Menanam Sayur Hidroponik ? Ini Contoh Termudah dan Termurah

- Februari 24, 2017

Menanam Sayur Hidroponik ? Ini Contoh Termudah dan Termurah

 

Cara Menanam Sayuran Secara Hidroponik - Hidroponik (Hydroponic) adalah metode penanaman yang dengannya mempergunakan serta memanfaatkan air menjdai media tanamnya, air berfungsi menghantarkan nutrisi ke tanaman. Penggunaan air pada cara budidaya tanaman mempergunakan hidroponik ini lebih tidak banyak dibanding yang dengannya menanam tanaman pada tanah secara langsung. Walaupun media tumbuhnya mempergunakan air, akan tetapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat system hidroponik masih dibutuhkan media tumbuh lebih-lebih pada era penyemaian serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengikat nutrisi yng dialirkan air.
Tanaman Sayuran, Cara menanam sayuran dengan hidroponik, bentuk hidroponik, contoh hidroponik yang murah, media tumbuhb hidroponik,
Pic/Pixabay

Media Tumbuh Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Hidroponik Yng Baik - media hidroponik yng baik merupakan media yng mampu melindungi kadar udara dalam air, melindungi kestabilan pH air, gampang dibersihkan kembali, mampu dipakai kembali ataupun ramah lingkungan, murah serta gampang didapat, ringan serta mampu dipakai di dalam ruangan serta diluar ruangan. Berikut beberapa media hidroponik yng tidak jelek alias bagus dipakai:
Cocopeat/Coconut Coir terbuat dari sabut kelapa yng digiling bagi atau bisa juga dikatakan untuk dihaluskan serta dicetak membentuk kotak-kotak. Media yng satu ini cukup baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya tanaman secara hidroponik, selain bisa menahan kandungan air, coco peat pun bisa mempermudah akar tanaman mencapai air yng memiliki kandungan nutrisi.
Perlite adalah lapisan mineral silica yng sudah mengalami proses pemanasan pada suhu tinggi. Pemanasan yang telah di sebutkan sudah menghasilkan mineral mengalami pengembangan. Hasil nya merupakan bahan yng steril porositas tinggi yng mampu menyerap air dalam jumlah tidak sedikit yang dengannya cepat dan gampang dikeringkan secara cepat. Akan tetapi media ini terbilang tidak murah, lantaran belum tidak sedikit yng memproduksinya.
Leca (Lightweight expanded clay aggregate) terbuat dari material lempung (clay) yng dipanaskan yang dengannya suhu tinggi serta dibentuk menjadi agregat.
Rockwool terbuat dari bebatuan, biasanya kombinasi dari batuan basalt, batu kapur, serta batu bara, yng dipanaskan mencapai suhu 1.600 derajat Celcius menjadikan meleleh menjadi semisal lava, dalam keadaan mencair ini, batuan yang telah di sebutkan disentrifugal membentuk serat-serat. Media tanam ini memiliki kelebihan dibandingkan yang dengannya media lain-lainnya lebih-lebih dalam hal perbandingan komposisi air serta udara yng bisa disimpan oleh media tanam ini.
Beberapa Teknik Hidroponik Yng Mampu Dibuat
Membicarakan metode pembuatan hidroponik sebetulnya mempunyai tidak sedikit bentuk dari yng paling simpel yang dengannya mempergunakan serta memanfaatkan botol bekas hingga mempergunakan peralatan-peralatan khusus yng Perlu dibeli. Akan tetapi pada tulisan atau artikel di artikel ini akan dibahas 1 metode menanam hidroponik yng gampang di lakukan di rumah.
Hidroponik System Rakit (Raft)
Cara menanam Hidroponik ini terhitung cukup gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibuat serta biayanya cukup murah. Perlengkapan bisa mempergunakan serta memanfaatkan barang-barang yng ada di rumah. Cuma sebagian perlengkapan yng butuh dibeli semisal pompa air, media tumbuh, serta nutrisi. Kenapa disebut hidroponik system rakit lantaran pada metode hidroponik ini media tanamnya akan mengapung mengikuti level air yng ada dalam wadah.
Perlengkapan Hidroponik yng diharapkan dalam membuat Hidroponik system rakit (Raft) merupakan menjdai berikut:
Bahan:
  1. styrofoam (gabus)
  2. Bak / wadah air
  3. Pot Hidroponik (mampu mempergunakan bekas gelas air meneral yng dibolongi)
  4. Media tumbuh Hidroponic
  5. Pompa akuarium
  6. Selang


Perlengkapan :
  1. Bor Listrik
  2. Hole saw (mata bor bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat lubang besar)
  3. Cutter
  4. Gunting
  5. Lem
Langkah-langkah membuat hidroponik system raft:
  • Buat mal bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyesuaikan ukuran styrofoam yang dengannya ukuran wadah air, Ukur ketebalan wadah yng akan kamu genakan.

Source : How To Hydroponic-Keith Roberto
  • Potong styrofoam sesuai yang dengannya garis mal yng dibuat serta dikurangi tebal wadah, agar styrofoam bisa masuk ke dalam wadah.

Source : How To Hydroponic-Keith Roberto
  • Buat lubang pada styrofoam yang dengannya mempergunakan hole saw, ataupun alat lain yng bisa digunakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melubangi semisal pada gambar. Jarakantar lubang bisa kamu atur sesuai keinginan kamu serta jenis tanaman yng akan ditanam. Besarnya lubang disesuaikan yang dengannya pot hidroponik yng akan dipakai.

Source : How To Hydroponic-Keith Roberto
  • Buat tanda yang dengannya mempergunakan spidol ataupun buat garis indikator bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan berita wacana batas minimun air dalam wadah, menjadikan kamu butuh menambahkannya era styrofoam mencapai level yang telah di sebutkan (gambar di atas).
  • Buat lubang pada bagian dinding wadah air yang dengannya mempergunakan bor, serta masukkan selang. Pastikan bahwasanya diameter lubang percis yang dengannya ukuran selang. Serta lakukan pengeleman bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah kebocoran.
Source : How To Hydroponic-Keith Roberto
  • Mulai lakukan penanaman tanaman yng kamu sukai, genakan media tumbuh mampu mempergunakan coco peat serta leca.
  • Isi wadah yang dengannya air serta nutrisi yng berfungsi menjdai pupuk. Hingga styrofoam pada level maximum.
Source : How To Hydroponic-Keith Roberto

Itulah pemaparan mengenai system penanaman hidroponik (hydroponic) beserta media tumbuh yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan penanaman secara hidroponik ini. Tentunya budidaya tanaman secara hidroponik pun Amat ditunjang yang dengannya nutrisi yng dimasukkan di dalam air, nutrisi bisa dibuat sendiri yang dengannya mempergunakan serta memanfaatkan bahan-bahan organik yng ada serta pun bisa dibeli di toko-toko online. System penanaman hidroponik mempunyai tidak sedikit varian, akan tetapi yng kami bahas di artikel ini mengenai system rakit (raft system) lantaran Amat gampang dipraktikkan serta biayanya terbilang cukup murah. Kamu pun mampu membuat Tanaman Hidroponik yang dengannya mempergunakan serta memanfaatkan botol bekas.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Menanam Sayur Hidroponik ? Ini Contoh Termudah dan Termurah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Menanam Sayur Hidroponik ? Ini Contoh Termudah dan Termurah