Menanam Alpukat Agar Berbuah Banyak, Begini Caranya

- Januari 11, 2017

Menanam Alpukat Agar Berbuah Banyak, Begini Caranya

 

Cara Menanam Pohon Buah Alpukat Yng Benar - Buah Alpukat (Persea americana) adalah jenis buah yng memiliki kandungan tidak sedikit lemak nabati, buah alpokat berasal dari Amerika Tengah serta Meksiko. Apokat mempunyai tidak sedikit manfaat. Bijinya dipakai dalam industri pakaian menjdai pewarna yng tak gampang luntur. Batang pohonnya bisa dipakai menjdai bahan bakar. Kulit pohonnya dipakai menjdai pewarna warna cokelat pada produk dari bahan kulit. Daging buahnya bisa dijadikan hidangan dan menjadi bahan dasar bagi atau bisa juga dikatakan untuk beberapa produk kosmetik serta kecantikan. Selain itu, daging buah apokat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati sariawan serta melembabkan kulit yng kering, serta menghilangkan kolesterol jahat. Daun apokat dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati kencing batu, darah tinggi, sakit kepala, nyeri saraf, nyeri lambung, saluran napas membengkak serta menstruasi yng tak teratur. Bijinya bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati sakit gigi serta kencing manis. (sumber: wikipedia)
alpokat, alpukat, buah alpukat, manfaat alpukat
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya pohon buah Alpukat bisa di lakukan yang dengannya cara vegetatif (stek batang/cangkok) maupun generatif (melalui biji) sepertihalnya cara menanam pohon buah matoa maupun cara menanam pohon duku. Akan tetapi andai kamu menginginkan pohon buah alpokat yng cepat berbuah, maka cara dudidaya yng paling tepat di lakukan merupakan yang dengannya cara stek batang ataupun cangkok (vegetatif). Berikut Beberapa langkah cara menanam pohon Buah Alpukat yng benar agar bisa berbuah yang dengannya lebat.
Menyiapkan Bibit Alpukat
Budidaya Alpokat yang dengannya Mencangkok ataupun Okulasi
Pohon alpukat yng dipakai menjdai bibit cangkokan sebaiknya dipilih dari pohon yng mempunyai riwayat buah yng baik (rasa, ketahanan terhadap hama, serta lain-lain). Lakukan pencangkokan yang dengannya cara yng benar akan menghasilkan akar serta bibit yng tidak jelek alias bagus. Pilihlah cabang pohon alpukat yng terlihat subur, tak terlalu tidak sedikit cabang-cabang baru, serta tak terlalu tua ataupun terlalu muda.
cara mencangkok, okulasi
Pic/Cangkok (by: warasfarm)

Sesudah cangkokan mengeluarkan akar, potong pada bagian pangkal cabang (sekitar 3 cm dari cangkokan), serta masukkan ke dalam polybag bagi atau bisa juga dikatakan untuk di lakukan penyemaian yang dengannya berlebi dahulu melepas penutup cangkokan. Letakkan bibit di area yng teduh serta lakukan penyiraman, biarkan bibit hasil cangkokan mampu mengikuti keadaan serta mengeluarkan bayak akar sebelum dipindahkan ke lahan tanam permanen.
Budidaya alpukat yang dengannya Biji
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam Alpokat dari biji bisa di lakukan yang dengannya melakukan penyemaian biji alpukat berlebi dahulu, biji alpukat yng disemai Perlu dipilih dari buah alpukat yng tua. Belah buah alpukat serta ambil bijinya, jemur biji alpukat sekitar 3 jam serta angkat lantas legtakkan di tempat teduh. Semailah Biji yang telah di sebutkan di dalam polybag semaian hingga bibit memiki tinggi sekitar 1 meter (siap tanam). Sesudah bibit yng disiapkan siap tanam, maka bibit alpukat bisa dipindahkan ke lahan tanam permanen yng telah disiapkan.
Andai kamu menginginkan Pohon alpukat dari hasil semaian biji bisa segera berbuah, maka lakukan sambung pucuk ataupun okulasi yang dengannya mengambil tunas dari pohon alpukat yng telah berbuah menjdai batang atasnya serta batang bawah mempergunakan pohon alpukat hasil semaian biji.
Membuat Lubang Tanam
Buatlah lubang tanam pohon buah alpukat yang dengannya ukuran 60cm x 60cm yang dengannya kedalaman 60-80cm. Andai kamu menanam bibit dari hasil cangkok maka buatlah lubang tanam yng relative lebar, andai bibit dari biji maka buat lubang yng dalam.
Andai penananman akan di lakukan dalam jumlah tidak sedikit, buatlah lubang tanam yng percis yang dengannya jarak 6m x 6m antar lubang agar memberikan ruang tumbuh bagi pohon alpukat. Isi lubang mempergunakan pupuk sangkar hingga 2/3 bagian terisi, serta biarkan lubang tanam selama 3-4 minggu sebelum ditanami agar pupuk sangkar meresap ke tanah..
Menanam Bibit Alpukat
Sesudah bibit siap tanam, langkah selanjutnya merupakan mengalihkan bibit ke lubang tanam permanen yng disiapkan. Buka pelastik polybag yang dengannya perlahan, usahakan jangan hingga Tanah yng ada di polybag semaian hancur. Masukkan bibit ke lubang tanam, serta tutup mempergunakan Tanah sisa yng ada di sekitar lubang tanam. Lakukan penyiraman sesudah seluruh bibit tertanam pada lubang-lubang yng disediakan.
Merawat Tanaman Alpukat
Perawatan yng dibutuhkan dalam menanam alpukat merupakan penyiangan, penyulaman, pemupukan, serta pemangkasan. Pembersihan rumput ataupun gulma-gulma disekitar tanaman alpokat (penyiangan) wajib di lakukan lebih-lebih era pohon alpukat baru ditanam ataupun masih kecil, andai telah besar maka rumput liar akan tidak banyak yng tumbuh lantaran ternaungi oleh rimbunnya pohon alpokat
Memanen Buah Alpukat
Pohon alpukat umumnya akan mulai berbuah pada usia 10-15 tahun andai ditanam melalui biji, andai ditanam yang dengannya system vegetatif umumnya akan berbuah pada umur 5-8 tahun bergantung dari perawatan yng di lakukan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memanen alpukat bisa di lakukan yang dengannya memotong tangkai buahnya mempergunakan pisau ataupun gunting.
Itulah beberapa langkah cara menanam pohon buah alpukat baik yang dengannya biji maupun yang dengannya mempergunakan vegetatif semisal okulasi, cangkok, ataupun stek batang. Buah alpukat Amat enak andai dibuat menjadi minuman jus buah alpukat, ditambah yang dengannya tidak banyak madu, serta susu cokelat. Selain bisa dikonsumsi sendiri, budidaya pohon buah alpukat pun menghasilkan tidak sedikit keuntungan finansial andai dijual ke pasar.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Menanam Alpukat Agar Berbuah Banyak, Begini Caranya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Menanam Alpukat Agar Berbuah Banyak, Begini Caranya