Budidaya Kopi Robusta, Perhatikan Cara Ini

- Februari 01, 2017

Budidaya Kopi Robusta, Perhatikan Cara Ini

 

Cara Menanam Kopi Robusta Yng Benar - Kopi robusta adalah satu dari sekian banyaknya jenis pohon kopi yng tidak sedikit dibudidayakan di Indonesia selain Kopi Arabika, kopi jenis ini pun mempunyai tidak sedikit peminatnya. Teknik budidaya Pohon Kopi robusta tidaklah jauh beda yang dengannya cara menanam kopi arabika, kedua jenis kopi ini mempunyai karakteristik yng hampir percis. Keduanya sama-sama menyukai jenis tanah yng subur yang dengannya warna tanah pucuk yng relatif kuning ataupun merah. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk nilai jual Kopi Robusta mempunyai nilai jual yng tidak banyak lebih rendah dibanding kopi arabika.
Cara menanam pohon kopi robusta, teknik budidaya kopi robusta yang benar, tips lengkap menanam kopi, Tanaman Perkebunan, perbedaan kopi arabika dan robusta, bercocok tanam pohon kopi, Kopi Robusta
Cara Budidaya Kopi Robusta - Sepertihalnya kopi arabika, kopi robusta pun Amat gampang tumbuh. Tanaman ini gampang mengikuti keadaan yang dengannya kondisi lingkungan. Berikut beberapa langkah cara menanam pohon kopi yng baik serta benar agar menghasilkan pohon kopi yng berbuah tidak sedikit:
Menyiapkan Bibit Kopi Robusta
Berbeda yang dengannya cara pembibitan kopi arabika, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyiapkan bibit kopi robusta bisa di lakukan yang dengannya biji serta pun yang dengannya stek batang. Akan tetapi, mayoritas petani kopi lebih memilih bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam kopi robusta dari hasil semai biji. Bibit dibuat yang dengannya cara melakukan penyemaian biji kopi pilihan. Biji kopi sebaiknya diambil dari pohon kopi yng mempunyai buah yng lebat, serta telah beberapa kali berbuah.
Sebelum disemai, biji kopi Perlu dibersihkan dari daging buahnya lantas dijemur bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilangkan lendir-lendir dari daging buah kopi. Sesudah itu menyiapkan media semai, bisa mempergunakan polybag maupun nampan semai khusus. Isi wadah semai yang dengannya mempergunakan campuran tanah serta pupuk sangkar yang dengannya perbandingan 1:1.
Lakukan penyemaian biji kopi robusta, penyiraman Perlu rutin di lakukan pada pagi serta sore hari bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kelembaban media semai. Bibit Kopi bisa dipindahkan ke lahan tanam permanen sesudah mempunyai tinggi pohon sekitar 40cm - 60cm.
Menyiapkan Lahan Tanam Kopi Robusta
Lahan penanaman memegang peranan penting dalam kesuksesan berkebun kopi robusta, daerah yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan budidaya kopi merupakan di daerah pegunungan ataupun dataran tinggi. Tanaman ini pun bisa tumbuh subur di daerah yang dengannya warna tanah pucuknya reklatif merah/kuning.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempersiapkan lahan penanaman kopi robusta bisa di lakukan yang dengannya membersihkan semak belukar andai lahan masih tidak sedikit tumbuhan liar. Buat lubang tanam yang dengannya melakukan penggalian yang dengannya jarak 2,5 meter antar lubang tanam (jarak tanam 2,5m x 2,5m).
Buatlah ukuran lubang 50cm x 50cm yang dengannya kedalaman 50cm ataupun 70cm x 70cm x70cm bagi atau bisa juga dikatakan untuk karakter tanah yng tidak banyak keras. Masukkan pupuk sangkar ke dalam lubang hingga 2/3 bagian lubang terisi pupuk sangkar. Biarkan lubang tanam yang telah di sebutkan selama 2 bulan sebelum ditanami agar pupuk sangkar meresap yang dengannya sempurna.
Menanam Pohon Kopi Robusta
Bibit kopi yng sudah siap tanam bisa dipindahkan ke lahan tanam permanen yng sudah disiapkan, penanaman sebaiknya di lakukan pada pagi hari. Bukalah plastik polybag semaian secara perlahan agar tanah semaian tak rontok.
Tanamlah bibit kopi robusta pada lubang tanam yng sudah disiapkan, lantas tutup yang dengannya mempergunakan tanah sisa penggalian yng ada disekitar lubang. Lakukan pemadatan agar bibit kopi yng ditanam tak gampang goyang. Lakukan hal yng percis hingga seluruh lubang yng disiapkan tertanami.
Bila di area penanaman tidak sedikit terdapat hewan yng dikhawatirkan memakan daun kopi yng ditanam, maka butuh dilakukanpenutupan yang dengannya mempergunakan pagar ataupun bronjong yang dengannya mempergunakan bambu yng dibelah serta dianyam.
Merawat Pohon Kopi Robusta
Cara menanam pohon kopi robusta, teknik budidaya kopi robusta yang benar, tips lengkap menanam kopi, Tanaman Perkebunan, perbedaan kopi arabika dan robusta, bercocok tanam pohon kopi, Kopi Robusta
Sepertihalnya tanaman kopi lain-lainnya, perawatan pada budidaya kopi robusta pun butuh di lakukan. Perawatan bisa di lakukan yang dengannya penyulaman pada bibit pohon kopi yng mati sesudah penanaman, penyulaman sebaiknya di lakukan segera agar pertumbuhan kopi tak tertinggal dari tanaman yng lain-lainnya.
Pemupukan pun butuh di lakukan agar tanaman tetap subur, pupuk yng dianjurkan merupakan pupuk organik ataupun pupuk sangkar. Lakukan pemupukan pertama pada umur tanaman 6 bulan sesudah dipindahkan ke lahan tanam permanen. Sesudah itu lakukan pemupukan pada pohon kopi setiap setahun sekali.
Pemangkasan pun dibutuhkan agar pohon kopi berbuah yang dengannya sempurna serta menajaga pohon agar tetap produktif. Pemangkasan bisa di lakukan yang dengannya mengurangi cabang-cabang yng tak produktif serta pun mengurangi tinggi pohon.
Pembasmian hama pada pohon kopi pun butuh di lakukan agar tak merusak pohon serta kualitas buahnya, lakukan penyemprotan yang dengannya kimia ataupun yang dengannya bahan semprot organik yng tidak sedikit dijual di kios-kios pertanian.
Masa Panen Kopi Robusta
Kopi arabika yng dirawat yang dengannya baik akan bisa menghasilkan buah pertama pada umur sekitar 3-4 tahun dari penanaman, serta akan mengahasilkan produksi buah yng maksimal pada umur 6-7 tahun.
Pemanenan buah kopi di lakukan yang dengannya memetik buah kopi yng telah tua, yng ditandai yang dengannya warna buah yng memerah.
Itulah beberapa langkah cara menanam kopi robusta yng baik serta benar agar menghasilkan pohon kopi yng berbuah lebat.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Budidaya Kopi Robusta, Perhatikan Cara Ini

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Budidaya Kopi Robusta, Perhatikan Cara Ini