Panen Jagung Melimpah, Ini Yang Dilakukan Petani itu

- Januari 22, 2017

Panen Jagung Melimpah, Ini Yang Dilakukan Petani itu

 
Cara Menanam Jagung Hibrida - Jagung Hibrida merupakan jenis jagung yng diperoleh dari persilangan antara 2 ataupun lebih yng sifatnya merupakan heterozygot serta homogen. Jenis jagung hibrida adalah jenis jagung yng dibudidaya bagi atau bisa juga dikatakan untuk kapasitas besar, tanaman pangan ini umumnya dkirim ke perusahaan-perusahaan pengolah makanan serta pakan ternak. Jagung hibrida sendiri telah tidak sedikit mempunyai varietas, telah tidak sedikit kita jumpai di pasar ataupun toko pertanian menjual bibit jagung hibrida yang dengannya aneka macam merk.
jagung hibrida, panen jagung banyak
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan budidaya jagung hibrida berikut beberapa tips cara menanam jagung hibrida yng benar :
Memilih Benih
Banyaknya jenis jagung hibrida yng beredar di pasar, tentunya ini memberikan kemudahan bagi para petani bagi atau bisa juga dikatakan untuk memilih jenis jagung yng sesuai yang dengannya keiinginan. Dalam memilih Bibit sebaiknya Perlu di lakukan yang dengannya hati-hati serta cermat, lantaran langkah awal ini akan Amat menentukan kesuksesan kamu dalam menanam jagung.
Baca yang dengannya benar tanggal kadaluarsa yng ada di bungkus benih, pilih yng kadaluarsanya masih lama. Daya tumbuh benih Amat dipengaruhi oleh lamanya bibit yang telah di sebutkan disimpan, makin lama maka daya tumbuhnya akan makin kecil. Jadi carilah yng waktu expirednya masih lama.
Selain masa kadaluarsa, tentunya kamu Perlu mencari tahu karakteristik dari tanaman jagung yang telah di sebutkan, semisal apa tumbuhnya, ketahanan terhadap hama, keseragaman ukuran biji, tak ada kutu / hama gudang, serta masa panennya.
Menyiapkan Lahan Tanam
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan tanaman jagung yng subur serta menghasilkan buah yng super, lahan tanam ataupun kebun Perlu digemburkan berlebi dahulu. Penggemburan bisa di lakukan yang dengannya cangkul ataupun bajak. Sesudah itu bisa dibari yang dengannya pupuk sangkar ataupun kompos, taburkan secukupnya saja jangan terlalu berlebihan, dikhawatirkan bisa menimbulkan jamur.
Andai hasil bajak menghasilkan bongkahan besar, bisa diratakan agar terlihat rapi. Akan tetapi ini tak musti Perlu di lakukan.
Penanaman Jagung
Sesudah lahan telah siap, penanaman jagung hibrida bisa di lakukan. Penanaman di lakukan yang dengannya membuat lubang-lubang mempergunakan tajuk ataupun tugal (kayu yng diruncingkan satu dari sekian banyaknya ujungnya). Penanaman di lakukan yang dengannya ukuran 70cm x 20 cm (70cm merupakan jarak antar baris, 20cm merupakan jarak antar tanaman jagung).
Kedalaman lubang sekitar 3-5 cm, masukkan bibit 1-2 biji setiap lubang. serta tutup yang dengannya mempergunakan Tanah di sekitar lubang. Penutupan bisa di lakukan yang dengannya menginjak Tanah yng ada disekitar lubang. Hal ini bertujuan agar bibit tak dimakan semut ataupun burung.
Andai Tanah penutup adalah bongkahan serta keras, sebaiknya diambil kembali. Lantaran akan memberi pengaruh pertumbuhan bibit, tunas bibit jagung tudak tumbuh sempurna.
Perawatan Tanaman Jagung
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan tanamn jagung yng subur, perawatan wajib di lakukan lebih-lebih pembersihan rumput liar ataupun gulma. Penyiangan sebaiknya di lakukan sejak jagung telah mulai tumbuh.
Lakukan penyulaman bagi atau bisa juga dikatakan untuk lubang-lubang yng jagungnya tak tumbuh.
Selanjutnya lakukan pemupukan, genakan pupuk NPK yang dengannya komposisi yng merata. Pemupukan pertama di lakukan pada era 7 hari sesudah tanam yang dengannya komposisi Urea 200Kg/Ha; SP36 150Kg/Ha; KCL 100Kg/Ha. Pemupukan pertama ini pun bias di lakukan bebarengan yang dengannya penanaman, akan tetapi lantaran diawal telah mempergunakan pupuk sangkar maka pemupukan di lakukan 1 minggu sesudah tanam.
Lakukan pemupukan kembali pada era usia jagung 21 hari sesudah tanam, yang dengannya komposisi Urea 200Kg/Ha. Serta pemupukan ketiga sesudah jagung berusia 30-40 hari sesudah tanam yang dengannya komposisi Urea 200Kg/Ha.
Pembersihan rumput sebaiknya di lakukan secara terus menerus hingga buah jagung telah mulai tua serta batang jagung telah mulai mengering. Era jagung telah mulai kering, pembersihan rumput bisa di lakukan yang dengannya mempergunakan herbisida.
Pemanenan Jagung
Jagung bisa dipanen sesudah berusia 120 - 130 hari sesudah tanam bagi atau bisa juga dikatakan untuk memastikan benar-benar kering. Jagung yng siap panen mempunyai ciri-ciri : kelobot cokelat, rambut jagung hitam kering, biji jagung keras.
Dalam melakukan budidaya jagung tentunya Amat dipengaruhi yang dengannya kondisi persediaan air, tanaman jagung Amat butuh air yng cukup tidak sedikit lebih-lebih pada era jagung mulai berbuah. Oleh lantaran itu sebaiknya dalam melakukan penanaman jagung Perlu memperhatikan kondisi cuaca. Lakukan perawatan secara rutin agar jagung bisa tumbuh yang dengannya normal serta buahnya super.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Panen Jagung Melimpah, Ini Yang Dilakukan Petani itu

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Panen Jagung Melimpah, Ini Yang Dilakukan Petani itu