MANFAAT LENGKAP DARI SRIKAYA (Buah, daun, biji, kulit, kayu dan akar)

- Februari 01, 2017

MANFAAT LENGKAP DARI SRIKAYA (Buah, daun, biji, kulit, kayu dan akar)

 
. .

MANFAAT LENGKAP DARI SRIKAYA (Buah, daun, biji, kulit, kayu serta akar)


buah-srikaya-aurtralia-dengan-berat-hampir-1-kg
Gambar : Buah srikaya yng ditaman yang dengannya system tabulapot.
Serta rasanya memanglah benar-benar manis sekali yang dengannya aroma wangi khas srikaya. Saya makan berlima saja telah lumayan mengenyangkan perut. Sesudah maspary selesai menyantap srikaya yng manis yang telah di sebutkan maspary jadi penasaran sebetulnya apa saja manfaat dari srikaya ini. Oleh lantaran itu maspary berupaya mengupas beberapa manfaat srikaya yang telah di sebutkan baik itu buah, daun, biji, kulit, kayu serta akarnya. Srikaya (Annona squamosa L.) adalah tanaman buah yng mempunyai tidak sedikit sebutan di aneka macam daerah di Indonesia. Ada yng menyebutnya delima bintang, serba bintang, sarikaya, seraikaya, serkaya, surikaya, srikawis, sarkaja, serakaja, sirikaja, garoso, ata, atis soe walanda, sirikaya, sirikaja, serta hirikaya. Kalau di tempat ada buah srikaya ini disebut apa?
Dari bentuk buah serta daunnya, sekilas srikaya ini mirip yang dengannya buah sirsak. Begitu pun khasiatnya, andai daun sirsak memiliki kegunaan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengobatan tradisional, maka daun serta buah srikaya pun begitu. Malah hampir seluruh bagian tanaman srikaya ini berguna menjdai obat.
Kandungan Gizi Buah Srikaya Buah srikaya memiliki kandungan energi sebesar 101 kilokalori, protein 1,7 gram, karbohidrat 25,2 gram, lemak 0,6 gram, kalsium 27 miligram, fosfor 20 miligram, serta zat besi 1 miligram. Selain itu di dalam Buah Srikaya pun terkandung vitamin A sebanyk 0 IU, vitamin B1 0,08 miligram serta vitamin C 22 miligram. Hasil yang telah di sebutkan didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Buah Serikaya, yang dengannya jumlah yng bisa dimakan sebanyk 58 %.
Lebih rinci kandungan buah srikaya :
Nama Bahan Makanan : Buah Srikaya Versi DKBM P3G '90
  • Banyaknya Buah Srikaya yng diteliti (Food Weight) = 100 gr
  • Bagian Buah Srikaya yng bisa dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 48 %
  • Jumlah Kandungan Energi Buah Srikaya = 63 kkal
  • Jumlah Kandungan Protein Buah Srikaya = 1,1 gr
  • Jumlah Kandungan Lemak Buah Srikaya = 0,5 gr
  • Jumlah Kandungan Karbohidrat Buah Srikaya = 13,9 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium Buah Srikaya = 127 mg
  • Jumlah Kandungan Fosfor Buah Srikaya = 30 mg
  • Jumlah Kandungan Zat Besi Buah Srikaya = 2,7 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Buah Srikaya = 0 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Buah Srikaya = 0,08 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin C Buah Srikaya = 28,3 mg

Manfaat Buah Srikaya
Adapun manfaat buah srikaya antara lain :
  1. Kandungan vitamin B6 dalam buah srikaya bisa mencegah terjadinya penumpukan hemosistein, kandunfan ini dia yng bisa memicu terjadinya penyakit jantung.
  2. Satu dari sekian banyaknya peran penting dari riboflavin dalam tubuh merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memastikan bahwasanya tubuh mempunyai seluruh vitamin B lain-lainnya yng diharapkan. Vitamin B merupakan kelompok vitamin yng larut dalam air dan Amat penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan, perkembangan serta fungsitubuh penting lain-lainnya.
  3. Selain kaya akan vitamin B serta vitamin C, buah srikaya kaya akan kandungan niasin menjadikan manfaat buah srikaya pun bisa menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.
  4. Buah srikaya pun memiliki kandungan tinggi serat,untuk itu buah srikaya baik dikonsumsi bagi penderita konstipasi lantaran buah yng kaya akan serat akan memperlancar saluran pencernaan. Selain itu serat pun bisa memperlambat laju penyerapan gula darah menjadikan bisa mencegah diabetes.
  5. Asam folat adalah kandungam nutrisi yng Amat berguna bagi pertumbuhan otak bayi, untuk itu bagi ibu hamil Amat dianjurkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengkonsumsi asam folat bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebutuhan otak janin. Satu dari sekian banyaknya buah yng mempunyai kandungan asam folat merupakan buah srikaya, maka dari iti bagi ibu hamil bisa mengkonsumsi buah berbiji ini.

