Wow…Berani Jadi Petani, Susno Dipuji Sebagai Jenderal Sejati

- Maret 18, 2017

Wow…Berani Jadi Petani, Susno Dipuji Sebagai Jenderal Sejati

 
. .

Lama tidak terdengar dikabarkan, mantan Kabareskrim Polri Komisaris Jenderal (Purn) Susno Duadji kini kembali muncul ke publik yang dengannya profesi barunya. Susno bertani di sawah. Serius? Di dinding Facebook pribadinya, Susno mengunggah beberapa foto dirinya tengah memanggul pacul di sisi hamparan sawah menghijau. Susno memberikan tajuk foto-fotonya itu yang dengannya "True My Problem". "Sejak purna tugas saya lebih banyak di kampung halaman bertani ngerjakan lahan warisan orang tua; kebun, sawah, dan pekarangan, sedikit kolam ikan," tulis Susno, Selasa (24/05/2016). "Sawah ini adalah warisan org tua saya yang juga petani, luasnya tidak seberapa. Sekarang saya garap sendiri, benaran loh !!!," tegasnya. Dalam statusnya, Susno pun memberikan kritik kepada pemeriintah yng belum berpihak kepada petani. Lebih-lebih menyoal rendahnya nilai jual gabah maupun beras dari petani. Tak sebanding yang dengannya ongkos produksi petani yng melangit, jauh panggang dari api yang dengannya penghasilan yng diperoleh.
"Persoalan yang kami hadapi, khususnya untuk petani padi adalah murahnya harga beras/gabah saat di musim panen sehingga biaya produksi; ongkos garap, pupuk, obat-obatan, benih tidak sebanding dengan uang yang didapat dari hasil jual beras/gabah," tulis pria kelahiran Pagar Alam, Sumatera Selatan 61 tahun lalu itu. "Bukan subsidi yg kami harap, tapi harga beras dan gabah yg hrs sebanding dng ongkos produksi. Import beras, mekanisme pasar beras / gabah mungkin perlu diperbaiki agar memihak rakyat kecil," kritiknya. Penghuni jagad maya mengelu-elukan mantan Kabareskrim Polri Komjen (Purn) Susno Duadji yng berani terjun ke sawah menjadi petani. Dalam Facebook pribadinya Susno mengunggah foto dirinya tengah memanggul cangkul di tengah hamparan sawah menghijau. Postingan Susno ini pun di-like oleh 2.700 pemakain jejaring Facebook.
Aneka kebanggaan pun meluncur dari netizen. "Bapak bukan jenderal lagi, tapi keputusan Bapak untuk terjun ke sawah dan berani bertani menandakan bahwa jiwa dan hati Anda mencerminkan jenderal sejati. Jenderal-jenderal lain belum tentu mampu melakukan apa yang seperti Bapak lakukan. Salut," puji pemilik akun Pak Sul, Selasa (24/05/2016). Agung Berdikari menimpali, "Barokallah pak susno....panjenengan telah memberikan contoh terbaik bagi bangsa ini tentang arti sebuah jabatan dan posisi sebuah kepemimpinan.... jabatan itu tidaklah lama.... kepemimpinan itu tidaklah selalu di atas dan di depan. Ini merupakan terjemahan langsung dari ing madya mangun karsa...." Selain banjir kebanggaan, ada juga pemakain Facebook yng mengkritisi pose Susno sebatas pencitraan. "Gak keringetan, Gak kotor-kotoran, Gak berwajah lelah. Itu sawah udah rapi, tinggal tunggu panen. Terus bapak sedang cangkulin apa? Ko kaya sekedar pose ya..?? Kalo iya, siapa pengatur adegan nya pak?? Butuh diganti tuh pak pengatur adegan/direktornya. Lantaran pendapat dari saya tidak lebih detil. Tidak lebih gereget gitu...Gak semisal petani yng sebenarnya...Kasian orang-orang pak...Keringetan beneran
Kotor2an beneran. Berwajah lelah beneran," tulis Tommy Rio Je. Dikritik cuma pencitraan, ini jawaban Susno. "Bertani tidak harus mencerminkan kelelahan, wajah petani tidak hrs identik dengan kusam, ada harapan di balik menguningnya padi, lelah disapu oleh senyum penuh harap," jawab Susno. Sumber http://nasional.rimanews.com Sponsored Links loading... Loading... .

Source Articles & Image : petanitop.blogspot.com

Seputar Wow…Berani Jadi Petani, Susno Dipuji Sebagai Jenderal Sejati

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Wow…Berani Jadi Petani, Susno Dipuji Sebagai Jenderal Sejati