CARA PEMBIBITAN BUNGA ANGGREK

- Januari 17, 2017

CARA PEMBIBITAN BUNGA ANGGREK

 
. . ARTIKEL CARA PEMBIBITAN BUNGA ANGGREK

Tanaman angrek memiliki cara tersendiri dalam penanaman serta budidayanya. Lantaran bunga angreak ini relstif tidak banyak berbeda yang dengannya tanaman lain-lainnya. Biji yng keluar dari buah anggrek yng sudah matang tak semisal kebanykan biji tanaman lain. Biji anggrek berukuran mikroskopis hampir semisal tepung serta dalam satu buah diperoleh jutaan biji. Biji anggrek tak bisa berkecambah begitu saja lantaran bijinya tak memiliki cadangan makanan. Biji anggrek bisa tumbuh di alam andai memperoleh tambahan makanan dari sejenis jamur yng hidup di dalam akar anggrek dewasa yng disebut mikorhiza. Saat ini ini telah dikembangkan teknik menanam biji anggrek melalui media tanam buatan yng terdiri dari senyawa-senyawa kimia yng dibutuhkan oleh biji anggrek bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkecambah.
Faktor-faktor penting dalam perkecambahan serta pertumbuhan biji anggrek antara lain:
a) Karbohidrat; unsur karbohidrat yng dibutuhkan dalam perkecambahan umumnya merupakan gula simpel golongan Oligosakarida serta yng umum dipakai dalam medium buatan yakni: sukrosa serta fruktosa. Gula ini diharapkan biji bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkecambah (tunas keluar dari biji) serta menjdai cadangan makanan sebelum tunas mampu membentuk makanan sendiri.
b) Nitrogen; senyawa amonia, nitrat serta urea dalam perkecambahan biji dipakai menjdai bahan utama pembentukan sel-sel tumbuhan.
c) Mineral; unsur-unsur kalium (K), magnesium (Mg), kalsium (Ca) serta fosfor (P) merupakan mineral yng dibutuhkan dalam jumlah tidak sedikit serta dipakai dalam bentuk senyawa kompleks. Tanpa unsur ini tunas anggrek yng telah berkecambah akan mati akan tetapi andai kadar dalam medium terlalu pekat akan memicu keracunan bagi tanaman. Kadar unsur-unsur diatas yng dianjurkan merupakan 40 mg/L media.
d) Penyinaran; dibutuhkan tanaman anggrek menjdai syarat pokok dalam proses pembentukan cadangan makanan yng disebut proses fotosintesis. Intensitas yng dibutuhkan antara 400 - 3000 lux. Sinar yng dipakai bisa sinar matahari difus, lampu neon serta lampu Cool White. Ukuran umum yng Suka dipakai merupakan lampu neon putih 40 watt diletakkan 1,5 sampai-sampai 2 meter dari rak-rak temapt botol perkecambahan. Makin kecil daya yng dipakai jarak lampu ke tanaman makin dekat.
e) Suhu; temperature optimal perkecambahan yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk seluruh jenis anggrek antara 20oC - 25oC. Temperature yng terlalu tinggi akan memicu kelayuan lantaran penguapan terlalu besar, sedangkan temperature yng terlalu dingin memicu pertumbuhan tanaman lambat.
f) pH (keasaman) media; pH media tanam berkisar antara 4,8-5,2 yang dengannya toleransi kisaran antara 3,6 sampai-sampai 7,6. Butuh diketahui selama pertumbuhan tunas anggrek keasaman media bisa mengalami perubahan.
g) Vitamin serta Hormon; kedua unsur ini dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memacu pertumbuhan tunas. Selain dipakai dalam bentuk senyawa murni, vitamin serta hormon didapatkan dari penggunaan zat additiv dalam media misalnya pisang, kentang, buah tomat serta lain-lainnya.
Yang dengannya mempergunakan media buatan dalam mengecambahkan biji anggrek bisa menaikkan prosentase kesuksesan perkecambahan biji anggrek secara alami dari 5%-8% perkecambahan menjadi 60%-80%.
Demikian cara pembibitan bunga angrek, mudah-mudahan mampu diterapkan dirumah kamu. Serta mudah-mudahan bermanfat bagi yng membacanya. thanks Sponsored Links loading... Loading... .

Source Articles & Image : petanitop.blogspot.com

Seputar CARA PEMBIBITAN BUNGA ANGGREK

Advertisement
 

Cari Artikel Selain CARA PEMBIBITAN BUNGA ANGGREK