Terong Ungu di Polybag Berbuah Banyak ? Ini Caranya

- Januari 19, 2017

Terong Ungu di Polybag Berbuah Banyak ? Ini Caranya

 

Cara Menanam Terong Ungu di Polybag - Terong ungu adalah satu dari sekian banyaknya tanaman sayuran yng tidak sedikit dijumpai di Indonesia. Ragam masakan di Indonesia tidak sedikit mempergunakan terong menjdai bahan bakunya. Selain rasanya yng enak disaat dimasak, sebenarnya Terong memiliki kandungan tidak sedikit manfaat bagi kebugaran atau kesehatan, manfaat terong bagi kebugaran atau kesehatan diantaranya:
  • Menjaga Membran Sel Otak dari Kerusakan, kandungan fitonutrien pada terong bisa membantu melindungi kebugaran atau kesehatan sel otak serta menjaga memeori pada otak.
  • Penolak radikal bebas, kandungan asam klorogenat pada terong berfungsi menyapu radikal bebas.
  • Melindungi kebugaran atau kesehatan kulit kepala, kandungan mineral serta vitamin pada terong membantu melembabkan kulit kepala.
  • Memperlancar pencernaan, kandungan serat pada terong bisa membantu memperlancar pencernaan serta mencegah sembelit.
cara menanam terong
Selain manfaat di atas, terong dipercaya mempunyai lebih tidak sedikit lagi manfaat bagi kebugaran atau kesehatan. Sebenarnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk hidup sehat tak butuh repot, yang dengannya mengkonsumsi makanan yng kaya manfaat bagi kebugaran atau kesehatan semisal terong telah bias membenatu mengurangi kesempatan penyakit berkembang dalam tubuh. Selain itu terong pun tak sulit bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibudidayakan, bagi atau bisa juga dikatakan untuk kapasitas keperluan yng tidak banyak terong bisa ditanam di pot ataupun polybag. Penanaman terong di pot ataupun polybag telah mampu memenuhi kebutuhan sayuran keluarga. Berikut cara bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan terong ungu yng menghasilkan buah tidak sedikit era ditanam di polybag ataupun pot.
Memilih Bibit
Bibit terong ungu bisa diperoleh yang dengannya pembibitan sendiri yakni yang dengannya mengambil biji dari terong ungu yng telah tua, biarkan buah terong yng khusus diperuntukkan menjdai bibit hingga benar-benar tua serta membusuk di pohon, sesudah itu ambil serta pisahkan biji-bijinya. Buah yng dijadikan bibit sebaiknya buah terong yng mempunyai kondisi fisik tidak jelek alias bagus (tak terserang hama, serta bentuknya sempurna).
Sesudah biji-biji diambil, lakukan penjemuran biji terong di terik matahari akan tetapi jangan terlalu lama, sekitar 2 jam. lantas letakkan di area yng pengeringan yng tak di kenai cahaya matahari secara langsung. Jemur selama 4-5 hari agar biji terong benar-benar kering. Simpanlah di area yng kering andai diperuntukkan dalam waktu yng lama.
terong ungu
Biji terong
Andai tak mau repot, cara praktisnya merupakan yang dengannya membeli bibit terong di toko-toko yng menjual keperluan pertanian. Kamu bisa memilih bibit terong sesuai keinginan. Hal yng butuh diperhatikan merupakan jangan membeli bibit yng masa kadaluarsanya telah dekat, lantaran bibit tanaman mempunyai daya tumbuh. Makin lama bibit disimpan maka daya tumbuhnya akan berkurang. Pilihlah bibit yng tanggal pengemasannya baru ataupun tanggal kadaluarsanya masih cukup lama, serta periksa pembungkus bibit yang dengannya benar. Jangan membeli bibit yng bungkusnya telah ada bolong, dikhawatirkan hama ataupun semut telah masuk serta memakan biji yng ada di dalam.
Penyemaian Bibit
Semisal halnya menanam cabe, bibit terong ungu sebaiknya disemai berlebi dahulu. Buatlah area penyemaian yang dengannya ukuran 50 cm x 50 cm, gemburkan yang dengannya mempergunakan cangkul serta bentuk menggunduk semisal tegalan.
Taburkan pupuk sangkar ataupun kompos secukupnya, jangan terlalu tidak sedikit lantaran dikhawatirkan memicu perkembangan jamur. Sesudah itu taburkan benih terong secara merata sesuai yang dengannya kebutuhan (disesuaikan yang dengannya jumlah polybag yng akan ditanami). Kelabihan semaian bisa dipakai menjdai persiapan sulam ataupun ditanam di Tanah secara langsung.
Taburi biji terong yng disebar yang dengannya mempergunakan Tanah secara merata serta tipis, kasih penutup pada bagian atasnya yang dengannya jarak sekitar 30-40 cm dari permukaan Tanah. Hal ini diperuntukkan agar kelembapan area semaian tetap terjaga serta melindungi agar biji terong tak bertaburan era di kenai hujan ataupun penyiraman.
Lakukan penyiraman secara teratur pagi serta sore hari hingga bibit terong ungu siap dipindahkan. Lakukan pun pencabutan rumput-rumput yng ikut tumbuh di area penyemaian. Bibit telah mampu dipindahkan ke polybag sesudah bibit mempunyai 4-5 helai daun.
Menyiapkan Polybag ataupun Pot
Siapkan polybag yang dengannya ukuran yng sedang (40 cm x 50 cm), isi yang dengannya Tanah yng gembur serta campurkan pupuk sangkar ataupun pupuk kompos yang dengannya perbandingan 3 : 1 (3 Tanah : 1 Pupuk). Isilah polybag hingga hamper penuh (sisakan polybag sekitar 10 cm), Letakkan polybag di area yng teduh serta biarkan selama 2 hari sebelum ditanami.
Menanam Bibit Terong Ungu
Sesudah bibit terong ungu yng disemai mempunyai daun 4-5 helai, bibit bisa dipindahkan ke polybag. Lakukan penyiraman berlebi dahulu pada semaian sebelum mencabut bibit. Cabut bibit secara perlahan agar tak merusak akarnya.
Buat lubang di Tanah pada polybag yng sudah disiapkan yang dengannya mempergunakan jari ataupun tongkat kayu sedalam 5-10 cm. Tanam bibit terong sebanyk 1 bibit per polybag.
Penanaman sebaiknya di lakukan pada sore hari agar tak terlalu panas, lakukan penyiraman sesudah penanaman di lakukan.
Perawatan Terong Ungu
Penyiraman Perlu di lakukan setiap pagi serta sore hari. Andai musim hujan penyiraman bisa dihentikan. Perawatan yng butuh di lakukan lain-lainnya merupakan membersihkan rumput yng tumbuh di pot ataupun polybag. Pemberian pupuk pun Amat dianjurkan, akan tetapi sebaiknya pupuk organik lantaran terong ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikonsumsi agar tak membahayakan kebugaran atau kesehatan kamu.
Lakukan perawatan yng rutin terhadap terong ungu, petik daun yng diserang hama serta cabut tanaman terong yng telah terserang hama agar tak menyebar ke tanaman yng lain. Cara menanam terong ungu dalam pot ataupun polybag ini bisa di lakukan oleh siapapun di rumah, selain gampang di lakukan cara ini pun bias menghasilkan terong yng mempunyai buah tidak sedikit.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Terong Ungu di Polybag Berbuah Banyak ? Ini Caranya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Terong Ungu di Polybag Berbuah Banyak ? Ini Caranya