Menanam Pohon Jeruk Manis – Baca Agar Tidak Salah

- Februari 08, 2017

Menanam Pohon Jeruk Manis – Baca Agar Tidak Salah

 

Cara Menanam Jeruk Manis - Jeruk manis Suka disebut pun yang dengannya Jeruk peras, pohon yng berkembang yang dengannya baik di daerah tropis serta sub tropis ini menghasilkan buah yng segar yang dengannya daging buahnya memiliki kandungan tidak sedikit cairan. Buah jeruk adalah satu dari sekian banyaknya jenis buah yng tidak sedikit digemari masyarakat lantaran rasanya yng segar, selain itu pun kandungan vitamin C pada buah jeruk bisa berguna bagi daya tahan tubuh. Beberapa manfaat buah jeruk manis bagi kebugaran atau kesehatan diantaranya: Menurunkan risiko stroke, menstabilkan tekanan darah, mencegah kanker, melindungi kebugaran atau kesehatan ginjal serta kebugaran atau kesehatan mata.
jeruk manis, budidaya jeruk, cara menanam jeruk
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidayakan pohon jeruk manis bisa di lakukan melalui biji (generatif) serta melalui cangkok ataupun okulasi (vegetatif). Berikut langkah-langkah menanam jeruk manis:
Menyiapkan Bibit Jeruk Manis
Andai kamu ingin mempersiapkan bibit jeruk secara generatif (biji) maka kamu Perlu mencari induk pohon jeruk yng kualitas buahnya sudah terbukti baik. Kamu mampu mendapatkan dari pertani jeruk ataupun membeli bibit dari kios pertanian. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam biji jeruk kamu Perlu menjemurnya berlebi dahulu sekitar 3 jam di terik matahari. Lantas angkat serta letakkan di tempat yng teduh. Sebelum melakukan penyemaian sebaiknya biji jeruk direndam air Anget berlebi dahulu, angkat serta letakkan di kertas tisu selama 1 malam.
Siapkan media semai berupa tanah yng digemburkan serta dibentuk tegalan, campurkan pupuk sangkar selama proses penggemburan. letakkan biji jeruk di lahan semai serta lapisi yang dengannya tanah pada bagian atasnya. Sesudah bibit mencapai tinggi 10cm - 15cm, pindahkan bibit ke polybag yng diisi yang dengannya campuran tanah serta pupuk sangkar. Jumlah polybag disesuaikan yang dengannya banyaknya biji jeruk yng disemai. Letakkan polybag-polybag semaian di area yng teduh akan tetapi tetap mendapatkan sinar matahari. Biarkan hingga bibit jeruk siap ditanam ke lahan tanam permanen (tinggi bibit sekitar 80cm).
Andai kamu menginginkan tanaman jeruk yng cepat berbuah, maka metode vegetatif akan Amat cocok. Semisal layaknya cara menanam srikaya yang dengannya cangkok, menanam jeruk secara cangkok akan memberikan manfaat yakni sifat asli induk pohonnya akan percis yang dengannya hasil cangkokan. Lakukan pencangkokan pada tangkai jeruk yng tak terlalu muda serta tak terlalu muda, lapisi yang dengannya tanah serta tutup yang dengannya sabut kelapa ataupun pelastik. Biarkan hingga cangkokan mengeluarkan akar.
Andai tak ingin repot, bibit jeruk manis bisa diperoleh di kios-kios yng menjual bibit buah serta bunga. Carilah pohon jeruk yng tak terlalu tidak sedikit cabang serta diameter batangnya sekitar 1,5cm. Jangan memilih bibit jeruk yng batangnya berjamur ataupun terdapat ulat daun.
Menyiapkan Lahan Tanam
Buatlah lubang tanam yang dengannya ukuran 40cm x 40cm serta kedalaman 40cm, isi yang dengannya pupuk sangkar sekitar 1/2 bagian terisi. Biarkan lubang tanam selama 2 minggu sebelum ditanami, campurkan kapur dolomite agar menetralkan tanah andai diharapkan. Buatlah lubang yng percis yang dengannya jarak 3 meter antar lubang.
Menanam Bibit Jeruk Manis
Sesudah bibit jeruk manis telah siap tanam, maka pindahkanlah ke lubang tanam yng disiapkan. Robek polybag secara perlahan serta masukkan bibit ke lubang, lantas lakukan penutupan mempergunakan campuran tanah serta pupuk sangkar.
Merawat pohon Jeruk manis
Perawatan yng bisa di lakukan merupakan melakukan penyulaman pada bibit jeruk yng tak tumbuh, serta melakukan penyiraman yng rutin pada awal penanaman. Akan tetapi andai musim hujan, penyiraman bisa dilewatkan.
Pemangkasan pohon jeruk pun diharapkan agar tak terlalu tidak sedikit cabang, serta merangsang agar pohon jeruk bisa cepat berbuah. Lakukan pemupukan ulang sesudah penanaman memasuki 6 bulan, serta selanjutnya lakukan setiap 6 bulan sekali yang dengannya mempergunakan pupuk sangkar.
Memanen Buah Jeruk
Pohon jeruk akan berbunga pada umur sekitar 3 tahun, serta buah jeruk bisa dipanen sekitar 8 bulan sesudah pohon jeruk berbunga. Cara pemanenan bisa di lakukan yang dengannya memotong tangkai buahnya yang dengannya mempergunakan pisau ataupun gunting buah.
Itulah beberapa langkah cara menanam pohon jeruk manis, selain mempunyai rasa yng segar, buah jeruk pun Amat berharga ekonomis. Menjadikan Amat cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibudidayakan di perkebunan kamu. Pohon jeruk manis selain ditanam di perkebunan pun tidak sedikit dibudidayakan menjdai tanaman buah dalam pot (tabulampot).

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Menanam Pohon Jeruk Manis – Baca Agar Tidak Salah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Menanam Pohon Jeruk Manis – Baca Agar Tidak Salah