Manfaat dan Khasiat Tanaman Kecombrang Untuk Kesehatan

- Maret 17, 2017

Manfaat dan Khasiat Tanaman Kecombrang Untuk Kesehatan

 
. .
Manfaat Tanaman Kecombrang
Tanaman Kecombrang. Andai dikampung saya, waktu kecil daun kecombrang tidak sedikit dimanfaatkan orang bagi atau bisa juga dikatakan untuk alas era memasak ikan air tawar baik ikan mujair maupun ikan nila. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk ikan yng berukuran besar biasanya Perlu dimasak dulu sebelum digoreng agar bumbunya meresap. Umumnya ikan dimasak yang dengannya wajan ataupun wadah yng berukuran besar menjadikan mampu disusun secara berlapis-lapis serta mampu memasak ikan dalam jumlah yng tidak sedikit menjadikan mampu menghemat gas elpiji. Diantara lapisan-lapisan ikan yng akan dimasak itulah ditaruh daun kecombrang agar ikan tak saling lengket satu percis lain. Pemberian daun kecombrang pada ikan yng dimasak pun menambah rasa serta aroma ikan menjadi lebih legit atau juga lebih nikmat.

Kandungan Kimia Tanaman Kecombrang
Sebenarnya tanaman kecombrang baik daun maupun bunganya mempunyai tidak sedikit kandungan kimia yng berguna dalam ke hidup-an sehari hari. Beberapa kandungan kimiawi yng terdapat dalam tanaman kecombrang antara lain:
  • senyawa alkaloid
  • saponin
  • tanin
  • fenolik
  • flavonoid
  • triterpenoid
  • steroid
Tanaman kecombrang pun mempunyai kandungan glikosida yng berperan menjdai antimikroba serta antioksidan. Antimikroba merupakan bahan yng mampu mencegah pertumbuhan bakteri khapang serta khamir pada makanan. Kandungan bahan alami lain-lainnya dalam kecombrang antara lain Karbohidrat, air / mineral, Lemak, Protein, Magnesuim, Zat besi, Fosfor, kalsium, kalium serta seng.
Bunga Kecombrang Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Penghilang Bau Keringat
Pada bagian bunga kecombrang memiliki kandungan minyak atsiri, saponin serta flavoinoida oleh lantaran itu bunga kecombrang mampu dimanfaakan menjdai penghilang bau keringat.
Manfaat Kecombrang Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Kebugaran atau kesehatan
Daun Kecombrang memiliki kandungan senyawa polyfenol yng tinggi yng berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati disentri. Selain memiliki kandungan polyfenol pada bagian daun pun memiliki kandungan alkaloid, triterpenoid, flavonoid serta saponin. Vitamin C yng terkandung didalamnya pun berguna menjdai antioksidan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi akumulasi radikal bebas, menetralisir racun serta menjaga penyakit genetik.
  • Membantu mencegah osteoporosis / pengeroposan tulang.
  • Memperkuat kinerja dari otak yng mampu menguatkan daya ingat.
  • Mengatasi dehidrasi / kekurangan cairan.
  • Sumber energi alami.
  • Obat alami bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyakit kulit semisal campak.
  • Obat alami bagi atau bisa juga dikatakan untuk anemia / tidak lebih darah / penambah darah.
  • Menguatkan tulang yng Amat baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk masa pertumbuhan.
Bunga Kecombrang Menjdai Bahan Baku Makanan/Masakan
Bunganya yng berwarna merah Suka dijadikan menjdai bumbu penyedap macam-macam masakan Nusantara. Di Jawa Barat, kuntum bunga seringkali di lalap ataupun direbus serta dimakan yang dengannya sambal ataupun menjdai bahan campuran sayur asam serta pepes ikan. Di daerah Banyumas, kecombrang yng dikukus pun dijadikan menjdai bahan campuran pecel. Nasi Megana di Pekalongan pun mempergunakan bunga kecombrang yng diiris-iris menjdai bahan campuran urap. Di Tanah Karo, buah honje muda disebut asam cekala. Kuncup bunga dan 'polongnya' menjadi bagian pokok dari sayur asam Karo, pun menjadi peredam bau amis waktu memasak ikan. Masakan Batak ternama, Arsik Ikan Mas, mempergunakan asam cekala ini menjdai bumbu yng Amat penting.
Di Penang - Malaysia, bunga kecombrang yng orang-orang sebut yang dengannya bunga kantan, adalah unsur penting dalam masakan asam laksa. Orang-orang Peranakan di Malaysia menyebut bunga ini yang dengannya nama bunga siantan. Kuah asam laksa dibuat dari ikan sardin yng dimasak hingga hancur. Bunga kantan menjdai campuran masakan berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menetralkan aroma amis dari sardin sekalian memberikan rasa asam yng pas. Walaupun ada pun yng menguatkan rasa asamnya yang dengannya menambahkan nenas.
Sebuah penelitian yng di lakukan di ITB mengungkapkan bahwasanya minyak yng diekstrak dari biji maupun kulit memiliki kandungan biokerosin yng berwarna merah. Uji laboratorium yng di lakukan bahwasanya minyak honje lebih cenderung mendekati karakteristik biokerosin yakni berkarakteristik semisal minyak tanah. Uji perbandinga nyala di lakukan pada lampu cempor yng mempergunakan minya honje mempunyai mutu bakar lebih baik dari pada minyak tanah. Yang dengannya begitu minyak honje berpotensi menjadi subtitusi ataupun alternatif minyak tanah.
Manfaat lain dari Honje pun bisa dimanfaatkan menjdai sabun yang dengannya cara mememarkan pelepah daun honje sampai-sampai keluar busa yng harum yng langsung bisa dipakai menjdai sabun. Tumbuhan ini pun mampu dimanfaatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk obat penyakit kulit semisal campak. Dari rimpangnya bagi sebagian arang mempergunakan serta memanfaatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan warna kuning. Selain itu pelepah yng menyatu menjadi batang semu pada zaman dulu dipakai menjdai bahan anyam anyaman yakni sesudah diolah yang dengannya cara pengeringan serta perendaman selama beberapa hari serta berkali kali batang semu pun mampu dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk bahan dasar kertas yng baik. Selain itu daun serta buahnya yng berwarna kuning sesudah ditumbuk umumnya dipakai menjdai racun bagi atau bisa juga dikatakan untuk menangkap ikan.
Tanaman kecombrang sebenarnya memanglah mempunyai manfaat yng cukup tidak sedikit. Di sayangkan tanaman ini kalau ditempat penulis cuma dibiarkan tumbuh liar serta tak dibudidayakan. Malah era ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari daun kecombrang bagi atau bisa juga dikatakan untuk sekedar menjdai alas bagi atau bisa juga dikatakan untuk memasak ikan telah Amat susah. Dulu tanaman ini Amat gampang didapati dipinggir-pinggir sungai besar serta pun dipinggir-pinggir kolam ikan, namun seiring yang dengannya banyaknya pembangunan perumahan yng tidak sedikit berlokasi disekitar sungai, tanaman kecombrang ini makin tersingkir.
Demikian manfaat tanaman kecombrang dalam ke hidup-an sehari-hari, silahkan bagikan serta sebarkan andai ada manfaatnya. Terima beri. Sponsored Links loading... Loading... .

Source Articles & Image : petanitop.blogspot.com

Seputar Manfaat dan Khasiat Tanaman Kecombrang Untuk Kesehatan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Manfaat dan Khasiat Tanaman Kecombrang Untuk Kesehatan