Jenis Tanah Vulkanik

- Januari 10, 2017

Jenis Tanah Vulkanik

 
. . Sesuai yang dengannya nama tanahnya, berguna tanah vulkanik adalah jenis tanah yng berasal dari material-material gunung berapi. Material-material yang telah di sebutkan lama kelamaan akan melapuk serta menjadi tanah yng Amat tinggi unsur haranya. Secara lengkap nya tanah vulkanik adalah bahan material vulkanik jatuhan yng disemburkan keudara era terlaksana suatu letusan, terdiri dari batuan berukuran besar hingga berukuran halus, yng berukuran besar (bongkah - kerikil) umumnya jatuh disekitar kawah hingga radius 5 – 7 km dari kawah, serta yng berukuran halus bisa jatuh pada jarak mencapai ratusan km malah ribuan km, dari kawah lantaran bisa terpengaruh oleh adanya hembusan angin. Serta lantas material-material yang telah di sebutkan lama kelamaan akan melapuk serta menjadi tanah yng Amat tinggi unsur haranya. Jenis tanah ini tidak sedikit dijumpai pada wilayah-wilayah sekitar lereng gunung berapi.
Disaat sebuah gunung api meletus, ia akan memuntahkan aneka partikel yng panas ke udara. Satu dari sekian banyaknya material yng dikeluarkan gunung api merupakan abu vulkanis. Disaat pertama kali muncul, abu yng Amat panas serta pekat ini mampu membahayakan. Akan tetapi, begitu kondisi mendingin, abu yng melapisi permukaan tanah yang telah di sebutkan mampu menaikan kesuburan tanah. Lapisan tanah yng dilapisi abu vulkanik yang telah di sebutkan Amat kaya mineral serta mampu menumbuhkan aneka tanaman yang dengannya baik tanpa memerlukan tambahan pupuk.
Lapisan tanah vulkanik gembur dan berwarna hitam. Pada lapisan subsoil memiliki warna kecoklatan serta terasa licin andaikan di gosok di antara jari-jari. Bulk densitnya sangatlah rendah (<0,85). Daya tahan air Amat tinggi serta perkembangan struktur tanah baik.Tanah-tanah yng berkembang dari Abu Vulkan biasanya dicirikan oleh kandungan mineral liat allophan yng tinggi. Allophan merupakan Aluminosilikat amorf yng yang dengannya bahan organik bisa membentuk kompleks ikatan. Di daerah yng kering tanah dari abu vulkan yang telah di sebutkan mempunyai warna tanah yng tak sehitam dari daerah lain Sponsored Links loading... Loading... .

Source Articles & Image : petanitop.blogspot.com

Seputar Jenis Tanah Vulkanik

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Jenis Tanah Vulkanik