Cara Yang Benar Menanam Kencur di Polybag

- Desember 29, 2016

Cara Yang Benar Menanam Kencur di Polybag

 

Cara Menanam Kencur Yng Baik serta Benar di Polybag - Tanaman kencur adalah jenis tanaman obat yng tergolong dalam jenis temu-temuan (Zingiberaceae). Tanaman ini tidak sedikit pun dimanfaatkan menjdai bumbu masakan serta jamu (jamu beras kencur). Kencur (Kaempferia galanga L.) sebenarnya mempunyai tidak sedikit manfaat bagi kebugaran atau kesehatan, diantaranya:
  1. Mengobati sakit tenggorokan serta batuk
  2. Menghilangkan keluhan perut kembung
  3. Menghilangkan darah kotor
  4. Mengobati diare
  5. Menghilangkan radang lambung
kencur Tanaman yng kaya manfaat ini cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibudidayakan di rumah. Selain yang dengannya alasan kebugaran atau kesehatan, tentunya membudidayakan tanaman kencur bisa berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk bumbu masakan. Jenis masakan yng Suka mempergunakan kencur merupakan pecel, nasi goreng, ikan goreng, ayam goreng.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidayakan kencur tentunya tak butuh bisnis yng Amat besar, tanaman ini bisa dikembangbiakkan di polybag ataupun pot. Akan tetapi andai menginginkan dalam sekala besar, tanaman ini pun mampu ditanam di kebun ataupun ladang. Dalam melakukan penanaman kencur di kebun, pada prinsipnya tatacaranya percis yang dengannya cara menanam jahe yakni yang dengannya membentuk lahan menjadi guludan-guludan (tegalan) Bagi atau bisa juga dikatakan untuk di artikel ini yng akan dibahas merupakan mengenai cara menanam kencur di polybag ataupun pot.
Berikut merupakan langkah-langkah gampang menanam kencur di polybag ataupun pot:
Menyiapkan Bibit Kencur Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan budidaya kencur maka pemilihan bibit yng benar serta kualitas yng tidak jelek alias bagus adalah syarat utama yng butuh dipenuhi. Tanaman kencur cuma mempunyai satu jenis saja, akan tetapi sebutan dari aneka macam daerah saja yng berbeda-beda. Bibit kencur merupakan rimpang kencur itu sendiri, carilah kencur yng mempunyai buah tidak sedikit serta tak terserang hama.
Pilih rimpang yng tua (sekitar umur 10 bulan), rimpang yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk bibit merupakan rimpang yng telah terlihat mempunyai calon tunas. Minimal calon tunas yng terlihat merupakan dua calon tunas, ini menandakan bahwasanya rimpang siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk tumbuh. kumpulkan rimpang-rimpang yng terlihat tidak jelek alias bagus serta mempunyai tunas sebanyk kebutuhan (disesuaikan yang dengannya jumlah polybag).
Letakkan rimpang pada area yng tak di kenai sinar matahari secara langsung, biarkan beberapa hari sambil menyiapkan polybag ataupun pot menjdai lahan tanam.
Menyiapkan Polybag ataupun Pot
Belilah polybag yang dengannya ukuran yng agak besar, ataupun mampu mempergunakan pot bunga, andai ingin lebih besar genakan saja karung bekas beras ataupun pupuk. Isi polybag yang dengannya mempergunakan tanah yng gembur serta subur, tambahkan pupuk sangkar ataupun kompos. Campukan pun tidak banyak pasir yang dengannya perbandingan 4 :1 (4 tanah : 1 Pasir). Sesudah itu letakkan polybag di area yng teduh, serta biarkan polybag yng telah berisi tanah selama 1-2 hari agar kondisi tanah stabil.
Penanaman Kencur
Sesudah polybag dibiarkan selama 1 hari, kencur telah mampu ditanam. Ambil rimpang yng telah disiapkan tadi, serta tanamlah yang dengannya cara membuat lubang mempergunakan pisau ataupun alat lain sedalam 5-7 cm yang dengannya panjang disesuaikan yang dengannya panjang rimpang kencur. Tanamlah kencur sebanyk 2 rimpang di masing-masing polybag yang dengannya jarak tanam 10 - 15cm. hadapkan calon tunas ke atas, jangan hingga terbalik lantaran bisa menghambat pertumbuhan kencur. Pemeliharaan Tanaman Kencur Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh hasil yng panen yng tidak sedikit, tanaman kencur Perlu dipelihara. lakukan penyiraman secara rutin pagi serta sore era tak ada hujan. Tak butuh melakukan pemupukan yang dengannya pupuk kimia, lantaran ini akan dikonsumsi sendiri serta pun telah Amat cukup lantaran telah diberi pupuk sangkar ataupun kompos. Lakukan pembersihan rumput liar yng tumbuh di polybag, bersihkan yang dengannya cara mencabut.
Hama yng Suka menyerang kencur merupakan ulat pemakan daun, basmi ulat ini selagi belum tidak sedikit. Pembasmian bisa di lakukan secara manual, yang dengannya mengambil serta mematikannya.
Panen Kencur
Kencur bisa di lakukan panen ataupun rimpangnya bisa dimanfaatkan andai sudah mempunyai rimpang yng besar, umumnya era usia sekitar 7-9 bulan. Selain rimpangnya, kencur pun bisa dimanfaatkan daun mudanya yakni menjdai lalapan ataupun daun-daunan di masakan pecel.
Itulah beberapa cara gampang menanam kecur di polybag ataupun pot, serta manfaat kencur bagi kebugaran atau kesehatan. Tak ada salahnya kamu membudidayakan kencur di rumah kamu yang dengannya mempergunakan polybag ataupun media lain yng kamu anggap lebih gampang serta bisa dipakai. Andai ingin menanam kencur kapasitas besar tentunya Perlu menyiapkan bibit rimpang kencur yng tidak sedikit.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Cara Yang Benar Menanam Kencur di Polybag

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Yang Benar Menanam Kencur di Polybag