Kenapa Air Cucian Beras Bisa Menyuburkan Tanaman

- Maret 16, 2017

Kenapa Air Cucian Beras Bisa Menyuburkan Tanaman

 
. .
waktu kecil, saya terheran. Sehabis mencuci beras, ibu tak membuang airnya, namun menyiramkan di pot-pot tanaman kesayangan. “Kenapa disiram kesitu bu?” Tanyaku. “Air ini bikin tanaman subur.” ujarnya. Sejak dahulu Suka mempergunakan air cucian beras bagi atau bisa juga dikatakan untuk pupuk tanaman. Waktu itu aku tidak tertarik. Jadi sambil lalu saja ku mendengarnya.
Sewaktu saya menulis serta mendalami ihwal cara lengkap membuat MOL. Kembali saya tersadar serta teringat lintasan masa lalu itu. Tergelitik bagi atau bisa juga dikatakan untuk menulis ihwal air beras ini. Lantaran kandungan air cucian beras, disebut leri, mempunyai nutrisi yng berpengaruh positif pada pertumbuhan tanaman. Oleh karena itu, air leri biasa dipakai menjdai bahan baku pembuatan kompos, cara membuat pupuk hayati, pupuk organik cair, maupun cara membuat Mol. Mengapa air leri mampu menyuburkan tanaman?

Kandungan nutrisi beras yng tertinggi terdapat pada bagian kulit ari. Di sayangkan sebagian besar nutrisi pada kulit ari sudah hilang selama proses penggilingan serta penyosohan beras. Sekitar 80% vitamin B1, 70% vitamin B3 , 90% vitamin B6, 50% mangan (Mn), 50% fosfor (P), 60% zat besi (Fe), 100% serat, serta asam lemak esensial hilang dalam proses membuat beras lebih “indah” bagi atau bisa juga dikatakan untuk dimakan.
Era mencuci beras, umumnya air cucian pertama akan berwarna keruh. Warna keruh bekas cucian itu menunjukan bahwasanya lapisan terluar dari beras ikut terkikis. Meskipun tidak sedikit nutrisi yng sudah hilang, akan tetapi pada bagian kulit ari masih terdapat sisa-sisa nutrisi yng Amat memberikan manfaat yang telah di sebutkan. Misalkan fosfor (P), satu dari sekian banyaknya unsur utama yng dibutuhkan tanaman serta selalu ada dalam pupuk majemuk tanaman contohnya NPK. Fosfor berperan dalam memacu pertumbuhan akar serta pembentukan system perakaran yng baik dari benih serta tanaman muda. Nutrisi lain-lainnya merupakan zat besi yng penting bagi pembentukan hijau daun (klorofil) pun berperan penting dalam pembentukan karbohidrat, lemak serta protein. Selain itu kulit ari pun memiliki kandungan vitamin, mineral, serta fitonutrien yng tinggi. Vitamin Amat berperan dalam proses pembentukan hormon serta berfungsi menjdai koenzim (komponen non-protein bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengaktifkan enzim).
Beras memiliki kandungan karbohidrat yng tinggi. Amat mungkin karbohidrat ini terdegradasi era mencuci. Hipotesa awal, era disiramkan ke tanaman, karbohidrat akan terpecah menjadi unsur yng lebih simpel serta memberikan nutrisi bagi mikroba yng menguntungkan bagi tanaman. Meskipun saya belum mengetahui apa mikroba yng diuntungkan yang dengannya kandungan karbohidrat air leri ini. Menarik andai ada yng meneliti.
Fakta terbaru merupakan hasil penelitian yng di lakukan Yayu Siti Nurhasanah mahasiswa IPB. Mengungkapkan bahwasanya air cucian beras adalah media pengganti pembawa bakteri Pseudomonas fluorescens. Bakteri yang telah di sebutkan merupakan mikroba yng berperan dalam pengendalian petogen penyebab penyakit karat serta menimbulkan pertumbuhan tanaman (okezone, 19/10/11). P. fluorescens Amat berperan dalam pengendalian patogen penyebab penyakit karat serta pemicu pertumbuhan tanaman
Nah sebenarnya air cucian beras pun Amat memberikan manfaat kan? Era istri, pembantu, ataupun ortu masak nasi. Sampaikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menampung air cuciannya. Lantas siramkan ke tanaman kamu. InsyaAllah lebih memberikan manfaat. Lebih-lebih andai diolah dulu yang dengannya campuran EM
Sumber : http://www.gagaspertanian.com/2011/10/kandungan-air-cucian-beras.html#axzz429LDK9rg Sponsored Links loading... Loading... .

Source Articles & Image : petanitop.blogspot.com

Seputar Kenapa Air Cucian Beras Bisa Menyuburkan Tanaman

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kenapa Air Cucian Beras Bisa Menyuburkan Tanaman