Menanam Pohon Gaharu ? Baca ini Agar Tidak Keliru

- Februari 23, 2017

Menanam Pohon Gaharu ? Baca ini Agar Tidak Keliru

 

Cara Menanam Pohon Gaharu Yng Benar - Gaharu merupakan kayu berwarna kehitaman serta memiliki kandungan resin khas yng diperoleh oleh sejumlah spesies pohon dari marga/genus Aquilaria, lebih-lebih A. malaccensis. Resin ini dipakai dalam industri wangi-wangian (parfum serta setanggi) lantaran berbau harum. Gaharu sejak awal era modern (2000 tahun yng lalu) sudah menjadi komoditi perdagangan dari Kepulauan Nusantara ke India, Persia, Jazirah Arab, dan Afrika Timur. (sumber: wikipedia)
cara menanam pohon gaharu, pohon gaharu, gaharu
Pohon gaharu bisa menyesuaikan diri yang dengannya gampang terhadap lingkungannya, tanaman ini tak memerlukan lahan yang dengannya kriteria khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa tumbuh. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidayakan pohon gaharu bisa di lakukan yang dengannya beberapa langkah berikut:
Menyiapkan Bibit Gaharu
Bibit Pohon gaharu tidak sedikit dijual secara online ataupun mampu pun langsung mendatangi petani gaharu, umumnya petani gaharu terdapat atau terletak di pulau kalimantan. Andai kamu memilih memperoleh bibit dari membeli, maka periksalah bibit secara seksama agar memperoleh bibit gaharu yng mempunyai kualitas. Tinggi bibit minimal 30cm serta diamaternya tidak lebih lebih 1-2cm.
Akan tetapi andai kamu ingin membuat bibit gaharu dari menyemai bijinya, maka lakukan beberapa hal berikut:
  1. Pilih buah pohon gaharu yng telah tua, serta ambil bijinya.
  2. Jemur biji gaharu di terik matahari selama 4-5 jam, lantas angkat serta tempatkan di area yng teduh.
  3. Siapkan media semai berupa campuran tanah, pasir , serta pupuk sangkar ataupun kompos yang dengannya perbandingan 1:1:1.
  4. Rendam biji gaharu di air Anget selama 3 jam, serta Buang biji gaharu yng mengapung lantaran mungkin tumbuh kecil. Angkat biji gaharu serta tiriskan.
  5. Taburkan biji gaharu di media persemaian, serta lapisi yang dengannya tanah secara merata serta tipis. Lakukan penyiraman sesudah proses penyemaian selesai.
  6. Berilah penutup pada bagian atas media semai, bisa mempergunakan pelastik ataupun jaring semai serta pun mampu mempergunakan dedaunan yng dibentuk menyerupai atap yang dengannya jarak 20-30cm dari permukaan semai.
  7. Lakukan pemyiraman secara rutin pada sore hari bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi media persemaian tetap lembab, akan tetapi jangan terlalu basah.
  8. Sesudah bibit gaharu tumbuh serta mencapai tinggi sekitar 10-15cm, cabut bibit gaharu serta pindahkan ke polybag. Lantas tempatkan ke lahan yng lebih luas hingga biobit siap tanam ke lahan tanam permanen (era bibit gaharu telah mempunyai ketinggian sekitar 30cm)

Menyiapkan Lahan Tanam Gaharu
Lahan tanam bagi atau bisa juga dikatakan untuk pohon gaharu tak butuh lahan khusus, cuma saja jangan menanam pohon gaharu di area yng tergenang air ataupun rawa. Buatlah lubang tanam yang dengannya ukuran 40cm x 40cm yang dengannya kedalaman 40cm. Isi lubang tanam yang dengannya campuran tanah serta pupuk sangkar yang dengannya perbandingan 1:1. Buatlah lubang yang dengannya ukuran yng percis pada jarak 4 meter dari lubang sebelumnya (jarak tanam 4m x 4m). Isi seluruh lubang yang dengannya campuran tanah serta pupuk sangkar yng percis. Biarkan lubang tanam selama 2-3 minggu sebelum ditanami.
Menanam Bibit Gaharu
Sesudah bibit hasil semaian telah mempunyai tinggi sekitar 30cm, maka bibit bisa dipindahkan ke lahan tanam yng sudah disediakan. Buka polybag semaian yang dengannya cara merobek secara perlahan agar tanah semaian tak pecah, gali kembali lubang yang dengannya cangkul. lantas masukkan bibit gaharu ke lubang tanam, serta tutup kembali yang dengannya material sisa galian. Padatkan yang dengannya cara menginjak secara perlahan. Lakukan hal yng percis hingga seluruh lubang tertanami.
Penanaman sebaiknya di lakukan pada awal musim penghujan, agar tak butuh kesulitan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan penyiraman. Menjadikan persentase tumbuh pun besar.
Merawat Pohon Gaharu
Perawatan yng di lakukan merupakan melakukan penyulaman pada bibit gaharu yng mati. Penyulaman sebaiknya di lakukan segera agar pertumbuhan pohon sulaman tak tertinggal dari yng lain-lainnya. Sesudah itu lakukan penyiangan rumput yng tumbuh disekitar tanaman, serta lakukan pemupukan ulang era umur tanaman 6 bulan yang dengannya mempergunakan pupuk sangkar.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanggulangi mungkin hama yng merusak tanaman gaharu kamu, lakukan penyemprotan yang dengannya insektisida.
Itulah tips membudidayakan serta merawat pohon gaharu yng baik serta benar, pohon gaharu Amat berharga ekonomis. Getah ataupun resin dari pohon gaharu tercipta lantaran reaksi tanaman terhadap mikroba yng masuk ke jaringan tanaman menjadikan tanaman gaharu bereaksi mengeluarkan semacam getah. Getah yng keluar ini berbau harum yng tidak sedikit dimanfaatkan menjdai bahan parfum.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Menanam Pohon Gaharu ? Baca ini Agar Tidak Keliru

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Menanam Pohon Gaharu ? Baca ini Agar Tidak Keliru