Ini Yang Harus Diketahui Jika Menanam Lobak

- Januari 19, 2017

Ini Yang Harus Diketahui Jika Menanam Lobak

 

Cara Menanam Lobak Putih ataupun Merah Yng Benar - Lobak adalah jenis tanaman berumbi yng mempunyai bentuk semisal wortel, akan tetapi daging umbinya berwarna putih. Tanaman ini Amat gampang mengikuti keadaan, menjadikan Amat gampang dibudidayakan. Tanaman Lobak berasal dari Tiongkok, serta tidak sedikit tersebar di Indonesia lebih-lebih di daerah Jawa Barat. Cara budidaya lobak bisa di lakukan yang dengannya cara yng percis yang dengannya Cara menanam Wortel, tanaman ini bisa ditanam di kebun maupun ditanam di pot ataupun polybag. Lobak Amat tidak sedikit mempunyai manfaat bagi kebugaran atau kesehatan, diantaranya: menyembuhkan masalah liver, membantu pengobatan kanker, membersihkan jamur dalam tubuh, menyehatkan ginjal, mengobati asam urat, mengatasi tekanan darah tinggi, serta lain-lain. Lobak Putih, Lobak, Lobak merah, Menanam Lobak
Cara bertanam lobak yng baik serta benar bisa di lakukan yang dengannya beberapa langkah simpel berikut.
Menyiapkan Bibit Lobak
Budidaya Lobak di lakukan yang dengannya cara generatif yakni mempergunakan serta memanfaatkan biji-bijinya bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditanam, biji lobak diambil dari tanaman lobak yng sengaja tak dipanen serta dibiarkan mengeluarkan bunga dan biji. Biji ini yng diambil bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan bibit. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk keperluan 1 ha, dibutuhkan sekitar 4kg biji lobak menjdai bibit.
Akan tetapi andai kamu tak ingin repot, bibit tanaman lobak tidak sedikit dipasarkan di kios-kios pertanian. Pilihlah bibit lobat yng tanggal kadaluarsanya masih lama, dan kondisi kemasan masih baik tak bocor.
Menyiapkan Lahan Tanam
Persiapan lahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam lobak Perlu di lakukan penggemburan berlebi dahulu baik mempergunakan cangkul maupun traktor. Andai mempergunakan traktor, maka Perlu diratakan kembali andai terdapat bongkahan-bongkahan hasil kegiatan bajak traktor.
Sesudah itu, taburkan pupuk sangkar secara merata serta aduk-aduklah mempergunakan cangkul. Lahan tanam pun mampu dibentuk tegalan semisal cara menanam melon. Lebar tegalan bisa dibuat yang dengannya ukuran 50cm serta panjang disesuaikan yang dengannya ketersediaan lahan kebun. Buatlah tegalan yang dengannya ukuran yng percis pada jarak 30cm dari tegalan sebelumnya.
menanam lobak
Andai kamu ingin menanam lobak di polybag ataupun pot, maka butuh disiapkan polybag ataupun pot yng ukurannya besar. Lantaran ini akan Amat memberi pengaruh pertumbuhan umbi lobak. Isi pot ataupun polybag yang dengannya campuran tanah serta pupuk sangkar, lantas biarkan polybag yng sudah diisi selama 2 hari sebelum ditanami.
Menanam Lobak
Menanam lobak bisa di lakukan yang dengannya cara langsung menanam bijinya tanpa disemai, tanamlah biji lobak yang dengannya mempergunakan tugal (kayu yng diruncingkan) yang dengannya jarak 30cm antar lubang. Isi setiap lubang yang dengannya 2 biji lobak, lantas tutup kembali lubang yang dengannya cara menginjaknya perlahan. Biji lobak akan mengeluarkan tunas pada umur tanam sekitar 4-5 hari.
Melakukan Perawatan Tanaman Lobak
Perawatan pada bercocok tanam lobak bisa di lakukan yang dengannya melakukan penyulaman pada biji lobak yng tak tumbuh, serta melakukan penyiangan rumput yng tumbuh. Pemupukan pun dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh lobak yng subur serta cepat mengeluarkan umbi. Lakukan pemupukan yang dengannya mempergunakan campuran pupuk sangkar serta pupuk kimia berupa 40Kg Urea serta 10Kg KCL.
Pemupukan di lakukan yang dengannya membuat lubang mempergunakan tugal yang dengannya jarak 10cm dari tanaman lobak. Akan tetapi andai kamu menginginkan menanam lobak organik tanpa bahan kimia, maka pemupukan bisa di lakukan yang dengannya mempergunakan pupuk sangkar saja.
Masa Panen Lobak
Masa panen bagi atau bisa juga dikatakan untuk lobak merupakan sekitar 2-3 bulan sesudah penanaman, akan tetapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih yakin dalam melakukan pemannenan, sebaiknya lakukan tes berlebi dahulu bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui umbi lobak yang dengannya cara menggali tanah disekitar umbi lobak. Andai lobak dirasa cukup bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipanen, maka lakukan pemanenan yang dengannya cara mencabut lobak.
Pemanenan lobak sebaiknya di lakukan pada waktu yng tepat, agar umbi lobak tak terlalu tua menjadikan menghasilkan berkayu. Tentunya ini akan Amat berpengaruh terhadap penjualan lobak.
Itulah beberapa langkah cara menanam lobak putih serta lobak merah baik di kebun maupun menanam lobak di dalam pot ataupun polybag. Harga lobak di pasar pun terbilang cukup tidak murah dibanding jenis sayuran yng lain-lainnya, tentunya ini memberikan kabar baik bagi para petani bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidayakan lobak lantaran selain harganya tidak murah, lobak pun tidak sedikit mempunyai tidak sedikit manfaat bagi kebugaran atau kesehatan.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Ini Yang Harus Diketahui Jika Menanam Lobak

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Ini Yang Harus Diketahui Jika Menanam Lobak