Menanam Kacang Hijau – Ini Tips Mudahnya

- Februari 20, 2017

Menanam Kacang Hijau – Ini Tips Mudahnya

 

Cara Menanam Kacang Hijau di Kebun - Kacang hijau (Vigna radiata) merupakan sejenis palawija yng dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yng salah satunya suku polong-polongan (Fabaceae) ini mempunyai tidak sedikit manfaat dalam ke hidup-an sehari-hari menjdai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Kacang hijau di Indonesia menempati urutan ketiga terpenting menjdai tanaman pangan legum, sesudah kedelai serta kacang tanah. (sumber :wikipedia)
kacang hijau, cara menanam kcang hijau, budidaya kacang hijau
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya kacang hijau bisa di lakukan yang dengannya beberapa langkah berikut:
Menyiapkan Bibit Kacang Hijau
Bibit kacang hijau tidak sedikit dijual di kios-kios pertanian yng menjual racun rumut serta bibit tanaman, harganya cukup terjangkau. Pilihlah bibit yng tanggal kadaluarsanya masih lama serta kondisi wadahnya masih utuh.
Akan tetapi andai kamu menginginkan bibit kacang hijau yng terperinci kualitasnya, maka kamu bisa mempersiapkan sendiri dari hasil panen sebelumnya ataupun dari petani yng baru selesai panen kacang hijau. Pilih biji kacang hijau yng terlihat mengkilap serta tak keriput, ukuran biji pun tak terlalu kecil serta seragam. Lakukan penjemuran biji-biji kacang hijau sebelum ditanam.
Menyiapkan Lahan tanam
Semisal halnya cara menanam kacang tanah, lahan tanam Perlu digemburkan berlebi dahulu yang dengannya mempergunakan bajak ataupun cangkul. Buatlah tegalan ataupun gundukan agar drainase air teratur ataupun tak menggenangi tanaman kacang hijau. Kalaupun tak dibentuk tegalan, maka pengaturan drainase Perlu Amat diperhatikan agar air tak menggenang era musim hujan.
Taburkan pupuk sangkar sembari menggemburkan tanah, buat tegalan menjadi beberapa baris yang dengannya jarak antar tegalan sekitar 30-40cm.
Menanam Kacang Hijau
Menanam kacang hijau bisa di lakukan yang dengannya mempergunakan tugal ataupun tajuk (kayu yng diruncingkan satu dari sekian banyaknya ujungnya). Hujamkan ujung yng runcing ke lahan tanam bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat lubang tanam. Jarak tanam bagi atau bisa juga dikatakan untuk kacang hijau sekitar 20cm, masukkan 2 biji kacang hijau bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap lubang yng dibuat. Tutup lubang tanam yang dengannya cara menyapu lahan tanam mempergunakan dahan kayu yng masih ada daunnya.
Merawat Tanaman
Lakukan penyulaman pada lubang tanam yng bibitnya tak tumbuh sesudah 10 hari dari penanaman, lantas lakukan penyiangan rumput ataupun gulma yng tumbuh disekitar tanaman kacang hijau agar nutrisi yng didapat tanaman kacang hijau lebih maksimal menjadikan pertumbuhan bantangnya akan baik.
Lakukan pemupukan pada umur tanaman sekitar 1 bulan yang dengannya mempergunakan pupuk kimia semisal Urea, TSP serta KCL. Dosis yng umumnya dipakai merupakan Urea 50kg/ha, TSP 100Kg/ha, serta KCL 50Kg/ha. Akan tetapi andai kamu menginginkan tanaman kacang hijau yng organik, pemupukan sebaiknya tak mempergunakan pupuk kimia. Gunakanlah pupuk sangkar ataupun pupuk organik yng tidak sedikit dijual di kios-kios pertanian.
Masa Panen Kacang Hijau
Budidaya kacang hijau akan mengahasilkan panen pada umur tanaman sekitar 3 bulan. Kacang hijau yng siap panen ditandai yang dengannya daun tanaman mulai menguning, kulit buah kcang hijau gampang pecah. Pemanenan bisa di lakukan yang dengannya pencabutan ataupun memotong batangnya, serta jemur pada terik matahari. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memisahkan biji kacang hijau dari kulitnya bisa di lakukan yang dengannya penggilasan baik secara manusl maupun mempergunakan mesin.
Itulah beberapa cara gampang menanam kacang hijau, pemilihan bibit serta perawatan tanaman memegang peranan penting dalam kesuksesan budidaya kacang hijau. Kacang hijau bisanya dimanfaatkan menjdai bahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat bubur, serta minuman sari kacang hijau. Selain berharga ekonomi tinggi, kacang hijau pun Amat memberikan manfaat bagi kebugaran atau kesehatan tubuh, beberapa manfaat kacang hijau bagi kebugaran atau kesehatan diantaranya: Mengurangi potensi kanker usus, mengurangi kolesterol, menjdai antioksidan dalam tubuh, serta masih tidak sedikit lagi manfaatnya bagi kebugaran atau kesehatan.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Menanam Kacang Hijau – Ini Tips Mudahnya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Menanam Kacang Hijau – Ini Tips Mudahnya