Cara Mudah Membuat Tempe Sendiri Dengan Bungkus Daun Pisang

- Februari 18, 2017

Cara Mudah Membuat Tempe Sendiri Dengan Bungkus Daun Pisang

 
. . Tempe adalah satu dari sekian banyaknya bahan makanan yng telah cukup akrab dalam keseharian kita. Tempe terbuat dari kedelai yng melalui proses fementasi menjadikan menghasilkan kedelai yng permukaan tertutup selaput putih yng biasa kita sebut Tempe. Proses pembuatan Tempe sebetulnya tidaklah sulit serta kita bisa membuatnya sendiri meskipun dalam skala kecil. Yng terpenting dalam cara pembuatan tempe yaitu bahan yng dipakai Perlu bersih serta kedelai yng dipakai Perlu kualitas baik serta cukup tua, ragi yng akan dipakai pun kualitas tidak jelek alias bagus. Seluruh itu akan memberi pengaruh hasil tempe yng kita buat.
KedelaiUntuk membuat tempe sendiri kita mampu menyiapkan beberapa bahannya semisal:
  1. Ragi tempe
  2. Air Bersih
  3. Tampah ataupun irik
  4. Baskom/ Panci Besar
  5. Daun pisang/ Plastik
  6. Kompor/tungku

Cara membuatnya;
  1. Siapkan kedelai yng kualitas tidak jelek alias bagus. Umumnya bentuknya agak bulat serta warnanya putih kekuningan. Sesudah itu kedelai bisa dicuci di dalam baskom ukuran besar agar segala kotoran menjadi hilang. Proses ini penting lantaran bila kedelai dalam keadaan kotor maka tempe yng akan diperoleh menjadi tidak lebih tidak jelek alias bagus. Proses perebusan mampu memakan waktu sekitar 1 jam agar benar-benar matang.
  2. Kedelai yng sudah direbus didinginkan. Cukup letakkan dalam ember ataupun wadah besar serta air perebusan tak usah diganti. Proses ini bermanfaat agar kulit yng masih menempel bisa cepat terkelupas. Sesudah seharian didiamkan, kedelai bisa dicuci bersih sampai-sampai kulit yng menempel mampu terkelupas serta dibuang. Bekas air rebusan serta kulit kedelai bisa diberikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk minuman serta makanan sapi.
  3. Sesudah bersih, kedelai bisa direbus kembali. Proses perebusan mampu memakan waktu sekitar 30-90 menit bergantung dari banyaknya kedelai yng direbus.
  4. Sesudah itu kedelai diangin-anginkan. Usahakan tempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengangin-aningkan berupa irik ataupun wadah yng ada lubang dibagian bawahnya agar air gampang keluar. Bilamana sudah dingin maka kita bisa memberikan ragi yng sudah di haluskan, dicampur sampai-sampai rata.
  5. Sesudah rata kita bisa membungkus yang dengannya mempergunakan daun pisang, bambu yng sudah dibagi 2 ataupun plastik bening. Khusus plastik bening, permukaannya ditusuk yang dengannya lidi agar ada udara yng mampu masuk bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempermudah fermentasi.
  6. Sesudah itu tunggu hingga proses fermentasi selesai serta tempe siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk diolah menjadi hidangan yng lezat.
Tempe bisa diolah menjadi macam-macam hidangan baik berupa makanan ringan, makanan selingan maupun hidangan utama era bersantap bersama keluarga. Di rumah makan pun olahan tempe ada dalam daftar menu lebih-lebih bagi atau bisa juga dikatakan untuk masakan khas Jawa. Dari tempe kita bisa membuat aneka olahan semisal Botok Tempe, Keripik Tempe, Rempeyek Tempe, Orak Arik Tempe, Bacem Tempe, Tempe Goreng, Mendoan, Sayur Santan Tempe serta lain-lain
Sumber : https://tempebumbung.wordpress.com/2015/12/13/cara-mudah-membuat-tempe-sendiri/. Sponsored Links loading... Loading... .

Source Articles & Image : petanitop.blogspot.com

Seputar Cara Mudah Membuat Tempe Sendiri Dengan Bungkus Daun Pisang

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Mudah Membuat Tempe Sendiri Dengan Bungkus Daun Pisang