Begini Khasiat dan Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan

- Januari 10, 2017

Begini Khasiat dan Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan

 
. .
Katuk merupakan sejenis sayuran daun. Tanaman yang dengannya nama latin Sauropus adrogynus salah satunya famili Euphorbiaceae. Begitu populernya, tiap daerah punya sebutan bagi daun patuk — memata (Melayu), simani (Minangkabau), katuk (Sunda), kebing serta katukan (Jawa), dan kerakur (Madura). Tanaman katuk ini tumbuh di banyak sekali daerah di India, Malaysia, serta Indonesia. Di Indonesia, ia tumbuh di dataran yang dengannya ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut (mdpl). Bentuknya perdu serta mampu mencapai tinggi 2-3 meter, yang dengannya cabang-cabang yng cukup lunak.
Daun katuk tersusun selang-seling pada satu tangkai, berbentuk lonjong hingga lingkaran yang dengannya panjang 2,5 cm serta lebar 1,25 – 3 cm. Bunga daun katuk berbentuk tunggal berkelompok tiga. Buah bertangkai panjang 1,25 cm. Tanaman ini bisa diperbanyak yang dengannya stek dari batang yng telah berkayu. Zat serta senyawa yng terkandung di dalamnya mencakup protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin (A, B, C), pirolidinon, serta metil piroglutamat dan p-dodesilfenol menjdai komponen minor. Selain itu terkandung juga energi, hidrat arang, serat, abu, kalsium, karoten, serta air.
Di Indonesia, daun katuk biasanya dimanfaatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melancarkan air susu ibu. Daun ini telah diproduksi menjdai sediaan fitofarmaka yng berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk melancarkan ASI. Setidaknya sepuluh produk pelancar ASI yng memiliki kandungan daun katuk sudah beredar di Indonesia sejak tahun 2000. Selain itu, konsumsi sayur katuk oleh ibu menyusui bisa memperlama waktu menyusui bayi perempuan secara nyata serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk bayi pria cuma menaikan frekuensi serta lama menyusui. Akan tetapi demikian, penelitian terhadap efek samping penggunaan daun katuk menjdai pelancar ASI ini masih belum pernah di lakukan di Indonesia, menjadikan belum teruji 100 % keamanannya.
Di Amerika, daun katuk goreng, salad serta katuk, serta minuman tidak sedikit dikonsumsi oleh masyarakat menjdai obat antiobesitas (pelangsing tubuh).
Berhubung katuk adalah satu-satunya tanaman lokal yng mempunyai kadar klorofil tinggi, maka di dalamnya terkandung antioksidan dalam jumlah besar yng Amat memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah radikal bebas serta mencegah penuaan dini. Ia pun berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanggulangi penyakit tidak lebih darah (anemia), menaikan efisiensi absorsi saluran pencernaan, mengecegah kelelahan, serta menghambat terjadinya penyakit kronis pembuluh darah.
Beberapa manfaat daun katuk lain-lainnya di antaranya:
  • Menyembuhkan bisul, borok, menghilangkan darah kotor, dan menyembuhkan demam serta influenza, lantaran memiliki kandungan tidak sedikit vitamin C (lebih tinggi dari jeruk maupun jambu biji) yng Amat dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan ketahanan tubuh, membentuk kolagen, mengangkut lemak, mengatur tingkat kolesterol, menyembuhkan luka, dan menaikan fungsi otak agar bekerja maksimal.
  • Mencegah penyakit mata, menaikan pertumbuhan sel, serta melindungi kebugaran atau kesehatan kulit, lantaran memiliki kandungan tidak sedikit vitamin A.
  • Membangkitkan vitalitas seks dan menaikan kualitas serta jumlah sperma, lantaran kaya senyawa fitokimia.
  • Mencegah osteoporosis, lantaran memiliki kandungan tidak sedikit kalsium yng dibutuhkan tubuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kepadatan tulang.
Disarankan bagi atau bisa juga dikatakan untuk merebus serta menumis daun katuk berlebi dahulu sebelum dikonsumsi. Ini lebih-lebih bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilangkan sifat racun (antiprotozoa) pada daun katuk. Yng butuh diperhatikan, mengkonsumsi daun katuk dalam jumlah tidak sedikit maupun dalam kondisi mentah bisa menghasilkan banyak sekali efek samping yng tidak baik bagi tubuh. Selain mengganggu penyerapan kalsium serta fosfor, malah bisa menghasilkan gejala sulit tidur, tak enak makan, serta sesak nafas. Sponsored Links loading... Loading... .

Source Articles & Image : petanitop.blogspot.com

Seputar Begini Khasiat dan Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Begini Khasiat dan Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan