Budidaya Pohon Waru ? Baca Cara Menanamnya yg Benar

- Maret 13, 2017

Budidaya Pohon Waru ? Baca Cara Menanamnya yg Benar

 

Cara Menanam Pohon Waru Yng Benar - Pohon Waru (Hibiscus tiliaceus) ataupun Suka disebut pun pohon dadap laut ataupun waru laut adalah tanaman yng Suka dimanfaatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat rindang pinggir jalan ataupun di pantai-pantai. Pohon Waru bisa tumbuh gampang di hampir seluruh daerah, tanaman ini akan mempunyai batang yng lurus andai kondisi tanahnya subur, akan tetapi akan mempunyai tidak sedikit cabang serta bengkok andai kondisi tanahnya tidak lebih subur. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidayakan pohon waru di perkebunan ataupun lahan kosong bisa di lakukan yang dengannya biji ataupun stek. Cara yng paling tidak sedikit dipakai merupakan dari bijinya. Andai dikembangbiakkan yang dengannya stek batang, tunasnya rentan patah. Selain itu, pertumbuhan pohon waru pun Amat cepat walaupun dibudidayakan dari bijinya.
pohon waru laut, waru doyong, pohon baru
Cara Menanam pohon waru bisa di lakukan yang dengannya cara yng percis yang dengannya cara menanam pohon sengon, kedua jenis tanaman ini tidak sedikit dibudidayakan oleh petani bagi atau bisa juga dikatakan untuk dimanfaatkan kayunya serta menjdai investasi jangka panjang selain menanam pohon jati. Berikut beberapa cara menanam pohon waru yng baik serta benar:
Menyiapkan Bibit Waru
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh bibit pohon waru yng unggul butuh kejelian dalam mencari benih, benih pohon waru sebaiknya diambil dari pohon waru yng mempunyai pohon yng lurus. Ambil biji-biji pohon waru dari buahnya yng telah mengering.
Jemur biji waru yang telah di sebutkan selama 1 jam di terik matahari, angkat serta letakkan di area yng teduh. Siapkan media semai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempersiapkan bibit pohon waru yng siap tanam. Media semai bisa mempergunakan polytube (rak semai), pun mampu mempergunakan polybag kecil. Isi wadah semai yang dengannya mempergunakan tanah gembur serta campurkan pupuk sangkar yang dengannya perbandingan 1:1.
Sesudah media semai telah siap, langkah selanjutnya merupakan menanam biji waru ke dalam polybag. Sebelum disemai, sebaiknya biji-biji waru yang telah di sebutkan direndam ke air Anget selama 1 malam (air jangan terlalu panas, cukup Anget saja). Pisahkan biji waru yng mengapung, serta ambil biji yng tenggelam saja bagi atau bisa juga dikatakan untuk disemai.
Masukkan biji waru ke dalam media semai, yang dengannya jumlah 1 biji bagi atau bisa juga dikatakan untuk 1 media semai saja. Letakkan media semai di area yng teduh ataupun berilah jaring semai agar mengurangi intensitas cahaya masuk agar kondisi semaian tetap lembab.
Lakukan penyiraman setiap pagi serta sore hari hingga tanaman pohon waru mencapai tinggi 15cm, sesudah itu pindahkan polybag ke lokasi yng lebih kuas agar bibit-bibit yang telah di sebutkan mendaat ruang bagi atau bisa juga dikatakan untuk tumbuh (Penjarangan). Bibit waru bisa dipindahkan ke lahan tanam permanen sesudah mencapai ketinggian 30cm - 40cm.
Menyiapkan Lubang Tanam
Buatlah lubang tanam yang dengannya ukuran 40cmx40cm yang dengannya kadelaman 40cm-50cm. Isi lubang yang dengannya pupuk sangkar hingga 2/3 bagian terisi. Andai kamu ingin menanam pohon waru dalam jumlah tidak sedikit, maka buatlah lubang tanam yang dengannya ukuran yng percis pada jarak 5meter dari lubang sebelumnya (5m x 5m) ataupun ada sebagian petani yng menanam yang dengannya jarak 6m x 6m, serta 4m x 4m.
Sesudah lubang terisi pupuk sangkar, biarkan lubang selama 3 minggu agar pupuk sangkar meresap sempurna dalam tanah.
Menanam Bibit Pohon Waru
Sesudah bibit waru telah mencapai tinggi 30cm-40cm, maka bibit waru sudah siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditanam ke lahan tanam permanen yng disediakan. Pindahkan bibit ke lubang tanam yng digali tadi, buka polybag yang dengannya cara merobek secara perlahan agar tanah semaian tak pecah.
Masukkan bibit ke dalam lubang tanam, serta lakukan penutupan serta pemadatan kembali yang dengannya sisa galian tanah yng ada di sekitar lubang. Penanaman sebaiknya di lakukan sore hari pada awal musim penghujan agar tak butuh repot bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan penyiraman.
Melakukan Perawatan Pohon Waru
Pohon waru ataupun pohon baru terkenal yang dengannya perawatannya yng tak sulit, pohon ini biasa hidup liar. Akan tetapi andai kamu ingin membudidayakan pohon waru secara profesional agar memperoleh pohon waru yang dengannya kualitas baik era dipanen, maka perawatan Perlu tetap di lakukan.
Perawatan pada pohon waru yng pertama merupakan melakukan penyulaman pada bibit yng mati, sesudah itu penyiangan terhadap tumbuhan perdu yng tumbuh disekitar bibit pohon waru yng ditanam.
Sesudah pohon tinggi mencapai 1,5meter, maka pemangkasan cabang Perlu di lakukan agar pohon waru lurus serta tak terlalu tidak sedikit mata (bekas cabang) pada kayunya menjadikan memberi pengaruh kualitas kayu waru kelak era dipanen.
Itulah beberapa langkah cara menanam pohon waru, pohon waru yng dibudidayakan yang dengannya cara benar akan Amat memberikan keuntungan. Lantaran permintaan akan kayu waru cukup tidak sedikit bagi atau bisa juga dikatakan untuk keperluan mebel, furniture, serta bahan bangunan. Pohon waru bisa dipanen sesudah mencapai diameter minimal 20cm, akan tetapi andai kamu sabar berinvestasi maka pohon waru bisa ditunggu hingga 10 tahun agar diameternya lebih besar.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Budidaya Pohon Waru ? Baca Cara Menanamnya yg Benar

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Budidaya Pohon Waru ? Baca Cara Menanamnya yg Benar