Baca Ini Agar Pohon Petai Anda Cepat Berbuah

- Januari 03, 2017

Baca Ini Agar Pohon Petai Anda Cepat Berbuah

 

Cara Menanam Petai Agar Cepat Berbuah - Petai (Parkia speciosa) ataupun Pete merupakan satu dari sekian banyaknya jenis tanaman yng buahnya berbau khas, tanaman ini semisal tanaman melanding (lamtoro) akan tetapi ukurannya lebih besar. Buah pete mempunyai aroma khas agak semisal aroma cengkol, buah petai dikonsumsi segar maupun dijadikan bahan campuran sejumlah menu semisal sambal serta sayur. Pohon Petai berbuah musiman, setahun cuma kan ada 1 kali muism petai.
petai, buah petai, menanam petai
Buah Petai akan berwarna hijau era masih muda, akan tetapi era telah tua buah petai akan berganti menjadi warna orange serta kulit buahnya kan berganti menjadi kehitaman. dari beberapa tulisan atau artikel online yng dibaca, buah petai mempunyai manfaat baik bagi kebugaran atau kesehatan tubuh. Beberapa manfaat petai bagi kebugaran atau kesehatan diantaranya: Mencegah sembelit, membantu memperlancar pencernaan, mencegah stress, serta mengurangi mungkin asam lambung. Akan tetapi buah petai tak dianjurkan bagi orang yng mempunyai histori penyakit asam urat.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidayakan tanaman petai agar cepat berbuah bisa di lakukan yang dengannya beberapa langkah berikut:
Menyiapkan Bibit Petai
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam petai bisa di lakukan yang dengannya mempergunakan biji (generatif) serta pun bisa di lakukan yang dengannya okulasi (vegetatif). Andai kamu menginginkan pohon petai yng cepat berbuah, maka pembibitan sebaiknya di lakukan yang dengannya cara okulasi.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat bibit petai yang dengannya cara okulasi, bisa di lakukan yang dengannya cara yng percis semisal menanam pohon buah srikaya serta cara menanam durian. Okulasi bisa di lakukan yang dengannya beberapa langkah berikut:
  1. Menyiapkan batang bawah dari hasil semaian biji, ataupun dari biji petai yng tumbuh liar.
  2. Masukkan bibit semaian biji petai ke dalam polybag besar.
  3. Carilah tunas dari satu dari sekian banyaknya pohon petai yng telah berbuah.
  4. Sayat kulit batang pohon petai hasil semaian yang dengannya ukuran tertentu.
  5. Sayat pun kulit tunas dari pohon yng telah berbuah yang dengannya ukuran percis.
  6. Tempelkan sayatan tunas dari pohon yng telah berbuah ke pohon petai hasil semaian yng dipakai menjdai pohon bawah.
  7. Ikatlah yang dengannya mempergunakan tali agar kedua sayatan bisa menyatu.
okulasi, okulasi petai, menanam petai
Pic/usahacampurcampur/okulasi
Selain yang dengannya metode okulasi semisal gambar di atas, cara lain yng bisa di lakukan merupakan yang dengannya cara sambung pucuk. Akan tetapi, andai kamu tak ingin repot maka bibit pohon petai bisa diperoleh di pedagang bibit tanaman di sekitar tempat tinggal kamu.
Membuat Lubang Tanam
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam pohon pete, maka butuh dibuatkan lubang tanam berlebi dahulu sembari menunggu bibit siap ditanam. Buatlah lubang tanam yang dengannya ukuran 40cm x 40cm yang dengannya kedalaman 40cm. Isi lubang tanam yang dengannya mempergunakan pupuk sangkar hingga 2/3 bagian terisi. Biarkan lubang tanam selama 1 bulan agar pupuk sangkar benar-benar meresap serta menambah unsur hara dalam tanah. Andai kamu ingin menanam petai dalam jumlah yng tidak sedikit, maka buatlah lubang yang dengannya ukuran yng percis pada jarak 5-6 meter dari lubang sebelumnya.
Menanam Bibit Petai
Sesudah bibit petai telah menghasilkan tunas serta telah mulai tumbuh yang dengannya baik, maka langkah selanjutnya merupakan mengalihkan bibit ke lahan tanam permanen yng sudah disiapkan. Buka polybag semaian yang dengannya cara merobek secara perlahan, lantas masukkan bibit ke dalam lubang tanam yng sudah disiapkan.
Tutup kembali lubang yang dengannya mempergunakan sisa tanah, lantas padatkan. Lakukan hal yng percis hingga seluruh lubang tertanami. Lakukan penyiraman beberapa saat sesudah penanaman selesai di lakukan, akan tetapi andai musim penghujan kamu tak butuh melakukan penyiraman. Oleh lantaran itu, sebaiknya penanaman di lakukan pada awal musim penghujan.
Merawat Pohon Petai
Pohon petai adalah tanaman yng tak memerlukan perawatan khusus, perawatan yng Perlu kamu lakukan hanyalah memastikan rumput ataupun gulma tak tumbuh serta menutupi tanaman menjadikan menghambat pertumbuhan. Andai kamu ingin melakukan pemupukan ulang, maka lakukan pada umur tanaman sekitar 6 bulan sesudah penanaman.
Itulah beberapa langkah cara menanam petai yang dengannya okulasi menjadikan menghasilkan pohon petai yng cepat berbuah. Tanaman petai hasil okulasi akan berbuah pada umur sekitar 5 tahun dari penanaman, akan tetapi andai kamu beruntung maka pohon pete hasil okulasi akan berbuah pada umur 4 tahun.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Baca Ini Agar Pohon Petai Anda Cepat Berbuah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Baca Ini Agar Pohon Petai Anda Cepat Berbuah