Yakin Ingin Menanam Bayam ? Baca Dulu Ini

- Desember 31, 2016

Yakin Ingin Menanam Bayam ? Baca Dulu Ini

 

Cara Menanam Bayam Di Polybag ataupun Kebun - Bayam adalah tanaman sayuran yng kaya akan zat besi, tanaman sayuran yng satu ini ramai sekali diminati oleh masyarakat indonesia. Macam-macam jenis masakan mempergunakan bahan baku berupa daun bayam, selain menjdai bahan masakan, daun bayam pun digoreng mempergunakan tepung menjdai camilan. Jenis bayam sendiri ada 2 jenis yng telah tidak sedikit dibudidayakan di Indonesia, yakni Bayam cabut serta Bayam Tahun ataupun Bayam Hijau.
bayam, budidaya bayam, bayam cabut, bayam merah, bayam hijau
Bayam sendiri mempunyai tidak sedikit manfaat bagi kebugaran atau kesehatan tubuh kita-kita, diantaranya: melindungi kebugaran atau kesehatan mata, melindungi kebugaran atau kesehatan jantung, mencegah terjadinya kanker, melindungi kebugaran atau kesehatan tulang, memperlancar pencernaan, serta baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk penderita anemia.
Cara membudidayakan tanaman bayam tak jauh berbeda yang dengannya cara menanam kangkung ataupun cara menanam kemangi, budidayanya di lakukan yang dengannya cara menanam biji bayam. Berikut beberapa langkah cara menanam bayam yng baik serta benar
Menyiapkan Bibit Bayam
Bibi bayam bisa diperoleh dengancara mengambil biji-biji bayam yng terdapat pada bunga bayam yng sudah tua serta mengering. Cara memisahkan biji bayam bisa di lakukan yang dengannya jara memukul-mukulkan bunga bayam ke lantai secara perlahan-lahan, maka biji-biji bayam akan berjatuhan.
Andai kamu tak ingin repot, kamu bisa membeli bibit bayam di kios-kios pertanian yng menjual bibit tanaman ataupun pun membeli di toko online yng menjual bibit.
Periksa kelayakan bibit dari waktu kadaluarsanya, kemasan bibit yng masih utuh serta tak ada bolong-bolong. Baca secara seksama jenis serta syarat tumbuh bayak yng ada di kemasan bibit. Sesuaikan yang dengannya wilayah yng ada di daerah kamu.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam bayam bisa di lakukan yang dengannya melakukan penyemaian berlebi dahulu, pun bisa langsung menanamnya tanpa disemai. Akan tetapi sebaiknya lakukan penyemaian agar tanaman tak terlalu rapat serta kamu lebih gampang memilih kualitas bibit sesudah tumbuh.
Menyiapkan Lahan Tanam Bayam
Andai kamu menginginkan menanam bayam di polybag ataupun pot, maka siapkan polybag ataupun pot lantas isi yang dengannya campuran tanah serta pupuk sangkar. Jumlah polybag ataupun pot disesuaikan yang dengannya keperluan kamu.
Akan tetapi andai kamu menginginkan budidaya bayam dalam jumlah yng tidak sedikit, maka kamu Perlu melakukan pengolahan lahan tanam bagi atau bisa juga dikatakan untuk bayam kamu. Pengolahan lahan bisa di lakukan semisal cara menanam kacang panjang, yakni yang dengannya menggemburkan tanah mempergunakan bajak serta cangkul. Kamudian bentuk bedengan memanjang yang dengannya ukuran lebar 80cm, tebal 30cm serta panjang disesuaikan yang dengannya panjang kebun kamu.
Jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaburkan pupuk sangkar sambil menggemburkan serta membentuk guludan. Biarkan lahan yng sudah disiapkan selama 1 minggu sebelum ditanami, agar pupuk sangkar tercampur sempurna serta kondisi tanah stabil.
Menanam Bibit Bayam
Sesudah bibit bayam yng disemai tumbuh mencapai 10cm, lakukanlah pemindahan ke lahan tanam permanen yng sudah ditentukan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengalihkan bibit bayam bisa di lakukan yang dengannya mencabut bibit-bibit yang telah di sebutkan.
Sebelum melakukan pencabutan sebaiknya lakukan penyiraman pada area semaian, lantas cabut secara perlahan agar akar pohon bayam tak rusak. Sesudah itu tanam bibit bayam ke lahan tanam permanen yang dengannya cara membuat lubang berlebi dahulu mempergunakan jari kamu.
Masukkan pangkal bibit, lantas tutup kembali lubang yang dengannya menekan mempergunakan tanah. Jangan terlalu kuat dalam menekan agar pohon bayam tak patah. Jarak tanam antar bibit merupakan sekitar 15-20cm.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mensiasati agar tak melakukan penyiraman, sebaiknya penanaman bayam di lakukan pada awal musim penghujan.
Pemeliharaan Tanaman Bayam
Perawatan yng di lakukan merupakan yang dengannya cara membersihkan lahan tanam dari rumput yng menghambat pertumbuhan bayam, lakukan penyulaman pada bibit bayam yng mati.
Andai ada tanaman bayam yng di kenai hama, sebaiknya langsung dicabut serta Buang jauh dari area penanaman ataupun lakukan pembakaran.
Memanen Bayam
Bayam bisa dipanen sekitar umur 1 bulan dari penanaman, ataupun disesuaikan yang dengannya keinginan kamu akan tetapi disesuaikan yang dengannya kondisi tumbuh tanaman bayam. Pemanenan di lakukan yang dengannya cara mencabut (andai bayam cabut) ataupun pun yang dengannya memotong (andai bayam hijau). Pemanenan bayam di lakukan sebelum tanaman bayam mengeluarkan bunga.
Itulah beberapa langkah cara budidaya bayam baik dalam polybag maupun di kebun bagi atau bisa juga dikatakan untuk seluruh jenis bayam semisal bayam cabut, bayam merah, maupun bayam hijau. Tanaman bayam selain mempunyai tidak sedikit manfaat bagi kebugaran atau kesehatan, pun mempunyai nilai ekonomis. Bayam tidak sedikit dikonsumsi oleh masyarakat menjdai bahan masakan.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Yakin Ingin Menanam Bayam ? Baca Dulu Ini

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Yakin Ingin Menanam Bayam ? Baca Dulu Ini