Ingin Budidaya Sawi ? Baca dulu ini

- Februari 07, 2017

Ingin Budidaya Sawi ? Baca dulu ini

 

Cara Menanam Sawi di Polybag - Sawi merupakan satu dari sekian banyaknya jenis tanaman sayuran yng dimanfaatkan daun maupun bunganya. Tanaman sawi memliki dua jenis yakni sawi hijau serta sawi putih. Tanaman sawi Suka dimanfaatkan pada pembuatan bakso, mie ayam, serta cap cay. Selain dikonsumsi dalam bentuk makanan matang, umumnya sawi pun dikonsumsi dalam kondisi segar ataupun mentah.
sawi, tanaman sawi, cara menanam sawi, budidaya sawi
Pendapat dari dari beberapa sumber online, tanaman sawi mempunyai tidak sedikit manfaat bagi kebugaran atau kesehatan, diantaranya: Menjdai sumber vitamin C, Mengurangi risiko diabetes, sumber antioksidan, serta mengendalikan kolesterol. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidayakan tanaman sawi di rumah ataupun dikebun bisa di lakukan yang dengannya beberpa langkah berikut:
Menyiapkan benih
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh tanaman sawi yng baik serta subur, maka gunakanlah bibit sawi yng kualitasnya baik pun. Pilihlah biji sawi yng mempunyai ukuran biji seragam, warna biji mengkilap, serta keras andai dipencet. Bibit sawi bisa diperoleh dari kios-kios pertanian ataupun toko online yng menjual bibit tanaman sayur. Sepertihalnya cara menanam kangkung, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam bibit sawi Perlu berlebi dahulu di semai.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyemai biji sawi, maka siapkan media semai yang dengannya cara membuat tegalan ataupun guludan tanah yng digemburkan serta dicampur yang dengannya pupuk sangkar. Andai kamu mempunyai nampan khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyemaian benih akan lebih baik, isi nampan semai yang dengannya campuran tanah serta pupuk sangkar.
Sebelum disemai, sebaiknya rendam biji sawi berlebi dahulu. Pilihlah bibit sawi yng terendam, serta buanglah bibit sawi yng mengapung. Taburkan biji sawi secara merata serta tutup yang dengannya lapisan tanah yng tipis. Lalu siramlah yang dengannya mempergunakan spray. Biarkan semaian hingga biji sawi tumbuh serta mencapai tinggi 10-15cm.
Menyiapkan Lahan Tanam
Andai kamu ingin menanam sawi langsung di tanah, maka lakukan pengolahan tanah berlebi dahulu semisal halnya menanam buncis serta cara budidaya cabe, lahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam sawi Perlu dibuat tegalan yang dengannya berlebi dahulu digemburkan. Gali serta gemburkan tanah mempergunakan cangkul serta taburi yang dengannya pupuk sangkar lantas diaduk-aduk. Bentuk tegalan yang dengannya ukuran lebar 80cm serta ketebalan sekitar 20-30cm yang dengannya panjang disesuaikan yang dengannya area yng ada. Buatlah tegalan yng percis yang dengannya jarak 30cm dari tegalan pertama, begitu selanjutnya. menanam sawi, budidaya sawi Biarkan lahan tanam selama 1-2 minggu sebelum ditanami sembil menunggu bibit sawi yng disemai siap dipindahklan, hal ini bertujuan agar pupuk sangkar sudah tercampur sempurna serta unsur hara telah stabil sesudah digali. Akan tetapi andai kamu menginginkan budidaya sawi di polybag ataupun pot, maka siapkanlah pot ataupun polybag ukuran sedang. Isi polybag yang dengannya campuran tanah serta pupuk sangkar yang dengannya perbandingan 1 :1. Biarkan polybag yng sudah diisi campuran tanah selama 1 minggu sebelum ditanami.
Menanam sawi
Sesudah batang sawi mencapai 10-15cm serta siap dipindahkan (2-3 minggu sesudah penyemaian di lakukan), maka lakukan pemindahan bibit ke lahan tanam permanen. Siram berlebi dahulu media semaian agar bibit sawi gampang era dicabut.
Cabut bibit sawi secara perlahan serta tanamlah ke lahan tanam yng sudah disiapkan. Buatlah lubang tanam yang dengannya mempergunakan jari kamu, lantas tekan pangkal bibit sawi kedalam lubang, lantas padatkan mempergunakan jari kamu. Lakukan hal yng percis hingga seluruh lahan tertanami. Jarak tanam antar lubang sebaiknya sekitar 30cm antar lubang. Lakukan penyiaraman sesudah seluruh lahan tertanami, sebaiknya penanaman di lakukan pada awal musim penghujan agar tak butuh terlalu repot melakukan penyiraman.
Andai kamu menanam di polybag ataupun pot, maka satu polybag maksimum ditanami 2 bibit sawi, lantaran andai kebanykan akan berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman sawi.
Merawat Tanaman Sawi
Perawatan yng bisa di lakukan pada tanaman sawi merupakan yang dengannya melakukan penyulaman pada bibikt sawi yng tak tumbuh, sebaiknya penyulaman di lakukan segera, agar pertumbuhan sawi sulaman tak tertinggal dari sawi yng lain.
Perawatan lain yng bisa di lakukan merupakan melakukan penyiangan, bersihkan rumput yng tumbuh di lahan tanam sawi. Lakukan penyiraman andai kondisi hari tak ada hujan, andai ada hujan maka penyiaraman bisa diabaikan.
Memanen Hasil
Tanaman sawi bisa dipanen pada umur tanam 50-60 hari sesudah penanaman, lakukan pemotongan pada pangkal sawi yang dengannya mempergunakan pisau ataupun cutter. Andai kamu akan menjual hasil panen sawi, maka hasil panen Perlu diikat. Akan tetapi andai hasil panen sawi cuma bagi atau bisa juga dikatakan untuk konsumsi keluarga maka sawi bisa langsung diolah.
Itulah beberapa cara menanam sawi di rumah ataupun di kebun yang dengannya benar, tentunya kamu pun bisa melakukan improvisasi terkait langkah budidaya sawi agar menghasilkan tanaman sawi yng subur. Cara menanam sawi di atas merupakan cara menanam sawi secara organik, andai kamu menginginkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk keperluan usaha maka butuh di lakukan pemupukan ulang pada masa 2-3 minggu sesudah penanaman yang dengannya mempergunakan pupuk kimia.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Ingin Budidaya Sawi ? Baca dulu ini

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Ingin Budidaya Sawi ? Baca dulu ini