Cara Mudah Menanam Kangkung di Pot

- Maret 04, 2017

Cara Mudah Menanam Kangkung di Pot

 

Cara menanam kangkung di Pot ataupun Polybag - Kangkung (Ipomoea aquatica Forsk) adalah tanaman sayuran yng tidak sedikit dijumpai di Indonesia. Tanaman ini kerap tumbuh di area yng berair semisal sawah ataupun sungai. Ada dua jenis kangkung yng Suka dijumpai yakni kangkung sawah (kelompok lowland) serta kangkung darat (kelompok alba).
cara menanam kangkung Selain rasanya yng enak era dioleh menjadi sayur, kangkung pun mempunyai tidak sedikit manfaat bagi kebugaran atau kesehatan tubuh, diantaranya:
  1. mengatasi Insomnia, Kandungan selenium serta zinc pada kangkung bisa menghasilkan efek mengantuk serta terlelap pada orang yng mengkonsumsinya.
  2. Mengatasi sembelit, kangkung dipercaya mempunyai tidak sedikit kandungan serat yng bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperlancar pencernaan.
  3. Mencegah anemia, kandungan zat besi yng terdapat pada kangkung bisa menambah hemoglobin pada tubuh kita-kita menjadikan mencegah terjadinya anemia.
  4. Melindungi daya tahan tubuh serta kebugaran atau kesehatan mata, kandungan Vit C serta Vit A Amat bermanfaat bagi kekebalan tubuh serta kebugaran atau kesehatan mata.
Itulah beberapa manfaat yng diberikan dari tanaman kangkung bagi kebugaran atau kesehatan, selain itu pun kangkung pun dipercaya bisa melindungi kebugaran atau kesehatan hati (liver) serta melindungi usus dari parasit. Yang dengannya manfaat yng diberikan tak salah andai kita membudayakan kangkung di rumah kita bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebutuhan sehari-hari. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidayakan kangkung di rumah bisa di lakukan di Tanah pekarangan ataupun dipot serta polybag. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam kangkung di pot ataupun polybag kita Perlu memilih jenis kangkung darat, cara menanamnya bisa di lakukan yang dengannya cara menjdai berikut:
Menyiapkan bibit kangkung
Menanam kangkung sebetulnya bisa secara langsung yang dengannya menanam biji kangkung di area tanam, akan tetapi pun bias di lakukan penyemaian berlebi dahulu. Bibit kangkung bisa diperoleh dari toko pertanian.
bibit kangkung
Biji Kangkung
Andai kamu memilih bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyemai bibit berlebi dahulu, kamu Perlu membuat area semaian yang dengannya menggemburkan Tanah yang dengannya luasan tertentu sesuai kebutuhan tanam serta jumlah bibit. Bentuk area semaian menjadi guludan ataupun tegalan. Sesudah itu taburkan pupuk sangkar ataupun pupuk kompos, biarkan 1 hari area semaian. Sesudah satu hari taburkan biji kangkung yng sudah dibeli secara merata serta tutup yang dengannya Tanah secara merata serta tipis. Tutup area semaian yang dengannya jarring ataupun daun-daun yang dengannya jarak 20 cm-30cm dari permukaan semaian. Lakukan penyiraman secara teratur pagi serta sore, umumnya benih kangkung akan tumbuh sesudah 5 -7 hari dari penaburan. Bibit cuma bias dipindah andai telah memiliki daun 3 - 4 helai ataupun tinggi 10-15 cm.
Andai kamu tak mau ribet, kamu bisa menanam secara langsung biji kangkung di pot ataupun polybag yng sudah disiapkan.
Menyiapkan Pot ataupun Polybag
Pot yng dipakai merupakan pot bunga yng meiliki lubang-lubang kecil pada bagian bawahnya, akan tetapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghemat biaya pot ataupun polybag bisa diganti yang dengannya mempergunakan kaleng ataupun ember bekas. Pilih sesuai keinginan bagi atau bisa juga dikatakan untuk wadah yng dibutuhkan, andai mempergunakan pot yng dibeli di took ataupun polybag kamu tak butuh membuat lubang-lubang bagi atau bisa juga dikatakan untuk resapan air. Andai mempergunakan kaleng bekas ataupun ember bekas kamu butuh membuat lubang-lubang kecil di bagian bawah ember ataupun kaleng. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat lubang bisa di lakukan yang dengannya mempergunakan paku ataupun besi yng dipanasi. Sesudah wadah sudah disiapkan, langkah selanjutnya merupakan mengisi wadah. Isilah wadah yang dengannya mempergunakan Tanah gembur yng sudah dicampur yang dengannya pupuk sangkar ataupun pupuk kompos (1kompos : 2 Tanah). Biarkan pot ataupun polybag selama 1 -2 hari sebelum ditanami, agar kondisi unsur hara akibat pengadukan Tanah stabil.
Menanam Bibit Kangkung
Sesudah bibit kangkung yng disemai telah tumbuh serta siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipindah, lakukan pencabutan kangkung yng disemai secara perlahan agar akar tak rusak. Sesudah itu bibit bisa langsung di tanam pada pot ataupun polybag yng sudah diisi tanah serta pupuk sangkar. Buatlah lubang pada pot ataupun polybag yang dengannya menekan jari telunjuk kamu, buat lubang sebanyk 3 buah yang dengannya kedalaman 10-15 cm. Lantas masukkan 2 bibit kangkung pada setiap lubang lantas tekan tanah yng ada disamping lubang agar lubang tertutup. Jangan menekan terlalu kencang, lantaran bibit kangkung rentan patah. Lakukan hal yng percis pada pot ataupun polybag selanjutnya hingga seluruh pot ataupun polybag yng disediakan tertanami.
Andai kamu memilih bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam langsung biji kangkung di pot ataupun polybag, bisa di lakukan hal yng percis yang dengannya membuat lubang mempergunakan jari sebanyk 3 lubang. Lantas masukkan 2 biji kangkung pada setiap lubang. lantas tutup lubang yang dengannya tanah. Biarkan sambil tetap menyiram 2 hari sekali hingga bibit kangkung tumbuh. Sesudah tumbuh penyiraman Perlu di lakukan setiap pagi serta sore hari.
Perawatan Kangkung
Penyiraman Perlu di lakukan setiap pagi serta sore hari. Andai musim hujan penyiraman bisa dihentikan. Perawatan yng butuh di lakukan lain-lainnya merupakan membersihkan rumput yng tumbuh di pot ataupun polybag. Pemberian pupuk pun Amat dianjurkan, akan tetapi sebaiknya pupuk organik lantaran kangkung ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikonsumsi agar tak membahayakan kebugaran atau kesehatan kamu.
Panen Kangkung
Masa panen kangkung darat merupakan 25-30 hari dari penanaman. Kangkung darat sebaiknya dipanen yang dengannya cara mencabut kangkung yang dengannya akarnya. Akan tetapi andai kamu menginginkan agar mampu dipanen 2 kali, pemanenan kangkung bisa di lakukan yang dengannya memotong kangkung mempergunakan pisau.
Kangkung yng segar hasil panen sendiri yang dengannya penanaman secara organik siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan sayur bagi keluarga, selain menambah rasa enak bagi makanan kamu, kangkung pun akan menghasilkan tidak sedikit manfaat bagi kebugaran atau kesehatan keluarga kamu.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Cara Mudah Menanam Kangkung di Pot

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Mudah Menanam Kangkung di Pot