Cara Mudah Membuat Cuka dan Alkohol dari Air Buah Kelapa

- Maret 19, 2017

Cara Mudah Membuat Cuka dan Alkohol dari Air Buah Kelapa

 
. . Cara membuat cuka dari air buah kelapa
Image result for air kelapa Air buah kelapa yng telah tua bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat bagi atau bisa juga dikatakan untuk banyak sekali keperluan yng berharga ekonomis. bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembuatan nata de coco, bahan pengembang roti, kecap, cuka, alkohol serta pun bisa dipakai menjdai media pertumbuhan mikroba.
Cuka merupakan produk makanan yng memiliki cita rasa masam yang dengannya pH sekitar 1-6, cuka tidak sedikit dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk banyak sekali keperluan kita-kita. Cuka kelapa dikenal pun yang dengannya nama Coconut Vinegar, cuka ini awal nya berasal dari filipina. Terbuat dari air buah kelapa. Rasanya asam yang dengannya tidak banyak rasa ragi, warna putih keruh, di asia tenggara umumnya dipakai dalam makanan.
Dari proses membuat cuka kelapa pun didapat alkohol secara bersamaan yang dengannya mempergunakan serta memanfaatkan bahan yng percis akan tetapi yang dengannya pengolahan yng berbeda, alkohol merupakan suatu larutan yng gampang menguap yng mampu dipakai menjdai antiseptik.
Alat serta Bahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat cuka dari air buah kelapa
Alat :
Baskom
Stoples
Saringan
Corong
Ceret ataupun panci ataupun wajan.
Kompor
Pengaduk dari kayu
Botol penyimpanan.
Bahan :
Air kelapa tua
Air suling
(NH4)2SO3
Ragi.
Urutan proses pembuatan :
air dari 10 buah kelapa tua,ditampung dalam tempat yng telah disiapkan, lantas disaring yang dengannya mempergunakan kain. Sesudah disaring, tampung air kelapa ke stoples isis 10 liter.
Selanjutnya air buah kelapa diberi amunium sulfit sebanyk 5 gram serta ragi roti (Saccharomyces cerevisiae) sekitar 0,2 gram.
Selanjutnya stoples ditutup yang dengannya kain serta biarkan selama 6 hari bagi atau bisa juga dikatakan untuk terjadinya fermentasi Makin lama proses fermentasi di lakukan maka cuka serta alcohol yng diperoleh pun akan makin baik.
Sesudah 6 hari hasil fermentasi air buah kelapa yang telah di sebutkan disaring agar endapan yng terlaksana selama fermentasi bisa dijauhkan. sesudah disaring masukkan dalam ceret.
Pada hasil fermentasi air buah kelapa yng tadi telah dimasukan dalam ceret terdapat larutan berlakohol. maka dibutuhkan pemanasan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memisahkan cuka yang dengannya alkohol yng masih bercampur.
hasil fermentasi air buah kelapa yng didalam ceret lantas dimasak hingga mendidih. serta larutan yng tertinggal dalam ceret telah adalah larutan cuka sedangkan yng menguap adalah alkohol, andai alkoholnya akan diambil pun maka uap dalam proses pemanasan Perlu langsung ditampung agar alkohol yng diperoleh tak menguap.
Selanjutnya sesudah proses pendidihan selesai, maka cuka air kelapa yng masih dalam keadaan panas, langsung dimasukan ke botol yng sudah disiapkan serta langsung ditutup.
Andai ingin mengetahui kadar cuka serta alkohol yng telah diperoleh yang dengannya cara diatas, maka bisa di lakukan yang dengannya mempergunakan uji lakmus ataupun diukur yang dengannya pH meter.
Sumber ; http://faizaashop.blogspot.co.id/2016/01/cara-buat-cuka-dari-air-buah-kelapa.html Sponsored Links loading... Loading... .

Source Articles & Image : petanitop.blogspot.com

Seputar Cara Mudah Membuat Cuka dan Alkohol dari Air Buah Kelapa

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Mudah Membuat Cuka dan Alkohol dari Air Buah Kelapa