Cara Membuat Pakan Alternatif Ternak Bebek dan Entok

- Maret 20, 2017

Cara Membuat Pakan Alternatif Ternak Bebek dan Entok

 
. .
Entok mampu dikatakan menjdai hewan pemakan segalanya, unggas ini Amat efisien dalam merubah segala jenis pakan menjadi daging. Dalam kondisi pakan tidak baik sekalipun entok mampu berproduksi yang dengannya baik, itulah satu dari sekian banyaknya kelebihan dari bebek serati ini. Selain itu entok pun mempunyai sifat pengeraman menjadikan pada budidaya secara konvensional Suka kali entok dipakai menjdai mesin tetas telur bebek. Harga jual telur hewan ternak ini pun lebih tinggi dari harga telur ayam ras.
Yang dengannya aneka macam kelebihan itu sebenarnya populasi entok di Indonesia jauh lebih rendah bila dibandingkan yang dengannya populasi ayam broiler, kenapa demikian? Hal itu lantaran masa periode produksi ternak entok lebih lama daripada ayam broiler. Entok mampu dipanen minimal pada usia 9 bulan, berbeda yang dengannya ayam broiler yng mampu dipanen yang dengannya masa budidaya 1 bulan. Masa budidaya entok ini butuh disikapi yang dengannya bijak oleh para peternak lebih-lebih terkait efisiensi pakan. Andai kita mengabaikan efisiensi walhasil kerugian yng kita bisa.
Mengingt entok bisa mengkonsumsi pakan kualitas tidak baik seharusnya menjdai peternak komersil kita mampu mempergunakan serta memanfaatkan pakan-pakan pengganti selain pelet, agar biaya pakan mampu diminimalisir. Banyak sekali limbah pertnian mampu dijadikan pakan entok serta dedak kualitas rendah – sedang mampu dijadikan menjdai konsentrat harian. Banyak sekali jenis siput pun baik dijadikan pakan entok, siput semisal keong emas yng adalah hama tanaman padi mampu kita olah menjadi suplemen bermutu utuk entok. Siput-siputan memiliki kandungan tidak sedikit protein pada dagingnya serta mineral pada cangkangnya, kandungan ini Amat baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan serta perkembangan entok pedaging serta petelur.
Cara membuat konsentrat bagi atau bisa juga dikatakan untuk ternak entok:
  • Campur dedak kasar – sedang, air, serta tidak banyak tepung ikan.
  • Buat menjadi adonan agak cair
  • Kasih pada entok sekali sehari, 10 - 25 gram/ ekor.

Sebetulnya bekatul (dedak) + air serta garam saja telah cukup menjdai konsentrat ternak bebek entok, karena pada fakta unggas kebal ini Amat baik dalam mencerna pakan kualitas tidak baik sekalipun. Akan tetapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk memacu pertumbuhan alangkah lebih baik ditambah sumber-sumber protein serta mineral lain semisal tepung ikan yng harganya tidaklah semahal pelet.
Selain itu efisiensi ataupun meningkatkan secara optimal penggunaan pakan mampu pun dilakukann yang dengannya cara mengagon (lepas dari sangkar). Dalam hal mencari jalan pulang entok lebih birip yang dengannya ayam daripada yang dengannya bebek, seekor entok cuma mau tidur di tempat biasa ditidurinya (sangkar), serta hewan ini tahu persis jalan pulang ke kandangnya, berbeda denga bebek petelur yng mampu bertelur serta tidur dimana saja. Yang dengannya melepasnya dari sangkar serta membiarkan entok mencari makanan tambahan diluar sangkar bisa menghemat penggunaan pakan 40 – 70%.
Limbah-limbah pertanian semisal sisa sayuran serta buah cukup disukai ternak entok, oleh lantaran itu tak ada kesulitan berguna dalam penyediaan pakan pada budidaya ternak entok.Selamat Berupaya Sponsored Links loading... Loading... .

Source Articles & Image : petanitop.blogspot.com

Seputar Cara Membuat Pakan Alternatif Ternak Bebek dan Entok

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Membuat Pakan Alternatif Ternak Bebek dan Entok