Ini Cara Sederhana Menanam Sayuran Dengan Hidroponik

- Februari 10, 2017

Ini Cara Sederhana Menanam Sayuran Dengan Hidroponik

 

Cara Menanam Tanaman Secara Hidroponik - Hidroponik merupakan cara penanaman tanaman yang dengannya mempergunakan air menjdai media tanam, metode tanam secara hidroponic pun dikenal yang dengannya istilah Soilless culture (menanam tanpa tanah). Menanam yang dengannya cara hidroponik mengedepankan nutrisi yng ditambahkan pada air yng dialirkan ataupun yng ditempatkan pada wadah menjdai media tumbuh tanaman. Tanaman yng Suka dibudidayakan yang dengannya cara hidroponik merupakan tanaman sayuran semisal sawi, kangkung, tomat, cabe, serta pun buah-buahan semisal strawberry.
hidroponik, menanam dengan metode hidroponik, hidroponik dengan botol
Andai kita membaca literatur mengenai hidroponik yng ada, maka kesan yng akan kita peroleh merupakan cara menanam tanaman secara hidroponik butuh biaya yng tidak sedikit ataupun tidak murah. Akan tetapi sebetulnya metode hidroponik mampu disiasati yang dengannya cara-cara yng simpel yakni yang dengannya mempergunakan serta memanfaatkan barang-barang bekas yng ada di rumah menjadikan tak butuh biaya yng tidak sedikit.
Tidak sedikit barang bekas di rumah yng bisa dipakai menjdai media bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan penanaman sayuran ataupun buah-buahan secara hidroponik, diantaranya Botol Minuman bersoda yng kosong (ukuiran 1,5 liter), baskom, bekas air mineral gelas, pipa pvc bekas, talang bekas, serta lain-lain.
Akan tetapi pada peluang di artikel ini, akan dibahas mengenai cara menanam tanaman yang dengannya metode hidroponik paling simpel yng mampu di lakukan dirumah yakni yang dengannya mempergunakan serta memanfaatkan botol minuman bersoda kosong ukuran 1,5 liter. Cara ini Suka disebut yang dengannya cara Wick.
Perlengkapan serta bahan
  1. Botol minuman bersoda ataupun botol air mineral (ukuran 1,5 liter)
  2. Bor kecil (mampu mempergunakan paku ataupun besi yng dipanaskan)
  3. Sumbu kompor ataupun kain flanel
  4. Sekam padi yng sudah dibakar serta sabut kelapa olahan (cocopeat)
  5. Nutrisi bagi atau bisa juga dikatakan untuk hidroponik
hidroponik, menanam dengan metode hidroponik, hidroponik dengan botol
Langkah-langkah menanam tanaman yang dengannya system hidroponik mempergunakan botol.
  1. Siapkan botol serta potong menjadi 2 bagian
  2. Lubangi tutup botol yang dengannya mempergunakan bor ataupun besi yng dipanaskan, buat lubang pada bagian tengah tutup botol seukuran sumbu kompor.
  3. Lubangi bagian leher botol mempergunakan bor yang dengannya diameter 1cm,
  4. Lubangi bagian botol (botol bawah) yang dengannya ukuran diameter 1cm (usahakan posisi lubang sejajar yang dengannya posisi tutup botol era dibalik).
  5. Pasang sumbu kompor ataupun kain flanel pada tutup botol
  6. Isi botol yang dengannya nutrisi bagi atau bisa juga dikatakan untuk hidroponik
  7. Masukkan sekam padi yng sudah dibakar serta cocopeat pada botol bagian atas
  8. Pindahkan bibit tanaman yng telah disemai berlebi dahulu ke sekam padi
  9. Satukan kedua bagian botol yang dengannya botol bagian atas pada posisi terbalik.
Demikian tulisan atau artikel perihal cara menanam yang dengannya metode hidroponik simpel yng mempergunakan serta memanfaatkan botol bekas menjdai wadahnya, tentunya metode hidroponik yang dengannya botol ini tak butuh biaya yng besar serta bisa di lakukan oleh siapa saja. Cara menanam hidroponik yang dengannya mempergunakan botol bekas ini bisa membantu dalam budidaya sayuran semisal kangkung, sawi, tomat, cabe ataupun malah menanam strawberry di halaman ataupun pekarangan rumah.


Source Articles & Image : bijibersemi.com/

Seputar Ini Cara Sederhana Menanam Sayuran Dengan Hidroponik

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Ini Cara Sederhana Menanam Sayuran Dengan Hidroponik