Peranan Unsur Nitrogen (N) pada Tanaman

- Maret 19, 2017

Peranan Unsur Nitrogen (N) pada Tanaman

 
. . Sumber utama nitrogen merupakan nitrogen bebas (N2) di atmosfer, yng takarannya mencapai 78% volume, serta sumber lain-lainnya senyawa-senyawa yng tersimpan dalam tubuh jasad. Nitrogen Amat jarang ditemui lantaran sifatnya yng gampang larut dalam air.
Nitrogen diserap oleh tanaman menjdai NO3- serta NH4+ lantas dimasukkan ke dalam seluruh gas amino serta Protein. Ada pun bentuk pokok nitrogen dalam tanah mineral, yakni nitrogen organik, bergabung yang dengannya humus tanah ; nitrogen amonium bisa diikat oleh mineral lempung tertentu, serta amonium anorganik bisa larut serta senyawa nitrat.
Nitrogen yng tersedia tak bisa langsung dipakai, namun Perlu mengalami banyak sekali proses berlebi dahulu. Pada tanah yng immobilitasnya rendah nitrogen yng ditambahkan akan bereaksi yang dengannya pH tanah yng memberi pengaruh proses nitrogen. Begitu juga yang dengannya proses denitrifikasi yng pada proses ini ketersediaan nitrogen bergantung dari mikroba tanah yng pada biasanya lebih menyukai senyawa dalam bentuk ion amonium daripada ion nitrat.
Adapun fungsi daripada unsur nitrogen pada tanaman merupakan (1) menaikan pertumbuhan tanaman, (2)menaikan kadar protein dalam tanah, (3) menaikan tanaman penghasil dedaunan semisal sayuran serta rerumputan ternak, (4)menaikan perkembangbiakan mikroorganisme dalam tanah, (5) berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk sintesa asam amino serta protein dalam tanaman
Ciri-ciri tanaman yng kekurangan unsur N gejalanya : pertumbuhan lambat/kerdil, daun hijau kekuningan, daun sempit, pendek serta tegak, daun-daun tua cepat menguning serta mati, jaringan tanaman mengering serta mati, buah kerdil, kecil serta cepat masak lalu rontok.
Nitrogen tidak sedikit didapat dari udara. Udara adalah sumber nitrogen paling besar yng dalam proses pemanfaatannya oleh tanaman melalui perubahan berlebi dahulu, dalam bentuk amonia serta nitrat yng hingga ketanah melalui air hujan, ataupun yng di ikat oleh bakteri pengikat nitrogen.
Selain daripada ciri tanaman kekurangan nitrogen, kelebihan nitrogen pun bisa berdampak negatif pada tanaman, yakni:
  • Menghasilkan tunas muda yng lembek / lemah serta vegetatif
  • Tidak lebih menghasilkan biji serta biji-bijian
  • Menperlambat pemasakan / penuaan buah serta biji-bijian
  • Mengasamkan reaksi tanah, menurunkan PH tanah, serta merugikan tanaman, karena akan mengikat unsur hara lain, menjadikan akan sulit diserap tanaman.
  • Pemupukan jadi tidak lebih efektif serta tak efisien.
Pupuk anorganik yng memiliki kandungan unsur N yng tinggi merupakan Urea, ZA, Amonium Sulfat.
Sponsored Links loading... Loading... .

Source Articles & Image : petanitop.blogspot.com

Seputar Peranan Unsur Nitrogen (N) pada Tanaman

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Peranan Unsur Nitrogen (N) pada Tanaman