Cara Menanam Srikaya Jumbo Ke Dalam Pot

- Februari 07, 2017

Cara Menanam Srikaya Jumbo Ke Dalam Pot

 

Cara Menanam Buah Srikaya dalam Pot - Srikaya (Annona squamosa), merupakan tanaman yng tergolong ke dalam genus Annona yng berasal dari daerah tropis. Buah srikaya berbentuk bulat yang dengannya kulit bermata tidak sedikit (serupa sirsak). Daging buahnya berwarna Putih. Selain menjdai konsumsi buah yng menyehatkan, biji buah Srikaya bisa dipakai menjdai pestisida nabati. Misalnya ekstrak biji Srikaya dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengendalikan serangan hama ulat Spodoptera litura, Plutella xylostella, serta Rayap tanah. Ekstrak biji Srikaya berfungsi menjdai racun perut pada serangga hama yang telah di sebutkan (sumber : Wikipedia)
buah srikaya, cara menanam srikaya dari biji, cara menanam srikaya di pot Beberapa manfaat buah srikaya bagi kebugaran atau kesehatan merupakan menjdai berikut:
  1. Menurunkan kolesterol
  2. Memperlancar pencernaan
  3. Mencegah asma
  4. Menurunkan hipertensi
  5. Mencegah penyakit jantung serta stroke

Semisal halnya cara menanam sirsak serta cara menanam mangga, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan tanaman buah srikaya yng cepat berbuah, maka budidaya yng di lakukan merupakan yang dengannya vegetatif yakni yang dengannya okulasi ataupun cangkok. Berikut beberapa langkah menanam pohon buah srikaya dalam pot agar cepat berbuah.
Menyiapkan Bibit
Andai kamu menginginkan bibit dari hasil cangkokan maka kamu Perlu melakukan pencangkokan pada pohon srikaya yng sudah menghasilkan buah, lakukan pencangkokan yang dengannya cara yng benar agar cangkokan yng di lakukan mampu mengeluarkan akar. keuntungan dari bibit hasil cangkokan merupakan sifat dasar induk pohon yng dicangkok akan dimiliki oleh bibit hasil cangkokan, maka pilihlah pohon srikaya yng benar-benar sesuai kriteria yng kamu inginkan.

cara menanam buah dalam pot, cara menanam srikaya, cara mencangkok
Pic/Cangkok (by: warasfarm)
Akan tetapi andai memilih bagi atau bisa juga dikatakan untuk yang dengannya system okulasi ataupun sambung pucuk, maka kamu Perlu menyiapkan pohon srikaya dari biji bagi atau bisa juga dikatakan untuk batang bawah, serta mencari jenis srikaya lain yng telah berbuah menjdai penyambungnya.

cara okulasi, okulasi, cara menanam srikaya
Pic/Okulasi (by:permathic)
Andaikan kamu menginginkan cara yng lebih praktis, maka belilah bibit dari kios-kios pedagang bibit tanaman hasil cangkokan. Bibit hasil beli sebaiknya jangan dtanam langsung, diamkan bibit berlebi dahulu selama 1-2 minggu agar bibit bisa menyesuaikan yang dengannya lingkungan baru yng akan menjadi area tanamnya.
Menyiapkan Pot
Pot yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam tanaman buah dalam pot sebaiknya ukurannya besar ataupun mampu mempergunakan potongan drum bekas yng dipotong menjadi dua bagian. Sesudah pot telah siap, maka langkah selanjutnya merupakan mengisi pot yang dengannya campuran Tanah serta pupuk sangkar yang dengannya perbandingan 2 : 1 (2 bagi atau bisa juga dikatakan untuk Tanah : 1 bagi atau bisa juga dikatakan untuk pupuk sangkar). jangan diisi hingga penuh, cukup sisakan sekitar 20cm dari bagian atas pot. Biarkan pot yng sudah diisi Tanah serta pupuk sangkar selama 1 minggu sebelum ditanami.
Menanam Bibit Srikaya
Bibit yng sudah disiapkan bisa ditanam ke pot yng sudah diisi Tanah serta pupuk. Buatlah lubang di bagian tengah Tanah isian, buka pelastik polybag yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyemai (cangkok ataupun okulasi). Usahakan jangan hingga Tanah yng ada di bibit hancur, lantaran Tanah yang telah di sebutkan berfungsi menjdai bahan makanan awal hingga akar tanaman srikaya mulai menjulur serta menyesuaikan diri. Sesudah bibit dimasukkan ke lubang tanam, tutup lubang yang dengannya mempergunakan Tanah serta tidak banyak padatkan. Lakukan penyiaraman sesudah penanaman di lakukan.
Bibit srikaya pun mampu langsung ditanam di tanah secara langsung semisal halaman rumah ataupun kebun yang dengannya membuat lubang tanam berukuran 50cm x 50cm yang dengannya kedalaman 40cm - 60cm yng diisi yang dengannya pupuk sangkar pun.
Merawat Tanaman
Perawatan pada tanaman srikaya tak begitu tidak sedikit, cukup melakukan pemupukan secara bersiklus 2 bulan sekali. Perawatan lain-lainnya merupakan pemangkasan, pengurangan cabang serta pemangkasan agar tanaman tak terlalu tinggi. Selain itu pun pemangkasan bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercepat tanaman berbuah.
Memanen Buah Srikaya
Pohon Srikaya yng ditanam dari biji umumnya akan menghasilkan buah pada umur tanaman sekitar 3 tahun, akan tetapi andai dari hasil cangkokan ataupun okulasi serta perawatan yng baik akan menghasilkan buah sekitar umur 1,5 tahun.
Buah yng matang akan lebih lunak era dipencet, serta mengeluarkan bau yng harum. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari dari serangan kelelawar ataupun hewan pemakan buah lain-lainnya sebaiknya genakan jaring ataupun sungkup era buah mendekati matang.
Itulah beberapa langkah bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam srikaya yang dengannya benar dalam pot, apapun cara yng yng kamu pilih baik menanam srikaya dari biji maupun menanam srikaya dari cangkok batang akan menghasilkan buah andai perawatan yng di lakukan pun benar. Akan tetapi andai kamu menginginkan cara menanam srikaya agar cepat berbuah maka kamu Perlu mempergunakan bibit dari hasil cangkokan ataupun okulasi. Buah srikaya mempunyai rasa yng manis semisal sirsak, serta kaya akan manfaat bagi kebugaran atau kesehatan.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Cara Menanam Srikaya Jumbo Ke Dalam Pot

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Menanam Srikaya Jumbo Ke Dalam Pot