Menanam Gambas (Oyong), Baca Ini Agar Panen Banyak

- Januari 18, 2017

Menanam Gambas (Oyong), Baca Ini Agar Panen Banyak

 

Cara Menanam Gambas / Oyong Yng Baik serta Benar - Gambas ataupun Suka disebut yang dengannya Oyong adalah tanaman sayuran yng tidak sedikit dibudidayakan di perkarangan rumah yang dengannya mempergunakan serta memanfaatkan lahan kosong yng ada. Cara tanam gambas ataupun oyong sendiri terbilang cukup gampang, tanaman ini Amat gampang tumbuh di mana pun. Tanaman oyong adalah tanaman sayuran yng merambat semisal halnya labu siam serta pare. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidayanya pun di lakukan yang dengannya para-para ataupun anjir menjdai media rambatan. Buah gambas ataupun oyong yng dimanfaatkan merupakan buah yng masih muda, buah yng tua telah tak enak dimakan lantaran akan tidak sedikit seraburnya.
Budidaya gambas di rumah, Cara menanam gambas, Cara menanam gambas di polybag, cara menanam oyong yang benar, manfaat gambas bagi kesehatan, Tanaman Sayuran,
Cara bercocok tanam gambas ataupun oyong ini bisa di lakukan yang dengannya cara yng percis semisal cara menanam labu siam ataupun cara menanam pare, berikut langkah-langkah cara menanam gambas ataupun oyong yng baik serta benar agar menghasilkan buah yng tidak sedikit.
Memilih Bibit Gambas/Oyong
Menyiapkan bibit gambas di lakukan yang dengannya mengambil biji gambas ataupun oyong dari buah gambas yng tua di pohon, biarkan buah hingga mengerin di pohon. Sesudah itu petiklah, belah kulit buah gambas serta ambil bijinya. Jemur biji diterik matahari selama 1hari serta angkat, lantas letakkan pada wadah serta tempatkan di area yng teduh.
Andai kamu tak mau repot, bibit gambas pun bisa dibeli di kios-kios pertanian. Lihat tanggal kadaluarsanya, pilih bibit yng mempunyai tanggal kadaluarsa masih lama. Serta pastikan kemasan bibit masih utuh serta tak ada bolong-bolong sekecil apapun. Lantaran dikhawatirkan ada semut ataupun kutu yng memakan biji yng ada dalam kemasan
Menyiapkan Lahan Tanam Gambas
Sepertihalnya cara menanam labu siam, lahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya gambas pun Perlu diolah berlebi dahulu yang dengannya cara menggemburkan mempergunakan traktor maupun cangkul. Sesudah itu, tambahkan pupuk sangkar serta lakukan pengadukan mempergunakan cangkul agar pupuk lebih tercampur merata.
Biarkan lahan tanam selama 1 minggu sebelum ditanami agar pupuk sangkar sudah tercampur sempurna serta unsur hara telah stabil sesudah digali.
Menanam Bibit Gambas
Cara Tanam Gambas ataupun oyong ini tak memerlukan penyemaian berlebi dahulu, biji gambas bisa ditanam langsung ke lahan tanam yng sudah disiapkan. Buat lubang berlebi dahulu mempergunakan cangkul ataupun tugal yang dengannya jarak tanam merupakan 2m x 2m.
Masukkan 2 buah biji gambas pada setiap lubang, lantas tutup mempergunakan tanah. Bibit Gambas ataupun oyong akan mengeluarkan tunas pada umur 5 hari sesudah tanam.
Merawat Tanaman Gambas/Oyong
Cara merawat tanaman gambas bisa di lakukan yang dengannya membersihkan rumput-rumput yng tumbuh di area penanaman, serta buatlah para-para menjdai rambatan pohon gambas andai telah mulai menjulur. Ukuran antar tiang pancang 2m x 2m sesuai yang dengannya jarak tanam yang dengannya tinggi sekitar 200cm. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk anyaman para bagian atas bisa mempergunakan kawat ataupun pun mampu mempergunakan bambu.
para-para labu siam, menanam labu siam, manfaat labu siam bagi kesehatan
Andai tanaman gambas diserang kutu daun ataupun hama lain-lainnya maka lakukan penyemprotan yang dengannya mempergunakan insektisida secukupnya sesuai takaran yng dianjurkan (baca peraturan pakai pada kemasan). Andai kamu tak ingin mempergunakan bahan kimia, belilah obat semprot organik yng dijual di kios-kios pertanian.
Pemanenan Buah Gambas
Masa panen gambas merupakan pada umur 3 bulan dari penanaman. Panen sebaiknya di lakukan pada pagi hari bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh buah gambas yng segar serta yng butuh diperhatikan bahwasanya buah gambas ataupun oyong yng enak merupakan buah yng muda. Jangan terlalu lama membiarkan buah gambas di pohonnya lantaran akan memicu tak enak dikonsumsi.
Itulah beberapa langkah cara menanam gambas ataupun oyong yng benar serta cara perawatannya agar menghasilkan buah yng tidak sedikit serta segar secara organik. Andai kamu tak mempunyai lahan yng luas bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya gambas di kebun, maka lakukan penanaman gambas di di pot ataupun polybag. Cara menanam gambas di dalam pot ataupun polybag pun tak begitu sulit, cukup sediakan polybag ataupun pot yng besar serta isi yang dengannya campuran tanah serta pupuk sangkar. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk para-para bisa mempergunakan serta memanfaatkan pagar ataupun yng lain-lainnya. Cara ini bisa menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan sayuran di rumah kamu.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Menanam Gambas (Oyong), Baca Ini Agar Panen Banyak

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Menanam Gambas (Oyong), Baca Ini Agar Panen Banyak