lebih-lebih era telah kering. Bunga Cengkih tidak sedikit dimanfaatkan menjdai bahan baku pembuatan rokok kretek serta pun menjdai bumbu masakan. Selain di Indonesia tanaman cengkih tidak sedikit dibudidayakan di India serta Sri Lanka.
cengkeh, cengkih, menanam cengkeh, tanaman cengkeh, bibit cengkeh
Membudidayakan cengkih memanglah butuh kesabaran, lantaran pohon cengkeh memerlukan waktu yng lama bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa menghasilkan bunga. Tak Semisal menanam Kelapa sawit ataupun budidaya padi yng cuma memerlukan waktu yng relatif lebih singkat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menikmati hasil nya. Andai kamu ingin bertani pohon cengkeh maka ada beberapa hal yng butuh kamu siapkan diantaranya:
Menyiapkan Bibit Cengkeh
Pembibitan pohon cengkeh pada biasanya di lakukan dari biji, tentunya Perlu dari induk tanaman yng mempunyai kualitas baik, menghasilkan panen yng tidak sedikit, serta tak terserang hama. Pilihlah biji cengkeh yng benar-benar tua, bentuk bijinya baik serta ukurannya seragam, tak basah, serta tentunya tak dimakan kutu ataupun semut. Kupas kulit biji cengkeh selagi biji masih basah, serta cucilah hingga benar-benar tak ada lendir, lantas jemur biji cengkeh di bawah sinar matahari sekitar 2 jam.
Semisal halnya cara menanam pohon karet, bibit cengkeh pun butuh disemai. Siapkan media semai yang dengannya cara menggemburkan tanah serta bentuk tegalan/gundukan, campurlah pupuk sangkar sembari menggemburkan tanah. Semailah biji cengkeh pada media semai yng sudah disiapkan, lakukan penyiraman sesudah bibit selesai disemai. Bibit cengkeh akan tumbuh pada umur 3-4 minggu sesudah penyemaian. Sesudah bibit tumbuh mencapai tinggi 10-15cm, langkah selanjutnya pindahkan bibit ke polybag hingga bibit siap dipindahkan ke lahan tanam permanen.
Agar kamu tak ragu terhadap kualitas bibit, sebaiknya konsultasikan yang dengannya petani cengkeh yng ada di sekitar daerah kamu. Bibit Cengkeh yng baik akan Amat menentukan kesuksesan dalam membudidayakan tanaman cengkeh.
Menyiapkan Lubang Tanam
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam pohon cengkeh butuh dibuatkan lubang tanam yang dengannya ukuran 60cm x 60cm serta kedalaman 50cm. Buatlah lubang yang dengannya ukuran yng percis pada jarak tanam 7 meter antar lubang. Isi seluruh lubang yang dengannya mempergunakan pupuk sangkar hingga 2/3 bagian terisi. Biarkan lubang tanam selama 3 minggu sebelum ditanami agar pupuk sangkar bisa meresap yang dengannya baik dalam tanah.
Menanam Bibit Cengkeh
Sesudah Bibit cengkeh telah siap dipindahkan ataupun mempunyai tinggi sekitar 60cm, langkah selanjutnya merupakan membawa bibit-bibit cengkeh ke lokasi penanaman. Buka polybag secara perlahan, serta masukkan bibit cengkeh ke lubang tanam. Tutup yang dengannya tanah sisa galian yng ada di sekitar lubang tanam, lantas padatkan.
Lakukan hal yng percis hingga seluruh lubang tertanami, lakukan penyiraman sesudah seluruh bibit cengkeh selesai ditanam. Sebaiknya penanaman cengkeh di lakukan pada awal musim penghujan agar tak memerlukan bisnis yng besar bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan penyiraman.
Merawat Tanaman Cengkeh
Perawatan yng Perlu di lakukan merupakan pembersihan rumput-rumput di sekitar cengkih yng ditanam, lantas lakukan penyulaman pada bibit cengkeh yng mati sesudah penanaman. Pemupukan ulang pun Amat diharapkan lebih-lebih pada masa tanam sebelum 1 tahun, mengingat tanaman cengkeh Amat rentan mati pada umur yang telah di sebutkan. Pembasmian hama serta jamur bisa di lakukan yang dengannya menyemprotkan herbisida serta fungisida sesuai takaran yng dianjurkan.
Itulah beberapa langkah cara menanam pohon cengkeh unggul, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan tanamn cengkeh yng produktif kuncinya merupakan pemilihan bibit cengkeh yng benar serta perawatan tanaman cengkeh yng baik serta benar.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Tanaman Cengkeh, Ini Cara Menanam Yang Benar

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tanaman Cengkeh, Ini Cara Menanam Yang Benar