Definisi dan Sejarah Teknologi Pertanian

- Maret 20, 2017

Definisi dan Sejarah Teknologi Pertanian

 
. . Definisi Teknologi Pertanian Teknologi pertanian adalah penerapan prinsip-prinsip matematika serta ilmu pengetahuan alam dalam rangka pendayagunaan secara ekonomis sumberdaya pertanian serta sumberdaya alam bagi atau bisa juga dikatakan untuk kesejahteraan kita-kita.
Falsafahnya teknologi pertanian adalah praktik-empirik yng bersifat pragmatik finalistik, dilandasi paham mekanistik-vitalistik yang dengannya penekanan pada objek formal kerekayasaan dalam pembuatan serta penerapan perlengkapan, bangunan, lingkungan, system produksi dan pengolahan serta pengamanan hasil produksi. Objek formal dalam ilmu pertanian budidaya reproduksi berada dalam fokus budidaya, pemeliharaan, pemungutan hasil dari flora serta fauna, peningkatan mutu hasil panen yng diperoleh, penanganan, pengolahan serta pengamanan dan pemasaran hasil. Oleh karena itu, secara luas cakupan teknologi pertanian meliputi aneka macam penerapan ilmu teknik pada cakupan objek formal dari budidaya hingga pemasaran.
Sejarah Pendidikan Teknologi Pertanian Bidang teknologi pertanian secara keilmuan adalah hibrida dari ilmu teknik serta ilmu pertanian.Sejarah lahirnya ilmu-ilmu dalam lingkup teknologi pertanian dipicu oleh kebutuhan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemenuhan pembukaan serta pengerjaan lahan pertanian secara luas di Amerika Serikat maupun eropa pada pertengahan abad ke-18. Perkembangan pendidikan tinggi teknologi pertanian di Indonesia yng dimulai awal tahun 1960-an tak terlepas dari perkembangan pendidikan tinggi teknik serta serta pertanian sejak zaman pendudukan Belanda yng memanglah secara historis meletakkan dasarnya di Indonesia. Perang dunia I yng terlaksana di Eropa sudah memicu gangguan hubungan internasional antara lain, armada sulit bagi atau bisa juga dikatakan untuk masuk ke Samudra Hindia menjadikan tenaga-tenaga ahli yng sebelumnya tidak sedikit didatangkan dari Eropa mengalami kesulitan. Pencetakan tenaga ahli teknik menengah serta tinggi (baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk bidang teknik serta pertanian) menjadi kebutuhan oleh pemerintah Hindia Belanda pada waktu pendudukan di Indonesia. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencukupi kebutuhan tenaga terampil bidang pertanian, peternakan serta perkebunan yng secara intensif di lakukan oleh Pemerintah Hindia Belanda di Jawa serta Sumatra dalam program cultur stelseels pada awal abad ke-19. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemenuhan kebutuhan yang telah di sebutkan, maka di Bogor (Buitenzorg) didirikan beberapa lembaga pendidikan menengah bagi atau bisa juga dikatakan untuk bidang pertanian serta kedokteran hewan, yaitu Middlebare Landbouw Schooll, Middlebare Bosbouw Schooll serta Nederlandssch Indische Veerleeen Schooll.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Halaman_Utama
Sponsored Links loading... Loading... .

Source Articles & Image : petanitop.blogspot.com

Seputar Definisi dan Sejarah Teknologi Pertanian

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Definisi dan Sejarah Teknologi Pertanian