Manfaat Biji Srikaya

Bijinya pun mampu dimanfaatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi pencernaan lemah, cacingan, serta mematikan kutu kepala serta serangga. Buah sirsak yng masih muda dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati diare, disentri akut, serta gangguan pencernaan (atonik dispepsia).
Yang akan di sajikan kali ini semisal pemakaiannya:
Membasmi kutu anjing
Mandikan anjing yng berkutu yang dengannya air rebusan daun ataupun biji srikaya.
Tatacaranya, tumbuk halus daun ataupun biji srikaya, tambahkan air secukupnya, lalu saring airnya serta genakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memandikan anjing.
Mematikan kutu kepala
Cuci biji srikaya (10 butir) serta daun srikaya segar (1 genggam), lalu giling hingga halus. Tambahkan tidak banyak minyak kelapa, lalu aduk merata. Turapkan pada kulit kepala, lalu bungkus yang dengannya kain. Sesudah tiga jam, buka serta cuci hingga bersih. Jangan hingga bilasan air masuk ke mata lantaran bisa memicu iritasi serta meradang.
Mematangkan bisul
Ambil isi buah yng telah masak, lalu giling halus. Tambahkan tidak banyak garam sambil diaduk merata, turapkan pada bisul, lalu balut yang dengannya kain kasa.
Manfaat Akar serta Kulit Kayu

Akarnya dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati sembelit, disentri akut, depresi mental, serta nyeri tulang punggung. Kulit kayu dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi diare, disentri, serta luka berdarah. Semisal Pemakaian:
Diare
Cuci kulit batang srikaya (6--10 g), potong kecil- kecil, lalu tambahkan gula merah secukupnya. Rebus yang dengannya empat gelas air hingga tersisa separuhnya. Sesudah dingin, saring serta minum dua kali sehari, masing-masing satu gelas.
Catatan
  • Ibu hamil dilarang minum rebusan biji buah srikaya.
  • Hati-hati andai minum rebusan biji, kulit kayu, serta akar srikaya lantaran memiliki kandungan racun.
  • Cuma dipakai dibawah pengawasan herbalis berpengalaman.

Manfaat Daun Srikaya

Berikut merupakan beberapa manfaat daun srikaya yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebugaran atau kesehatan tubuh kita :
  1. Menjdai obat antiradang.
  2. Mengobati penyakit batuk ringan.
  3. Menyembuhkan demam.
  4. Meredakan nyeri reumatik.
  5. Membantu menurunkan kadar asam urat.
  6. Mengobati diare.
  7. Mengobati disentri.
  8. Membantu melancarkan pencernaan.
  9. Menyembuhkan flu.
Ada beberapa sumber yng mengatakan cara meramu daun srikaya merupakan menjdai berikut :
Daunnya dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi batuk, demam, reumatik, menurunkan kadar asam urat darah yng tinggi, diare, disentri, rectal prolaps pada anak-anak, cacingan, kutu kepala, pemakaian luar bagi atau bisa juga dikatakan untuk borok, luka, bisul, skabies, kudis, serta ekzema. Semisal pemakaian:
Borok serta bisul
Cuci daun segar secukupnya, lalu giling hingga halus. Tambahkan tidak banyak garam, lalu genakan ramuan ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk menurap borok ataupun bisul serta balut. Dalam sehari, rubah 2--3 kali.
Tiba-tiba pingsan, menenangkan penderita histeris
Cuci daun segar secukupnya, lalu tumbuk hingga halus. Dekatkan gilingan daun tadi pada hidung penderita agar baunya terhisap oleh penderita.
Cacingan pada anak
Cuci daun srikaya segar (15 lembar), lalu rebus yang dengannya lima gelas air hingga tersisa tiga gelas. Sesudah dingin, saring serta minum tiga kali sehari, masing-masing satu gelas.
Gangguan pencernaan
Cuci daun srikaya segar secukupnya, giling hingga halus, lalu tambahkan minyak kelapa secukupnya. Tempelkan pada perut.
Kudis
Cuci daun srikaya segar (15 lembar), lalu giling hingga halus. Remas yang dengannya air kapur sirih sebanyk satu sendok teh serta genakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggosok kulit yng kudis. Lakukan sehari dua kali.
Demikian sekilas manfaat dari buah, daun, biji, kulit, kayu serta akar srikaya mudah-mudahan mampu berguna bagi pembaca seluruh. Sponsored Links loading... Loading... .

Source Articles & Image : petanitop.blogspot.com

Seputar MANFAAT LENGKAP DARI SRIKAYA (Buah, daun, biji, kulit, kayu dan akar)

Advertisement
 

Cari Artikel Selain MANFAAT LENGKAP DARI SRIKAYA (Buah, daun, biji, kulit, kayu dan akar)