5 Cara Menanam Pisang Yang Wajib Anda Baca

- Maret 19, 2017

5 Cara Menanam Pisang Yang Wajib Anda Baca

 

Cara menanam buah Pisang yng baik serta benar - Pisang merupakan jenis tanaman buah yng mempunyai buah berbentuk menjari (sisir) yng menyatu dalam satu tandan. Tanaman ini bisa tumbuh baikdi daerah yang dengannya iklim tropis panas serta lembab, lebih-lebih dataran rendah. Buah pisang dipercaya tidak sedikit mempunyai manfaat bagi kebugaran atau kesehatan tubuh, diantaranya:
  1. Menjdai Sumber energy, kandungan kalori dalam pisang bisa membantu mengatasi era kondisi lapar
  2. Baik bagi Ibu hamil, kandungan asam folat pada pisang bermanfaat membantu perkembangan otak serta tulang belakang janin.
  3. Mengurangi Anemia, kandungan zat besi dalam pisang membantu mengurangi anemia yng Suka memicu lemah serta lesu.
  4. Mengurangi Hipertensi, kandungan senyawa kalium pada pisang penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu mengatur fungsi jantung, tekanan darah, saraf serta aktivitas otot.
pisang
Jenis-jenis Pisang yng tidak sedikit dikenal di Indonesia merupakan Pisang Kepok, Pisang Ambon, Pisang Moli, Pisang Susu, Pisang Raja. Tentunya masing-masing jenis pisang mempunyai ciri khas serta rasa yng berbeda. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidayakan pisang bisa di lakukan yang dengannya cara vegetative yakni yang dengannya system tunas. Cara menanam pisang bisa di lakukan yang dengannya beberapa langkah berikut:
Memilih Bibit Pisang
Pilihlah jenis pisang yng sesuai yang dengannya keinginan kamu, bila diharapkan tanyakan ke para petani ataupun pemilik pohon pisang tetang jenis pisang yng ada. Sesudah jenis pisang telah ditentukan, maka langkah selanjutnya merupakan mengambil tunas ataupun anak pohon pisang.
Tunas pisang yng dijadikan bibit sebaiknya merupakan tunas yng telah agak besar, yng mempunyai tinggi sekitar 50cm - 100 cm. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memotong tunas pisang dilakuikan yang dengannya cara menggali Tanah tempat pohon pisang tumbuh hingga terlihat bonggol pisang (umbi pisangnya), potong umbi ataupun bonggol pisang yang dengannya mempergunakan golok ataupun cangkul ataupun bias pun mempergunakan dodos sawit (alat panen sawit berbentuk tombak pipih). Yng butuh diperhatikan merupakan jangan memotong pisang pada pohonnya, namun bonggolnya.
Membuat Lubang Tanam
Buatlah lubang tanam yang dengannya ukuran 50cm x 50 cm yang dengannya kedalaman 50 cm ataupun disesuaikan yang dengannya besarnya bonggong tunas yng dijadikan bibit. Isi yang dengannya pupuk sangkar ataupun pupuk sangkar.
Menanam Pisang
Tunas pisang yng sudah dipotong bisa langsung ditanam, masukkan bonggol tunas ke lubang tanam yng sudah disiapkan, serta tutup yang dengannya Tanah sisa galian yng ada disekitar lubang, lantas padatkan.
Hal yng butuh kamu ketahui era menanam pohon pisang merupakan kamu bisa mengatur arah buah pisang nantinya. Buah pisang selalu berlawanan arah yang dengannya bekas potongan tunas dari induknya. Jadi arahkan bekas sayatan bonggol era memilih bibit tadi (langkah pertama) berlawanan yang dengannya arah buah pisang yng kamu inginkan.
Merawat Pohon Pisang
Perawatan pada tanaman pisang tak begitu sulit, pemupukan di lakukan yang dengannya pupuk sangkar saja serta pembersihan semak-semak sekitar. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan buah yng mempunyai kualitas, sebaiknya kurangi jumlah anak (tunas yng tumbuh). Cukup sisakan 1-2 tunas saja agar pohon pisang cepat berbuah.
Andai kamu menanam pisang dalam jumlah tidak sedikit bagi atau bisa juga dikatakan untuk keperluan pertanian, maka tanaman pisang bisa di lakukan pemupukan yang dengannya pupuk kimia. Dalam 1 hektar lahan, Tanaman pisang memerlukan 600 kilogram KCl, 200 kilogram urea, 100 kilogram super fosfat, serta 200 kilogram batu kapur menjdai sumber utama kalsium
Rapikan daun-daun keringnya yang dengannya menebas, serta letakkan dibawah pohonnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk tambahan pupuk dan melindungi kelembapan tanah.
Panen Buah Pisang
Buah pisang umumnya akan berbuah pada umur 100-120 hari dari berbunga, serta bisa dipanen andai kondisi buah telah matang ataupun tua. Ciri-ciri buah pisang yng siap panen merupakan kulit buahnya telah berganti warna kekuning-kuningan, serta bentuk buah tak lagi menyiku (hampir bulat).
Cara memanen di lakukan yang dengannya memotong buah pisang dari tandannya, serta menebang pohonnya hingga ke pangkal. Pohon pisang yng dipotong bisa dikumpulkan di bawah tunas baru ataupun anaknya bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kelembapan tanah.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercepat proses pematangan buah pisang, sebaiknya letakkan buah pisang yng masih ditandang secara terbalik, agar getahnya cepat keluar. Ataupun andai bagi atau bisa juga dikatakan untuk kjeperluan dagang, maka proses pematangan bisa di lakukan yang dengannya diperam serta ditambahkan karbit. Itulah 5 langkah menanam buah pisang yng wajib dibaca agar memperoleh buah yng tidak sedikit. Selain enak serta berharga ekonomis, buah pisang pun mempunyai tidak sedikit manfaat bagi kebugaran atau kesehatan kita-kita.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar 5 Cara Menanam Pisang Yang Wajib Anda Baca

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 5 Cara Menanam Pisang Yang Wajib Anda Baca