Tak Disangka dan di Duga!! Ternyata Tanaman Suweg Bermanfaat Untuk Obat Diabetes dan Kolesterol

- Desember 30, 2016

Tak Disangka dan di Duga!! Ternyata Tanaman Suweg Bermanfaat Untuk Obat Diabetes dan Kolesterol

 
. . Tanaman Suweg, Obat Alami Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Penderita Diabetes serta Melindungi Kadar Kolesterol Darah
Suweg

Tumbuhan suweg ini adalah tumbuhan herba serta menahun, batangnya berbentuk tegak, lunak, halus berwarna hijau ataupun hitam belang-belang putih. Batang tunggal memecah menjadi tiga batang sekunder serta akan memecah lagi sekalian menjadi tangkai daun. Pada setiap pertemuan batang akan tumbuh bintil berwarna cokelat kehitam-hitaman menjdai alat perkembangbiakan suweg. Tinggi tanaman bisa mencapai 1,5 meter Amat bergantung umur serta kesuburan tanah.
Suweg awal mulanya didapati di daerah tropis dari Afrika hingga ke pulau-pulau Pasifik, lantas menyebar ke daerah beriklim sedang semisal Cina serta Jepang. Jenis A. muelleri Blume, awal mulanya didapati di Kepulauan Andaman India, menyebar ke arah timur melalui Myanmar masuk ke Thailand serta ke Indonesia.
Tanaman ini tumbuh dimana saja semisal di pinggir hutan jati, di bawah rumpun bambu, di tepi-tepi sungai, di semak belukar serta di tempat-tempat di bawah naungan yng beranekaragam. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai produksi umbi yng tinggi dibutuhkan naungan 50-60% Tanaman ini tumbuh dari dataran rendah hingga 1000 m di atas permukaan laut, yang dengannya suhu antara 25-350C, sedangkan curah hujannya antara 300-500 mm per bulan selama periode pertumbuhan. Pada suhu di atas 35o C daun tanaman akan terbakar, sedangkan pada suhu rendah memicu suweg mengalami dormansi.
Tumbuhnya bersifat tersebar di hutan-hutan ataupun di pekarangan-pekarangan, serta belum tidak sedikit dibudidayakan. Suweg bisa tumbuh baik pada tanah bertekstur ringan yakni pada kondisi liat berpasir, strukturnya gembur, serta kaya unsur hara, di samping itu pun mempunyai pengairan baik, kandungan humus yng tinggi, serta mempunyai pH tanah 6 – 7,5. Tanaman obat ini gampang didapati di pulau Jawa yang dengannya tempat asal semak-semak yng tumbuh dalam siklus tahunan serta bisa tumbuh sampai-sampai mencapai satu meter.
Manfaat Tanaman Suweg
  • Sumber karbohidrat
  • Sumber serat Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Melancarkan Pencernaan
  • Tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk menurunkan/melindungi kadar gula darah
  • Serat tinggi mencegah serta menurunkan kolesterol darah
  • Bahan Kosmetik
  • Bahan mie instan, roti
  • Mencegah kanker usus
  • Mencegah obesitas

Manfaat suweg Amat ramai sekali lebih-lebih bagi atau bisa juga dikatakan untuk industri serta kebugaran atau kesehatan, lantaran kandungan zat glucomanan yng ada di dalamnya. Suweg adalah jenis tanaman umbi yng memiliki potensi serta prospek bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikembangkan di Indonesia.
Selain gampang didapatkan, tanaman ini pun mampu menghasilkan karbohidrat serta tingkatan panen tinggi. Umbinya besar mencapai 5 kg, cita rasanya netral menjadikan gampang dipadu padankan yang dengannya beragam bahan menjdai bahan baku kue tradisional serta modern. Di sayangkan umbi ini makin tak diminati serta malah mulai langka. Padahal suweg Amat potensial menjdai bahan pangan sumber karbohidrat. Suweg bisa dipakai menjdai bahan lem, agar-agar, mi, tahu, kosmetik serta roti.
Tepung suweg bisa dipakai menjdai pangan fungsional yng berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk menekan peningkatkan kadar glukosa darah sekalian mengurangi kadar kolesterol serum darah yakni makanan yng mempunyai indeks glikemik rendah serta mempunyai sifat fungsional hipoglikemik serta hipokolesterolemik. Suweg menjdai serat pangan dalam jumlah tinggi akan memberikan pertahanan pada kita-kita terhadap timbulnya aneka macam penyakit semisal kanker usus besar, divertikular, kardiovaskular, kegemukan, kolesterol tinggi dalam darah serta kencing manis.

Di Filipina umbi suweg Suka ditepungkan mengganti kedudukan terigu serta umumnya dimanfaatkan menjdai bahan baku pembuatan roti. Di Jepang, umbi-umbian sekerabat suweg sudah tidak sedikit dimanfaatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bahan pangan, misalnya bahan pembuatan mie instan.
Kandungan gizi Suweg
Adapun kandungan gizi dari 100 gram suweg merupakan :
  • 69 Kalori
  • Protein 1,0 gr
  • Lemak 0,1 gr
  • Karbohidrat 15,7 gr
  • Kalsium 62 mg
  • Fosfor 41 mg
  • Besi 4,2 mg
  • Vitamin B1 0,07 mg
  • Air 82 gr
  • Bagian yng bisa Dimakan 86 %
Cara Menanam serta Budidaya suweg
Tunas yng terdapat di sekeliling buah suweg Perlu dipilih bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditanam. Sesudah tunas terpilih, tanam tunas yang telah di sebutkan dalam lubang ± 15 cm. Suweg mampu tumbuh baik di tempat tempat yng lembab serta terlindung dari sinar matahari. Tanaman ini butuh suhu rata-rata harian 25 – 35 ° C. Curah hujan rata-rata tahunan yng dibutuhkan antara 100 mm-1500 mm. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk hasil yng baik, tanaman suweg menghendaki tanah yng subur dan tak becek , selain itu derajat keasaman tanah yng ideal merupakan antara PH 6 – 7 dan pada kondisi jenis tanah apa saja. Naungan yng ideal bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman suweg merupakan jenis Jati, Mahoni Sono, serta lain-lain yng bisa menaungi dan terhindar dari kebakaran. Tingkat kerapatan naungan minimal 40% menjadikan makin rapat makin baik, sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk masa panen bisa di lakukan sesudah berumur 3 tahun (3 kali pertumbuhan).
Sponsored Links loading... Loading... .

Source Articles & Image : petanitop.blogspot.com

Seputar Tak Disangka dan di Duga!! Ternyata Tanaman Suweg Bermanfaat Untuk Obat Diabetes dan Kolesterol

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tak Disangka dan di Duga!! Ternyata Tanaman Suweg Bermanfaat Untuk Obat Diabetes dan Kolesterol