Khasiat dan Manfaat Tanaman Ginseng Jawa

- Maret 08, 2017

Khasiat dan Manfaat Tanaman Ginseng Jawa

 
. .
Ginseng Jawa
Ginseng Jawa, ataupun dikenal pun yang dengannya Kolesom, ataupun Som Jawa, merupakan tanaman yng berasal dari Amerika Tropis. Ciri khas tumbuhan ini merupakan daunnya licin, tebal serta agak berdaging, serta kalau di remas mengeluarkan lendir. Batangnya sukulen, berbentuk bulat tebal, dan mengeras di bagian pangkalnya. Bunganya berbentuk daun mahkota merah ungu, berjumlah 5 helai, serta berbentuk oval. Sedangkan bijinya, kecil-kecil, berwarna hitam bila sudah tua, serta berbentuk gepeng. Akar membentuk umbi rimpang, berwarna abu-abu, cenderung coklat bila sudah cukup umur.

Nama ilmiah Ginseng Jawa ini merupakan Talinum paniculatum. Penamaan Ginseng Jawa lantaran tanaman ini mempunyai akar yng berbentuk serupa yang dengannya Ginseng Korea, selain pun mempunyai khasiat yng percis bagi atau bisa juga dikatakan untuk menambah vitalitas pada pria (afrodisiak). Bedanya yang dengannya ginseng Korea merupakan, ginseng Jawa ini mampu dipanen akarnya dalam waktu 6-7 bulan sejak mula penanaman. Akar akan menggembung bila ditanam dari biji.
Hasil penelitian melalaui riset memperlihatkan Ginseng Jawa mempunyai kandungan senyawa sapoin, tannin serta alkaloid dan senyawa-senyawa lain yng secara fisiologis melancarkan sirkulasi peredaran darah pada system syaraf pusat. Saponin memiliki efek antiradang, sedangkan tannin memiliki sifat mendinginkan.Sedangkan daunnya kaya akan vitamin A, saponin serta flavonoid , pun steroid serta minyak atsiri. Karenanya, daun ginseng Jawa memiliki kegunaan menaikan nafsu makan (stomakik) serta melancarkan produksi ASI.
Penanaman Ginseng Jawa ini Amat gampang, mampu melalui biji, serta pun stek batang, serta pucuk batang. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk masa panen akar, Ginseng Jawa memerlukan waktu 6 bulan hingga 1 tahun ,dimulai sejak awal penanaman. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk panen daun, cuma memerlukan waktu sekitar 2-3 bulan. Daun yng akan dipanen, haruslah daun yng masih muda, agar tak pahit rasanya. Selain itu, bagi atau bisa juga dikatakan untuk memasak daun ginseng Jawa, tak butuh memakan waktu yng lama. Cukup sebentar saja. Jangan di remas, lantaran akan mengeluarkan lendir.
Ginseng Jawa sebenarnya mampu dipakai pun menjdai tanaman hias. Mampu subur bila ditanam dalam pot, asal tercukupkan nutrisinya melalui penyiraman serta pemupukan teratur. Akan tetapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjadikan tanaman ini menjdai obat herba, butuh diwaspadai media tanamnya. Jangan hingga media tanam memiliki kandungan logam berat, lantaran Ginseng Jawa mampu menyerap racun yng ada dalam logam berat yang telah di sebutkan.
Pemakaian Ginseng Jawa menjdai obat herba tak boleh sembarangan di lakukan. Lebih-lebih dalam penggunaan akarnya. Akar ginseng Jawa bersifat diuretik, yng bisa memicu diare. Karenanya, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilangkan sifat diuretiknya, bila hendak dipakai menjdai obat herba, haruslah dicuci bersih, lalu dikukus selama 30 menit. Setelahnya, keringkan, serta simpen dalam wadah kedap udara kalau belum dipakai.
Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk daun, dipakai dalam keadaan segar. Mampu dipakai pun menjdai sayur, lalapan, ataupun campuran mi. Namun butuh diwaspadai bagi atau bisa juga dikatakan untuk tak mengkonsumsinya berlebihan. Mampu memicu mual serta mumet akut. Bila itu terlaksana, minum kopi kental tanpa gula serta beristirahat di tempat terbuka, dimana udara mengalir bebas.
Beberapa khasiat Ginseng Jawa merupakan semisal yang akan di sajikan kali ini :
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menambah stamina pria: 50 gr Akar ginseng jawa yng sudah dikeringkan Tidak banyak brem ¾ gelas air panas Cara : iris tipis akar ginseng jawa. Masukkan edalam gelas. Kasih air panas sebanyk ¾ gelas, tambahkan brem. Tutup sebentar sampai-sampai air menjadi Anget. Minum selagi Anget. Ramuan diminum 2 kali sehari, pagi serta malam sebelum tidur.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Bisul Daun ginseng Jawa segar secukupnya Gula merah, tidak banyak saja. Cara: Daun ginseng Jawa dilumatkan bersama gula merah, lalu ditempelkan pada bisul. Balut yang dengannya perban. Lakukan 2 kali sehari.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menambah nafsu makan serta melancarkan Asi Daun ginseng jawa segar secukupnya, ditumis ataupun di lalap menjdai sayuran.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Pengobatan Kasih-Kasih 3-5 gr akar ginseng jawa segar, kukus selama 15 menit. Lalu Rebus yang dengannya 1 gelas air sampai-sampai mendidih. Air rebusan diminum 1 kali sehari.
Mudah-mudahan berguna.
Sumber : http://bundaberkebun.blogspot.co.id/2015/01/tanaman-herba-ginseng-jawa-dan.html
Sponsored Links loading... Loading... .

Source Articles & Image : petanitop.blogspot.com

Seputar Khasiat dan Manfaat Tanaman Ginseng Jawa

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Khasiat dan Manfaat Tanaman Ginseng Jawa