Cara Termudah Menanam Akasia (Acacia Mangium)

- Februari 28, 2017

Cara Termudah Menanam Akasia (Acacia Mangium)

 

Cara Menanam Pohon Akasia - Akasia (acacia mangium) adalah tanaman kayu yng dikembangkan di daerah Malaysia Barat serta tersebar ke daerah filipina serta Indonesia semisal Papua serta Maluku. Tanaman pohon Akasia ini Amat gampang sekali tumbuh serta tak memerlukan perawatan yng sulit, menjadikan tanaman ini tidak sedikit pun dijumpai hampir diseluruh wilayah di Indonesia. Pohon akasia umumnya tidak sedikit dimanfaatkan menjdai penghijau di Hutan tanaman rakyat ataupun di area reklamasi.
cara menanam akasia, budidaya pokok akasia, akasia, acacia mangium
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidayakan pohon akasia (acacia mangium) bisa di lakukan yang dengannya mempergunakan semai biji. Berikut beberapa langkah cara menanam akasia dari bijinya:
Menyiapkan Benih Akasia
  1. Pilih biji akasia yng tua serta mempunyai bentuk biji yng sempurna (tak keriput)
  2. Jemur biji akasia selama 5-6 jam di terik matahari, lantas angkat serta letakkan di area yng teduh
  3. Siapkan media persemaian, mampu mempergunakan polybag ataupun rak semai. Akan tetapi kamu pun mampu membuat media semai yang dengannya menggemburkan tanah serta membentuk semisal tegalan.
  4. Campurkan pupuk kompos, tanah, serta pasir menjdai media semai yang dengannya perbandingan 1:1:1. Biarkan selama 1 hari sebelum ditaburi biji akasia.
  5. Rendam biji akasia selama 1 malam sebelum di semai, pisahkan biji yng tenggelam serta Buang biji akasia yng mengapung lantaran mungkin tumbuh kecil.
  6. Angkat biji akasia serta tiriskan, lantas tebarkan secara merata di media semai. Tutup mempergunakan lapisan tanah secara merata serta tipis.
  7. Tutup bagian atas yang dengannya pelastik transparan ataupun dedaunan yang dengannya jarak 30cm dari permukaan semaian. hal ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kelembaban media semai.
  8. Lakukan penyiraman pagi serta sore hari yang dengannya penyiraman yng tipis, cuma bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kelembaban lahan semaian saja.
  9. Sesudah bibit tumbuh, buka pelastik ataupun penutup semaian.
  10. Bibit akasia bisa dipindahkan ke polybag yng lebih besar sesudah mencapai ketinggian 15cm -20cm. Serta letakkan ke lahan yng lebih luas bagi atau bisa juga dikatakan untuk menunggu bibit siap ditanam di lahan tanam permanen ataupun sekitar usia penyemaian 5 - 6 bulan.
Menyiapkan lahan Tanam
Buatlah lubang tanam yang dengannya ukuran 40cm x 40cm yang dengannya kedalaman 40cm. Isi lubang yang dengannya mempergunakan capuran tanah, pupuk sangkar serta pasir yang dengannya perbandingan 1 : 2 : 1 (1 tanah : 2 pupuk sangkar : 1 pasir) hingga penuh. Biarlkan lubang tanam selama 2 - 3 minggu sebelum ditanami. Buat lubang yng percis yang dengannya jarak tanam 4 meter antar lubang serta isi pun yang dengannya capuran tanah , pupuk sangkar serta pasir.
Menanam Bibit Akasia
Lakukan penanaman pada awal musim penghujan agar tak memerlukan bisnis yng tidak sedikit bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyiraman. Bibit akasia yng sudah mempunyai tinggi batang sekitar 50cm bisa dipindahkan ke lubang tanam yng disediakan. Gali kembali lubang tanam yang dengannya mempergunakan cangkul, serta letakkan tanah galian di sebelah lubang. Buka polybag semaian secara perlahan, masukkan bibit akasia ke dalam lubang tanam lantas tutup kembali yang dengannya tanah galian. Padatkan tanah penutup yang dengannya menginjak secara perlahan.
Merawat Tanaman Akasia
Perawatan pohon akasia terbilang cukup gampang, tanaman ini tak memerlukan perhatian khusus era dibudidayakan. Pemupukan pun dibutuhkan yakni yang dengannya menambahkan pupuk sangkar pada era umur tanaman 6 bulan sesudah tanam. Andaikan tanaman akasia terserang hama, lakukan penyemprotan yang dengannya insektisida. Perawatan lain yng dibutuhkan merupakan pemangkasan cabang, pemangkasan cabang batang akasia dibutuhkan agar kualitas kayu baik ataupun tak terlalu tidak sedikit mata kayu (sebutan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bekas cabang). Pemangkasan cabang sebaiknya di lakukan segera era tanaman akasia masih kecil, agar tak terlambat serta menghasilkan mata kayu akan makin terang terlihat serta menyulitkan era kayu akan diolah kelak.
Sebetulnya pohon akasia yng tumbuh tak butuh dirawatpun akan tetap tumbuh subur asalkan tanah di lahan tanamnya memiliki kandungan tidak sedikit unsir hara. Perawatan khusus dibutuhkan andai area tanam merupakan area yng tandus.
Pohon akasia yng sudah berumur 7 tahun bisa ditebang serta kayunya bisa dimanfaatkan menjdai bahan baku pembuatan lemari, kursi, mebel, serta furniture lain-lainnya. Kayu akasia pun terbilang baik kualitasnya.
Itulah beberapa langkah simpel menanam akasia, tanaman ini tidak sedikit digemari lantaran daya tumbuhnya cepat serta adaptasi terhadap lingkungan Amat baik.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Cara Termudah Menanam Akasia (Acacia Mangium)

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Termudah Menanam Akasia (Acacia Mangium)