Kandungan Gizi Buah Labu Siam dan Manfaatnya Bagi Ibu Hamil

- Maret 04, 2017

Kandungan Gizi Buah Labu Siam dan Manfaatnya Bagi Ibu Hamil

 
. .
Labu siam pertama kali didapati oleh Patrick Browne di Jamaika tahun 1756. Jenis tanaman ini tidak sedikit ditanam di daerah Filipina, Malaysia, serta Indonesia. Di Meksiko labu siam tak cuma dimanfaatkan buahnya saja, umbinya pun dipakai sbg bahan pangan sumber karbohidrat. Sebagian besar penduduk Indonesia labu siam dikenal dgn beberapa sebutan, semisal labu jipang (Jawa Tengah), manisah (Jawa Timur) & waluh siam (Jawa Barat). Didunia biasanya sayuran ini disebut chayote.
Buah labu siam umumnya dimasak menjdai lalapan,sayur lodeh,oseng-oseng,sayur asam. Pucuk batang & daun mudanya biasa dibuat lalap/sayuran lain-lainnya. Labu siam (Sechium edule Sw) adalah tanaman yang salah satunya dlm famili Cucurbitaceae. Tanaman ini salah satunya tanaman merambat yang bisa tumbuh pd tanah dataran tinggi maupun dataran rendah, tanpa memerlukan perawatan khusus.
Didasari penampilan buahnya, labu siam terbagi dua varietas, yakni varietas labu siam & varietas labu anggur.
- Kaya Serat Buah labu siam mempunyai kadar serat cukup baik, yakni 1,7 g per 100 g. Konsumsi serat dlm jumlah yang cukup sgt baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi sembelit & aman bagi atau bisa juga dikatakan untuk lambung yang sensitif/radang usus. Serat pangan bisa mengurangi risiko penyakit kanker yang penyebabnya yaitu system pencernaan yang tak sempurna. Serat pangan mampu mengurangi waktu tinggal (transit time) makanan sejak dr rongga mulut sampai-sampai sisa makanan dikeluarkan dlm bentuk feses. Selama tinggal di saluran pencernaan, serat pangan akan mengikat zat-zat karsinogenik (penyebab kanker). Berkat singkatnya transit time sisa makanan di saluran pencernaan, waktu zat karsinogenik bermukim dlm tubuh pun semakin pendek, menjadikan kesempatan terjadinya kanker menjadi Amat kecil.
- Kandungan asam folat pd buah labu siam pun cukup baik, yakni 93 mkg per 100 g. Konsumsi 100 gram labu siam cukup bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi 23,25% kebutuhan tubuh akan asam folat. Asam folat Amat penting bg ibu hamil lantaran bisa mengurangi risiko kelahiran bayi cacat. Konsumsi asam folat yang rendah pd ibu hamil berhubungan erat dgn berat bayi lahir rendah & fenomena neural tube defects (gangguan otak). Defisiensi asam folat ditandai oleh gejala anemia, yakni jumlah sel butir darah merah berkurang. Kebutuhan asam folat pd orang dewasa merupakan 400 mkg per hari. Kebutuhan ini jadi dua kali lipat pd ibu yang sedang hamil, serta bertambah 50% pd ibu sedang menyusui.
- Turunkan Kolesterol. Buah labu siam pun kaya akan Kalium. Kalium bermanfaat bagi tubuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi, dan membersihkan karbondioksida di dlm darah. Kalium berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk menimbulkan kerja otot serta simpul saraf. Kalium yang tinggi pun akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak serta membantu memperlancar keseimbangan cairan, jadi tubuh lebih segar. Selain itu, buah labu siam pun memiliki kandungan komponen vitamin yang cukup tinggi.
- Niasin adalah bagian dari vitamin B kompleks yang disebut menjdai vitamin B3, berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menurunkan produksi VLDL (very low density lipoprotein) di dlm hati, menjadikan produksi kolesterol LDL (low density lipoprotein) serta trigliserida bisa menurun. Niasin berperan pada reaksi enzimatik di dlm tubuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk metabolisme karbohidrat, lemak & protein, yakni menjdai koenzim I serta koenzim II. Niasin Amat diharapkan agar suplai energi dlm jaringan tubuh berjalan normal. Kekurangan niasin yang parah sesudah beberapa bulan akan menghasilkan pellagra dan dermatitis, yakni gangguan kulit yang khas serta simetris,lebih-lebih di bagian badan yang tak tertutup semisal tangan, lengan, siku, kaki, kulit, serta leher.
- Labu siam pun kaya akan vitamin B6. Vitamin B6 punya peran penting dlm metabolisme protein. Vitamin B6 Amat esensial bagi atau bisa juga dikatakan untuk proses transaminasi & deaminasi dan dekarboksilasi asam amino. Kebutuhan per hari mencapai 0,02 mg bagi atau bisa juga dikatakan untuk dewasa; 0,015 mg bagi atau bisa juga dikatakan untuk bayi; 0,2-1,2 bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak-anak, serta 1,4-2 mg bagi atau bisa juga dikatakan untuk remaja.
- Kandungan selenium pd labu siam pun cukup baik. Selenium berperan penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbaiki mood. Sebuah penelitian di Amerika Serikat (1996) memperlihatkan bahwasanya orang yang kadar selenium tubuhnya paling rendah menunjukan mood yng paling tidak baik. Konsumsi selenium disarankan sekitar 55-70 mkg perhari.
Komposisi Gizi per 100 gram Labu Siam - Komposisi gizi Kadar
Energi (kkal)... 17 Protein (g).... 0,82 Lemak (g).... 0,13 Karbohidrat (g).... 3,9 Serat (g)... 1,7 Gula (g)... 1,85 Kalsium (mg)... 17 Besi (mg)... 0,34 Magnesium (mg)... 12 Fosfor (mg)... 18 Kalium (mg)... 125 Natrium (mg)... 2 Seng (mg)... 0,74 Tembaga (mg)... 0,12 Mangan (mg)... 0,19 Selenium (mg)... 0,2 Vitamin C ... 7,7 Tiamin (mg)... 0,03 Riboflavin (mg)... 0,03 Niacin (mg)... 0,47 Vitamin B6 (mg)... 0,08 Folat (mkg)... 93 Vitamin E (mkg)... 0,12 Vitamin K (mkg)... 4,6
- Cegah Hipertensi. tergolong makanan sehat bagi atau bisa juga dikatakan untuk jantung & pembuluh darah bila memiliki kandungan rasio kalium:natrium minimal 5:1. Setiap 100 gram buah labu siam memiliki kandungan kalium:natrium yang dengannya perbandingan 62:1. Selain itu, labu siam pun diketahui mempunyai efek diuretik, menjadikan mampu menurunkan kadar garam di dlm darah melalui pembuangan air seni. Berkurangnya kadar garam yang bersifat menyerap/menahan air ini akan meringankan kerja jantung dlm memompa darah, menjadikan tekanan darah akan menurun.
- Labu siam pun Amat baik bagi penderita asam urat. Efek diuretik dari labu siam akan melancarkan Buang air kecil, menjadikan kelebihan asam urat bisa segera dikeluarkan dari dlm tubuh. Sponsored Links loading... Loading... .

Source Articles & Image : petanitop.blogspot.com

Seputar Kandungan Gizi Buah Labu Siam dan Manfaatnya Bagi Ibu Hamil

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kandungan Gizi Buah Labu Siam dan Manfaatnya Bagi Ibu Hamil