Menanam Mangga Kuweni Agar Cepat Berbuah, Baca ini

- Februari 19, 2017

Menanam Mangga Kuweni Agar Cepat Berbuah, Baca ini

 

Cara Menanam Mangga Kuweni dari Bijinya Yng Baik serta Benar - Mangga Kuweni adalah satu dari sekian banyaknya jenis buah mangga yng mempunyai aroma yng lebih harum dibanding yang dengannya buah mangga lain-lainnya, keharuman buah mangga kuweni menjadi daya tarik sendiri bagi jenis mangga ini. Buah ini dikenal yang dengannya nama-nama yng serupa di banyak sekali daerah: kweni, asam membacang, macang, lekup (Melayu); kuwini, ambacang, embacang, lakuik (Minang kabau); kuweni, kebembem (Betawi); kaweni, kawini, bembem (Sunda.); kaweni, kuweni, kweni (Jawa); kabeni, beni, bine, pao kabine (Madura), pao kaeni (P. Sapudi); kweni, weni (Bali); mangga kuini (Sulawesi utara); kuini, guin, koini, kowini, koine, guawe stinki, sitingki, hitingki (aneka sebutan di Maluku)
Cara menanam mangga, mangga kuweni
Budidaya mangga kuweni bisa di lakukan yang dengannya cara yng percis yang dengannya cara menanam mangga harum manis, yakni cara menanam secara generatif (mempergunakan biji) ataupun Vegetatif (cangkok, okulasi, sambung pucuk). Berikut beberapa langkah cara menanam pohon buah mangga kuweni yng benar agar cepat berbuah:
Menyiapkan Bibit Pohon Mangga Kuweni
Andai kamu ingin menanam buah mangga dari biji, maka pilihlah jenis mangga kuweni yng mempunyai silsilah buah yng tidak jelek alias bagus. Ambil buah yng telah masak di pohon, pisahkan biji mangga (pelok) dari dagingnya. Lantas semailah biji mangga ke lahan disekitar rumah kamu yng mempunyai tektur gembur serta subur. Biarkan hingga biji yang telah di sebutkan mengeluarkan tunas serta tumbuh.
Sesudah tumbuh serta mencapai tinggi 20 cm, pindahkan bibit ke polybag yng disi yang dengannya campuran tanah serta pupuk sangkar. Rawatlah bibit hingga mencapai tinggi 70cm sebelum dipindah ke lahan tanam permanen.
Akan tetapi andai kamu ingin menanam kuweni yng cepat berbuah, maka cara menanam mangga kuweni sebaiknya di lakukan secara vegetatif, baik yang dengannya cangkokan maupun okulasi. Bibit mangga hasil cangkokan bisa diperoleh dari pedagang tanaman buah serta taman, umumnya akan ada varietas mangga kuweni yng telah jadi. menjadikan tak butuh repot-repot bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan pencangkokan sendiri. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memilih bibit di pedagang bibit, sebaiknya tanyakan secara detail perihal jenis mangga yng akan dibeli, serta pilihlah tanaman yng belum tidak sedikit mempunyai cabang akan tetapi terlihat subur serta tegak batangnya. Keuntungan dari membeli bibit merupakan kita tak butuh repot-repot melakukan pencangkokan, serta bibit yng dibeli mampu langsung ditanam. Sementara andai cangkokan sendiri waktu yng dibutuhkan akan agak lama.
Keuntungan andai ingin melakukan pencangkokan sendiri merupakan kita bisa mengetahui secara pasti kualitas dari pohon yng akan dijadikan bibit, pilihlah pohon mangga yng mempunyai buah tidak jelek alias bagus, tak terserang hama pada buahnya, serta kualitas cabangnya pun Perlu yng terlihat subur. Lakukan pencangkokan secara benar, agar menghasilkan bibit yng unggul serta akarnya tidak sedikit.
Sesudah cangkokan sudah mempunyai akar, maka bisa di lakukan pemotongan di bagian bawah cangkokan (2-5 cm dari cangkokan). Sesudah itu pindahkan ke polybag yng berisi tanah serta pupuk sangkar berlebi dahulu. Biarkan hingga 1 bulan agar bibit cangkokan benar-benar tumbuh.
Membuat Lubang Tanam
Buatlah lubang yang dengannya ukuran 40 cm x 40cm yang dengannya kedalaman 50 cm. Taburkan pupuk sangkar ataupun kompos setinggi 1/3 bagian. Biarkan lubang bagi atau bisa juga dikatakan untuk beberapa hari (5-7 hari) agar kondisinya stabil akibat penggalian. Era membuat lubang yng butuh dipertimbangkan merupakan area tanam ini tak tertutupi oleh tanaman lain-lainnya, lantaran pertumbuhan pohon mangga akan lambat ataupun malah sulit tumbuh andai tak mendapatkan sinar matahari yng cukup.
Ingat.. Jangan menanam pohon mangga dekat yang dengannya bangunan. Akar pohon mangga dikhawatirkan bisa merusak struktur bangunan.
Menanam Bibit Pohon Mangga Kuweni
Sesudah lubang dibiarkan selama 5 hari, bibit mangga telah siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditanam. Buka polybag dari bibit secara keseluruhan yang dengannya cara merobek, lakukan secara perlahan agar tanah yng ada di bibit tak buyar.
Sesudah dibuka, masukkan bibit ke dalam lubang, usahakan ditengah lubang. Lantas tutup lubang yang dengannya sisa tanah galian yang dengannya berlebi dahulu dicampur yang dengannya pupuk sangkar ataupun kompos. Lakukan pemadatan seperlunya, jangan terlalu kencang. Lakukan penyiraman pada pagi serta sore hari hingga bibit benar-benar tumbuh, andai musim hujan penyiraman bisa dihentikan.
Merawat Pohon Mangga Kuweni Lakukan perawatan agar tanaman mangga kuweni ini bisa tumbuh yang dengannya maksimal, bersihkan rumput ataupun gulma yng ada disekitar pohon mangga. Pemupukan sebaiknya diteruskan era usia tanaman telah 2 bulan dari penanaman, berikan pupuk sangkar kembali (andai memungkinkan hindari penggunaan pupuk kimia).
Panen Buah Mangga
Tanaman mangga hasil cangkokan umumnya akan berbuah lebih cepat mengikuti induk dari pohon yng dijadikan bibit serta dipengaruhi oleh iklim ataupun cuaca di daerah yang telah di sebutkan. Umumnya mangga hasil cangkokan yng ditanam akan membuahkan hasil pada usia 2 tahun - 3 tahun dari penanaman. Akan tetapi ada pun yng lebih cepat bergantung pertumbuhan tanaman serta kualitas bibit.
Tanaman mangga yng dibudidayakan yang dengannya bijinya akan lebih lama menghasilkan buah, umumnya pohon mangga dari hasil penanaman secara generatif memerlukan waktu mencapai 10 tahun bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa menghasilkan buah.
Itulah beberapa langkah cara menanam pohon mangga dari biji serta cangkok, apapun cara budidaya yng kamu pilih suatu era kamu akan memetik hasil nya. Akan tetapi andai kamu ingin menanam pohon mangga kuweni yng cepat berbuah, maka penanaman sebaiknya di lakukan yang dengannya cara mencangkok ataupun okulasi.

Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Menanam Mangga Kuweni Agar Cepat Berbuah, Baca ini

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Menanam Mangga Kuweni Agar Cepat Berbuah, Baca ini