Sejuta Manfaat Makanan Pembuka Saat Berbuka Puasa – KURMA

- Februari 24, 2017

Sejuta Manfaat Makanan Pembuka Saat Berbuka Puasa – KURMA

 
. .

Buah Kurma bukan lagi makanan yng asing bagi warga Indonesia. Kurma menjadi satu dari sekian banyaknya oleh-oleh favorite yng pasti dibawa Jemaah haji pulang ke tanah air. Selain itu, kurma pun telah pasti jadi makanan favorit khas Ramadhan.
Buah dari pohon yng diyakini berkembang pertama di teluk Persia itu, selalu menjadi makanan pembuka di era berbuka puasa sesuai yang dengannya kebiasaan yng di lakukan Nabi Muhammad SAW.
Kurma sudah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Pohon kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia serta sudah dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir, mungkin pada awal 4000 SM.
Bangsa Mesir kuno mempergunakan buahnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibuat menjadi anggur kurma serta memakannya pada era panen. Ada bukti arkeologi budidaya kurma di bagian Arab timur pada tahun 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).
Pada zaman selanjutnya, orang Arab menyebar luaskan kurma di sekitar selatan serta barat daya Asia, bagian utara Afrika, Spanyol serta Italia. Kurma diperkenalkan di Mexico serta California, disekitar Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pada tahun 1765.
Sampai-sampai era ini Kurma masih menjadi tanaman tradisional yng penting di Turki, Iraq, Arab, Afrika Utara hingga ke Maroko.
Di negara-negara Islam, kurma serta yogurt ataupun susu merupakan makanan tradisional yng utama bagi atau bisa juga dikatakan untuk berbuka puasa pada era bulan Ramadan. Kurma (lebih-lebih Medjool serta Deglet Noor) pun dibudidayakan di Amerika Serikat pada bagian selatan California, Arizona serta bagian selatan Florida.
Pohon kurma bisa berbuah sesudah ditanam selama 4 hingga 7 tahun serta mampu dipanen disaat sudah berusia 7 hingga 10 tahun. Pohon kurma yng sudah dewasa mampu menghasilkan 80-120 kg, buah kurma pada setiap musim panennya.
Agar memperoleh buah yng mempunyai kualitas bagi atau bisa juga dikatakan untuk mampu dipasarkan, tandan kurma Perlu ditipiskan serta dibungkus ataupun ditutup sebelum matang agar bisa buahnya mampu tumbuh menjadi lebih besar serta terlindungi dari cuaca serta hama, semisal burung.
Bicara wacana manfaat sebenarnya ramai sekali manfaat dari Kurma. Kurma memiliki kandungan gula yng cukup tinggi serta biasanya berasal dari jenis glukosa serta fruktosa. Namun varietas Deglet Noor yng tumbuh di California memiliki kandungan sukrosa (gula pasir).
Jenis gula yng terdapat pada kurma merupakan hasil pengolahan secara alami serta tak rawan bagi kebugaran atau kesehatan. Kandungan gula yng tinggi menjadikan buah ini adalah sumber energi instan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengembalikan energi yng hilang pada era berpuasa serta menormalkan kadar gula darah.
Itulah sebabnya kenapa kurma dianggap menjdai buah yng ideal bagi atau bisa juga dikatakan untuk hidangan berbuka ataupun sahur. Segelas air yng memiliki kandungan glukosa, pendapat dari Dr David Conning, Direktur Jenderal British Nutrition Foundation, akan diserap tubuh dalam 20-30 menit.
Selain itu, Kurma pun adalah sumber serat pangan yng baik. The American Cancer Society menyarankan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengonsumsi 20-30 gram per hari. Serat pangan terdiri dari dua jenis yakni serat pangan larut serta serat pangan tidak larut. Serat pangan tidak larut berfungsi menaikan volume feses menjadikan menurunkan waktu transit di usus serta lebih gampang dikeluarkan.
Penurunan waktu transit feses akan menurunkan waktu kontak sel-sel mukosa usus besar yang dengannya zat-zat karsinogen dari feses. Serat pangan larut bisa membantu mengontrol diabetes yang dengannya menurunkan peningkatan kadar gula darah.
Selain itu serat pangan larut pun berperan menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah. Kurma, pun memiliki kandungan mineral-mineral yng berguna bagi kebugaran atau kesehatan tubuh semisal menetralisir fungsi mineral secara umum yakni membuat denyut jantung semakin teratur, mengaktifkan kontraksi otot dan berperan dalam tekanan darah.
Kurma kaya akan kalium dan rendah sodium. Kalium berperan dalam memelihara kontraksi otot salah satunya pun otot jantung, dan berperan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memelihara system syaraf serta menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh.
Lantaran kalium tak disimpan dalan tubuh serta tidak sedikit hilang melalui keringat, menjadikan butuh disuplai dari makanan, sedangkan Kalium membantu menurunkan tekanan darah.
Pendapat dari Dr. Louis Tobian,Jr, pakar penyakit darah tinggi dari Minnesota University AS, kurma mampu membantu menurunkan tekanan darah, dan mampu memberikan kekuatan tambahan dalam mencegah stroke secara langsung, bagaimanapun kondisi tekanan darah seseorang.
Vitamin yng terkandung dalam buah kurma pun Amat tidak sedikit semisal lain vitamin A, tiamin (Vit B1), riboflavin (Vit B2), niasin (Vit B3), serta asam pantotenat (Vit B5) dalam jumlah yng mampu diandalkan. Selain itu terdapat pun kandungan vitamin C serta vitamin E.
Vitamin A berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk memelihara fungsi mata serta mencegah kekeringan serta penyakit mata. Vitamin B berfungsi menenangkan system syaraf serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk relaksasi jantung dan membuat pikiran menjadi lebih riang. Buah yng mempunyai aneka macam jenis didasari kondisi alam tempat tumbuhnya ini, pun memiliki kandungan salisilat alami dalam dosis rendah.
Salisilat dikenal menjdai bahan baku aspirin, obat pengurang ataupun penghilang rasa sakit serta demam. Didasari hal yang telah di sebutkan para pakar mengharapkan dosis rendah salilisat dalam kurma secara kontinyu mampu pun meredakan sakit kepala.
Selain itu kurma memiliki kandungan semacam hormon yng disebut potuchsin yng mampu menciutkan pembuluh darah dalam rahim, menjadikan yang dengannya demikian mampu mencegah terjadinya pendarahan rahim. Kurma pun memiliki kandungan sejumlah senyawa fenol serta karoten yng berfungsi menjdai antioksidan. (Wikipedia/NA/Yus).
Sumber : http://www.rri.co.id/post/informasi/88217/arus_mudik_dan_balik/kurma_cerita_buah_kecil_dengan_sejuta_manfaat.html Sponsored Links loading... Loading... .

Source Articles & Image : petanitop.blogspot.com

Seputar Sejuta Manfaat Makanan Pembuka Saat Berbuka Puasa – KURMA

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Sejuta Manfaat Makanan Pembuka Saat Berbuka Puasa – KURMA