Menanam Pohon Jabon Jawa, Perhatikan Cara Ini

- Januari 04, 2017

Menanam Pohon Jabon Jawa, Perhatikan Cara Ini

 

Cara Menanam Pohon Jabon Yng Baik serta Benar - Pohon Jabon adalah satu dari sekian banyaknya pohon penghasil kayu yng tidak sedikit dicari sesudah pohon sengon, nama pohon jabon di Indonesia Amat beragam diantaranya jabun, kelampayan, empayang, ataupun worotua. Pohon jabon mempunyai kayu yng gampang dikeringkan, gampang dipaku serta di lem, susutnya rendah. Amat mungkin dimanfaatkan oleh Industri Furniture, Plywood / Kayu Lapis, Batang Korek Api, Alas Sepatu, Papan, Peti, bahan kertas Kelas Sedang. Andai dilihat sekilas, daun jabon akan menyerupai daun pohon jati, lebih-lebih pada era masih kecil.
pohon jabon, jabon jawa, kelampayan, jabun
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidayakan pohon jabon bisa di lakukan yang dengannya cara yng percis semisal cara menanam pohon sengon, cara yng di lakukan cukup gampang serta cara perawatan pohon jabon pun tak terlalu rumit. Berikut beberapa langkah cara menanam pohon jabon.
Menyiapkan Bibit Pohon Jabon
Teknik pembibitan pohon jabon di lakukan yang dengannya bijinya. Buka kulit buah Jabon yng sudah tua serta jatuh dari pohonnya, pisahkan bijinya lalu jemur di terik matahari selama 1 hari. Angkat serta letakkan di area yng teduh.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengawali penyemaian biji jabon, maka butuh disiapkan media semai. Media semai mampu mempergunakan polytube (rak semai), serta mampu mempergunakan pelastik polybag, pun mampu membuat area semaian yang dengannya menggemburkan tanah di perkarangan rumah kamu serta dibentuk bedengan ataupun guludan. Isi media semai yang dengannya campuran tanah serta pupuk sangkar yang dengannya perbandingan 1:1. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk area semaian di tanah tebarkan pupuk sangkar secara merata serta aduk-aduk mempergunakan cangkul.
Sebelum disemai, biji jabon Perlu direndam berlebi dahulu di air Anget selama 1 malam, serta tiriskan hingga biji tak terlalu basah. Sesudah itu tebar biji jabon ke media semai serta tutup yang dengannya mempergunakan tanah secara merata setebal 3-5 cm. Andai semaian di lakukan di polybag ataupun polytube, maka setiap pelastik ataupun lubang polytube cukup diisi 1 biji saja. lakukan penyiraman secara teratur pada pagi serta sore hari.
Sesudah bibit jabon tumbuh serta mencapai ketinggian sekitar 15cm, pindahkan bibit jabon ke polybag yng lebih besar. Tiap-tiap polybag cuma ditanami 1 pohon jabon kecil serta letakaan ke lahan yng lebih luas agar bibit jabon mempunyai ruang bagi atau bisa juga dikatakan untuk tumbuh.
Lakukan penyiraman secara teratur pada pagi serta sore hari, lebih-lebih era musim kemarau. Bibit jabon bisa ditanam ke lahan tanam permanen ataupun kebun era mencapai ketinggian 40-50cm.
Menyiapkan Lahan Tanam
Buatlah lubang tanam yang dengannya ukuran 40cm x 40cm yang dengannya kedalaman sekitar 40-50cm. Isi lubang yang dengannya pupuk sangkar hingga 1/2 bagian terisi. Buat lubang yng percis yang dengannya jarak 4 meter antar lubang, yang dengannya kata lain bahwasanya ukuran penanaman jabon merupakan 4 x 4 meter. Biarkan lubang selama 1-2 minggu sebelum ditanami.
Menanam Bibit Pohon Jabon
Bibit jabon yng sudah mencapai ketinggian 40cm -50cm bisa dipindahkan ke lubang tanam yng sudah disiapkan. Buka pelastik polybag secara perlahan, serta masukkan bibit jabon ke lubang tanam. Lakukan penutupan lubang yang dengannya tanah yng ada disekitar lubang. Penanaman sebaiknya di lakukan pada awal musim hujan, agar tak repot bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan penyiraman.
Merawat Pohon Jabon
Perawatan pada budidaya jabon tidaklah rumit, cukup lakukan penyiangan rumput yng ada di sekitar tanaman sengon. Lakukan penyulaman pada tanaman jabon yng mati. Pohon Jabon pun tak butuh pemangkasan cabang-cabang, lantaran cabang jabon akan rontok yang dengannya sendirinya. Hal ini yng menghasilkan pohon jabon akan lurus tanpa cabang secara alami.
Pemupukan pun diharapkan agar pohon jabon bisa tumbuh yang dengannya subur, pemupukan pada 1 tahun pertama bisa di lakukan yang dengannya pupuk kimia (NPK). Taburkan pupuk NPK disekitar pangkal pohon akan tetapi jangan hingga menempel ke pohonnya, cukup didekatnya saja. Andai pohon Jabon telah memasuki umur 2 tahun, pemupukan bisa di lakukan yang dengannya pupuk sangkar.
Itulah beberapa langkah cara menanam pohon jabon yng benar, pohon jabon yng dirawat yang dengannya benar akan bisa mulai dipanen pada umur tanam 5 tahun. Semisal halnya Menanam pohon jati serta menanam pohon sengon, budidaya jabon pun bisa menjadi investasi yng Amat menjanjikan keuntungan yng besar.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Menanam Pohon Jabon Jawa, Perhatikan Cara Ini

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Menanam Pohon Jabon Jawa, Perhatikan Cara Ini