Budidaya Pare, Baca ini Sebelum Menanamnya

- Maret 15, 2017

Budidaya Pare, Baca ini Sebelum Menanamnya

 

Cara Menanam Pare serta Perawatannya - Pare adalah sayuran yng mempunyai rasa pahit, akan tetapi jenis sayuran satu ini malah memberikan cita rasa tersendiri terhadap masakan nusantara. Tanaman pare adalah tanaman menjalar semisal kacang panjang. Buah pare dipercaya mempunyai tidak sedikit manfaat bagi kebugaran atau kesehatan, diantaranya : Baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebugaran atau kesehatan rambut, sumber banyak sekali vitamin (Vit C, Vit B Komplek), Sumber serat, Folat, Flavanoid, dan juga lain-lainya.
buah pare, menanam pare, manfaat pare
Budidaya pare bisa di lakukan di kebun serta pun bisa di lakukan di dalam pot ataupun polybag. Pada prinsipnya hampir percis bercocok tanam pare di kebun serta di pot, cuma saja penyiapan lahan tanam yng berbeda. Cara menanam pare bisa di lakukan yang dengannya cara yng percis yang dengannya cara menanam kacang panjang, berikut beberapa langkah cara menanam pare serta perawatannya yng baik serta benar.
Memilih Bibit Pare
buah pare, menanam pare, manfaat pare
Bibit pare diambil dari buah pare yng sudah tua serta menguning di pohonnya, pemilihan bibit sebaiknya memperhatikan silsilah induknya. Ambil biji pare dari buah yng sehat, bentuknya tidak jelek alias bagus. Sesudah dipetik, buka kulit pare yang telah di sebutkan serta ambil bijinya. Jemur biji diterik matahari selama 1hari serta angkat, lantas letakkan pada wadah serta tempatkan di area yng teduh.
Andai kamu tak mau repot, bibit pare bisa dibeli di kios-kios pertanian. Lihat tanggal kadaluarsanya, pilih bibit yng mempunyai tanggal kadaluarsa masih lama. Serta pastikan kemasan bibit masih utuh serta tak ada bolong-bolong sekecil apapun. Lantaran dikhawatirkan ada semut ataupun kutu yng memakan biji pare yng ada dalam kemasan.
Menyiapkan Lahan Tanam Pare
Sepertihalnya cara menanam lobak putih, lahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bercocok tanam pare pun Perlu diolah berlebi dahulu yang dengannya cara menggemburkan mempergunakan traktor maupun cangkul. Sesudah itu, bentuk lahan tanam pare menjadi tegalan-tegalan.
Gali serta gemburkan tanah mempergunakan cangkul serta taburi yang dengannya pupuk sangkar lantas diaduk-aduk. Bentuk tegalan yang dengannya ukuran lebar 80cm serta ketebalan sekitar 20-30cm yang dengannya panjang disesuaikan yang dengannya area yng ada. Buatlah tegalan yng percis yang dengannya jarak 30cm dari tegalan pertama, begitu selanjutnya.
Biarkan lahan tanam selama 1 minggu sebelum ditanami agar pupuk sangkar sudah tercampur sempurna serta unsur hara telah stabil sesudah digali.
pare, manfaat pare bagi kesehatan
Menanam Biji Pare
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam biji pare bisa di lakukan secara langsung tanpa penyemaian berlebi dahulu, genakan kayu yng diruncingkan satu dari sekian banyaknya ujungnya (tugal), buatlah lubang yang dengannya menghujamkan tugal ke tanah tegalan. Jarak Tanam merupakan 50cm x 50cm.
Cara menanam biji pare di lakukan yang dengannya menaburkan biji pare sebanyk 2 biji setiap lubangnya serta lantas tutup lubang yang dengannya menginjak tanah yng ada disebelahnya secara perlahan hingga lubang benar-benar tertutup. Lakukan hal yng percis hingga seluruh lubang terisi biji kacang panjang.
Biji pare akan mengeluarkan tunas sekitar 6-7 hari dari penanaman, lakukan penyiraman secara terencana pada pagi serta sore hari. Andai kondisi hujan, penyiraman cukup di lakukan sesuai kebutuhan saja.
pare, manfaat pare bagi kesehatan
Merawat Tanaman Pare
Cara merawat tanaman pare bisa di lakukan yang dengannya membersihkan rumput-rumput yng tumbuh di area penanaman, serta buatlah tiang anjir menjdai rambatan pohon pare andai telah mulai menjulur.
Andai tanaman pare diserang kutu daun ataupun hama lain-lainnya maka lakukan penyemprotan yang dengannya mempergunakan insektisida secukupnya sesuai takaran yng dianjurkan (baca peraturan pakai pada kemasan).Andai kamu tak ingin mempergunakan bahan kimia, belilah obat semprot organik yng dijual di kios-kios pertanian.
pare, sayuran pare, manfaat pare bagi kesehatan
Pemanenan Buah Pare
Tanaman sayuran semisal pare akan membuahkan hasil pada umur 3-4 bulan dari penanaman. Panen sebaiknya di lakukan pada pagi hari bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh buah pare yng segar.
Itulah beberapa langkah cara menanam pare yng benar serta cara perawatannya agar menghasilkan buah pare yng tidak sedikit serta segar secara organik. Selain tidak sedikit berguna bagi kebugaran atau kesehatan, pare Amat enak dibuat menjdai sayuran lebih-lebih andai ditumis. Andai kamu tak mempunyai lahan yng luas bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam pare di kebun, maka lakukan penanaman pare di pot ataupun polybag. Cara menanam pare di dalam pot ataupun polybag pun tak begitu sulit, cara ini bisa menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan sayuran di rumah kamu.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Budidaya Pare, Baca ini Sebelum Menanamnya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Budidaya Pare, Baca ini Sebelum Menanamnya