Cara Menoreh Ini Tidak Merusak Batang Tanaman Karet

- Januari 20, 2017

Cara Menoreh Ini Tidak Merusak Batang Tanaman Karet

 

Cara menyadap karet - Tak disangkal lagi bahwasanya proses penyadapan ataupun penorehan getah karet memegang peranan penting terhadap keberlangsungan serta ketersediaan getah karet. Penyadapan karet Perlu di lakukan yang dengannya cara yng benar agar tak merusak batang tanaman karet. Sesudah mengatahui cara menanam karet yng benar serta perawatannya, selanjutnya merupakan Perlu mengetahui pun cara paling baik memanen karet agat tak merusak batang tanaman karet.
Sumber gambar: rohultoday

Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan penorehan ataupun penyadapan karet yng baik bisa di lakukan yang dengannya beberpa cara berikut:
  1. Siapkan pisau toreh (oahat kait) yng Suka dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memanen karet. Usahakan pisau toreh telah di asah sebelum dipakai agar tajam.
  2. Buatlah torehan pada ketinggian setinggi bahu agar tak terlalu sulit, mulailah menoreh dari atas ke bawah secara lurus menjdai garis acuan tepi sekitar panjang 30 cm pada kedua sisi batang karet. Lantas buatlah torehan secara diagonal pada kulit pohon karet dari torehan yng dibuat tadi hingga garis tegak satunya, kemiringan torehan sekitar 30 - 40 derajat.
  3. Lakukan penorehan cuma pada kulit pohon dimana terdapat kandungan getah, jangan hingga menekan pisau toreh terlalu dalam menjadikan mengenai tulang pohon. ini akan merusak tanamn karet serta bisa mengurangi produksi getah.
  4. Pada bagian terbawah ujung torehan yang terakhir buatlah alur yang dengannya mempergunakan pisau toreh bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengalirkan getah ke wadah yng sudah disediakan.
  5. untu membuat mudah karet menetes masuk wadah, pasanglah semacam talang kecil yang dengannya menggunakn seng yng ditancapkan ke pohon karet.
menoreh karet, menyadap karet
Beberapa langkah pemanenan getah karet di atas tentunya bisa dicoba di kebun kamu masing-masing agar tak merusak pohon karet. Pohon karet yng ditoreh ataupun disadap yang dengannya cara yng tak benar bisa memicu pohon karet rusak serta produksi getah karet akan menurun. Kegiatan penyadapan karet sebaiknya di lakukan pada pagi hari seitar pukul 04:00 hingga pukul 08:00. Hal ini dikarenakan getah karet produksinya tidak sedikit serta tekanan pun masih tinggi, menjadikan getah karet bisa keluar tidak sedikit.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Cara Menoreh Ini Tidak Merusak Batang Tanaman Karet

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Menoreh Ini Tidak Merusak Batang Tanaman Karet