Cara Menanam Strawberry dari Biji dalam Polybag

- Januari 10, 2017

Cara Menanam Strawberry dari Biji dalam Polybag

 

Cara Menanam Strawberry dari Biji Yng Benar - Buah strawberry berwarna hijau keputihan disaat sedang berkembang, serta pada kebanykan spesies berganti menjadi merah disaat masak. Namanya berasal dari bahasa Inggris kuno streawberige yng adalah gabungan dari streaw ataupun "straw" serta berige ataupun "berry". (sumber: Wikipedia)
strawberry, stroberi, Cara menanam strawberry, cara menanam strawberry di pot
Buah yng mempunyai tampilan menawan yang dengannya warnanya yng merah ini mempunyai rasa yng segar, serta tidak sedikit mempunyai manfaat bagi kebugaran atau kesehatan. Beberapa manfaat strawberry bagi kebugaran atau kesehatan diantaranya:
  1. Melindungi kebugaran atau kesehatan jantung, Vitamin C serta Anthocyanidins dalam buah strawberry bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi arteri dari kerusakan serta mencegah pembekuan darah.
  2. Mencegah dari penyakit kanker, antioksidan yng terdapat dalam buah strawberry memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker.
  3. Menurunkan kolesterol, zat pembentuk warna serta bau pada strawberry memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah penyakit cardiovascular.

Buah strawberry bisa dibudidayakan di kebun, akan tetapi pun bisa dibudidayakan di pot ataupun polybag. Secara garis besar cara menanamnya percis saja, cuma media tanamnya yng membedakan. Menanam strawberry dikebun memerlukan bisnis yng lebih tidak sedikit dibanding menanam strawberry di pot ataupun polybag, lantaran Perlu mempersiapkan lahan tanamnya. Berikut merupakan beberapa langkah menanam strawberry yng benar:
Menyiapkan Bibit
Menyiapkan Bibit strawberry adalah satu dari sekian banyaknya langkah kunci dalam menentukan hasil panen lantas hari, bibit strawberry sebaiknya berasal dari bibit yng tahan terhadap hama ataupun penyakit, serta terbukti telah menghasilkan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh bibit yng mempunyai kualitas, sebaiknya kamu langsung mendatangi petani strawberry. Hal ini akan memberikan keuntungan tersendiri, disamping kamu bias memperoleh bibit yng mempunyai kualitas, kamu pun mampu langsung tanya jawab terkait trik-trik menanam strawberry agar berhasil.
Selain dari petani, kamu pun mampu memperoleh bibit strawberry dari kios-kios yng menjual bibit serta obat-obatan pertanian. Pilihlah bibit strawberry yng wadahnya masih tidak jelek alias bagus, tanggal kadaluarsanya masih lama, serta tak ada lubang-lubang pada wadah yng memungkinkan semut ataupun kutu bisa masuk serta merusak biji strawberry.
Sesudah memperoleh bibit, langkah selanjutnya merupakan melakukan penyemaian bibit-bibit strawberry. Buatlah tempat penyemaian yang dengannya menggemburkan Tanah mempergunakan cangkul serta dibuat bedengan ataupun galengan. Luas lahan persemaian disesuaikan yang dengannya jumlah bibit yng akan ditanam. Campurkan pupuk sangkar pada Tanah yng sudah digemburkan, aduk kembali serta bentuk lahan semai hingga permukaannya rata.
Taburkan biji-biji strawberry secara merata, serta tutup yang dengannya mempergunakan Tanah yng halus secara merata serta lapisan penutupnya jangan terlalu tebal. Buatlah peneduh yang dengannya mempergunakan daun-daun ataupun mempergunakan jaring pertanian. Lakukan penyiraman secara rutin pada pagi serta sore hari.
Menyiapkan Lahan Tanam
Andai kamu ingin menanam strawberry di lahan kebun, maka kamu Perlu menggemburkan lahan tanamnya serta membuat bedengan ataupun galengan. Ukuran galengan adlah lebar 80cm - 100cm serta tebal sekitar 30cm, serta panjang disesuaikan yang dengannya luas kebun yng kamu punyai. Taburkan pupuk sangkar serta aduk secara merata. Biarkan lahan tanam yng disiapkan selama 1 minggu sebelum ditanami. Pasang pelastik mulsa bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi tumbuhnya gulma ataupun rumput-rumput liar. Lantas buatlah lubang-lubang pada pelastik menjdai lubang tanam yang dengannya jarak 30cm antar lubang.
Andai kamu ingin menanam strawberry dalam pot ataupun polybag, maka isilah pot ataupun polybag yang dengannya campuran Tanah gembur serta pupuk sangkar yang dengannya perbandingan 1:1. Isi hingga 2/3 bagian pot terisi. serta biarkan selama 1 minggu sebelum ditanami bagi atau bisa juga dikatakan untuk memastikan pupuk tercampur yang dengannya sempurna.
Menanam Bibit Strawberry
Era bibit strawberry yng disemai telah siap dipindahkan, maka lakukanlah pemindahan ke lahan tanam permanen yng dimau-kan. Pindahkan secara perlahan yang dengannya tetap mengikutkan Tanah semaian tidak banyak yng ada di akarnya.
Penanaman sebaiknya di lakukan pada pagi hari sebelum matahari meninggi agar tak gampang layu, sesudah bibit dipindahkan tutup mempergunakan pupuk sangkar ataupun abu hasil pembakaran kayu (abu gosok), serta lakukan penyiraman secara rutin pada pagi serta sore hari.
Melakukan Perawatan
Perawatan di lakukan yang dengannya melakukan penyulaman bibit strawberry yng mati, melakukan penyiangan rumput-rumput yng mungkin tumbuh, serta pemupukan. Pemupukan bisa mempergunakan pupuk kimia semisal NPK.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan tanaman strawberry yng cepat berbuah, butuh di lakukan pemotongan pohon strawberry yng menjulur panjang. Pemotongan bertujuan agar nutrisi yng ada difokuskan bagi atau bisa juga dikatakan untuk berbuah.
Memanen Hasil
Pohon strawberry akan menghasilkan buah pada umur sekitar 4 bulan dari penanaman, lakukan pemanenan yang dengannya cara memotong tangkai buah mempergunakan gunting pangkas khusus buah ataupun mempergunakan pisau tajam.
Buah strawberry bias dimanfaatkan menjdai buah langsung konsumsi era baru panen, pun bias diolah menjadi bahan makanan ataupun minuman semisal jus, selai, dan juga lain-lainya.
Itulah beberapa langkah cara menanam buah strawberry dari biji baik di kebun maupun menanam strawberry di pot ataupun polybag.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Cara Menanam Strawberry dari Biji dalam Polybag

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Menanam Strawberry dari Biji dalam Polybag