Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Menanam Kacang Tanah

- Januari 17, 2017

Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Menanam Kacang Tanah

 

Cara Menanam Kacang Tanah Yng Baik - Kacang tanah (Arachis hypogaea L.) merupakan tanaman polong-polongan ataupun legum anggota suku Fabaceae yng dibudidayakan, dan menjadi kacang-kacangan kedua terpenting sesudah kedelai di Indonesia. Tanaman yng berasal dari benua Amerika ini tumbuh secara perdu setinggi 30 sampai-sampai 50 cm (1 sampai-sampai 1½ kaki) yang dengannya daun-daun kecil tersusun majemuk. Varietas kacang tanah di Indonesia yng terkenal, yakni : (sumber:wikipedia)
  • Kacang Brul, berumur pendek (3-4 bulan).
  • Kacang Cina, berumur panjang (6-8 bulan).
  • Kacang Holle, adalah tipe campuran hasil persilangan antara varietas-varietas yng ada. Kacang Holle tak mampu disamakan yang dengannya kacang lain lantaran memanglah berbeda varietas.

cara menanam kacang tanah yang baik, kacang tanah
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya kacang tanah yng baik agar berbuah tidak sedikit bisa di lakukan yang dengannya beberpa langkah berikut:
Menyiapkan Bibit Kacang
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan tanaman kacang tanah yng unggul, maka pemilihan bibit Perlu Amat diperhatikan. Lakukan pemilahan bibit yng benar-benar mempunyai biji yng prima serta riwayat buahnya kualitas tidak jelek alias bagus.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyiapkan bibit kacang tanah bisa diperoleh dari hasil panen sebelumnya, seleksi buah kacang tanah yng mempunyai kulit kacang yng mengkilap, tak keriput, serta bulir kacangnya terlihat sehat yang dengannya ukuran yng besar. Sebaiknya jemur berlebi dahulu kacang yng masih dibungkus kulit agar membuat mudah dalam membuka cangkangnya. Selain itu pun penjemuran diharapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi kadar air pada bulir kacang, agar tak terlaksana pembusukan era ditanam serta tak gampang diserang kutu ataupun semut.
Sesudah dijemur, buka cangkang kacang. Lantas seleksi kembali bulir-bulir kacang yng telah dikupas kulitnya. Pilihlah biji-biji kacang yng mempunyai keseragaman ukuran, serta pisahkan ukuran-ukuran yng lebih kecil (akan tetapi jangan dibuang, bagi atau bisa juga dikatakan untuk cadangan bibit). Sesudah itu jemur kembali, kadar air biji kacang yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembibitan sebaiknya berkisar antara 10% -20 saja.
Membuat Lahan Tanam
Sepertihalnya cara menanam kacang panjang, menanam kacang tanah pun memerlukan pengolahan tanah yng baik. Tanah bagi atau bisa juga dikatakan untuk penanaman Perlu digemburkan berlebi dahulu serta dibentuk semisal bedengan/tegalan. Lebar tegalan sekitar 70cm - 80cm yang dengannya ketebalan tegalan sekitar 20cm -30cm. taburkan pupuk sangkar sembari mengaduk-aduk tanah agar pupuk sangkar tercampur sempurna. Buatlah tegalan yng percis yang dengannya jarak 40cm dari tegalan yng pertama dibuat, bagi atau bisa juga dikatakan untuk panjang tegalan menyesuaikan yang dengannya panjang lahan yng ada.
Penggemburan ini bertujuan agar umbi kacang bisa berkembang yang dengannya baik, menjadikan bisa menghasilkan buah kacang yng tidak sedikit.
cara menanam kacang tanah, kacang tanah
Menanam Bibit Kacang
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam kacang tanah bisa di lakukan semisal menanam jagung serta menanam kedelai, lakukan penanaman yang dengannya mempergunakan tajuk ataupun tugal (kayu yng diruncingkan satu dari sekian banyaknya sisinya). Buatlah lubang tanam yang dengannya cara menghujamkan bagian ujung yng runcing ke lahan tanam sedalam 10cm, buatlah lubang yng percis yang dengannya jarak 20cm. Pembuatan lubang tanam tak butuh lurus ataupun terlalu rapi, buatlah yang dengannya mempergunakan perkiraan jarak saja.
kacang tanah, cara menanam kacang tanah, lahan tanam kacang tanah
Sembari ada yng membuat lubang tanam yang dengannya tugal, sebaiknya ada 1 orang lagi yng bertugas memasukkan bibit kacang tanah ke dalam lubang. Masukkan 1-2 biji pada setiap lubang, lantas tutup lubang yang dengannya menginjak tanah disekitar lubang secara perlahan.
Penanaman sebaiknya di lakukan pada awal musim penghujan, agar kamu tak repot-repot bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan penyiraman.
Merawat Tanaman Kacang Tanah
Lakukan penyulaman bagi atau bisa juga dikatakan untuk bibit kacang tanah yng tak tumbuh, penyulaman sebaiknya di lakukan segera agar tanaman hasil sulaman tak tertingal pertumbuhannya. Lakukan pemupukan kembali yang dengannya mempergunakan pupuk sangkar pada umur tanaman sekitar 1 bulan. Bersihkan rumput ataupun gulma yng bisa mengganggu pertumbuhan tanaman kacang tanah.
Budidaya kacang tanah sebetulnya tak begitu sulit, serta perawatannya pun tak begitu rumit. Jangan pernah melakukan gangguan ataupun penyiraman pada era tanaman kacang tanah mulai berbunga, hal ini akan mengganggu proses penyerbukan.
Tanaman kacang tanah telah bisa dipanen pada umur tanam sekitar 3-4 bulan, lakukan pencabutan pada satu dari sekian banyaknya pohon bagi atau bisa juga dikatakan untuk melihat apakah kacang tanah telah siap panen. Andai cangkang kulit kacang tanah telah mulai keras, daunnya telah mulai rontok serta menguning, maka tanaman kacang tanah telah siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipanen.
Itulah beberapa tips cara menanam kacang tanah agar panen yng tidak sedikit, cara budidaya kacang ini cukup gampang serta tak memerlikan perawatan yng sulit. Kacang tanah ramai sekali manfaatnya, selain bagi atau bisa juga dikatakan untuk bahan makanan serta cemilan, sebenarnya kacang tanah mempunyai tidak sedikit manfaat bagi kebugaran atau kesehatan. Beberapa manfaat kacang tanah bagi kebugaran atau kesehatan merupakan menjdai berikut: Mengurangi depresi, baik bagi ibu hamil, mengurangi risiko kanker usus, mencehag penyakit jantung, serta lain-lain.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Menanam Kacang Tanah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Menanam Kacang Tanah