Cara Membuat Pakan Alternatif Murah untuk Ikan Lele

- Februari 04, 2017

Cara Membuat Pakan Alternatif Murah untuk Ikan Lele

 
. .
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan keuntungan dalan bisnis agribisnis, para peternak ikan lele mencoba bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan lele yang dengannya memberikan aneka macam pakan pengganti. Memberikan pakan tambahan yng berupa pakan buatan saja memanglah terlalu berat lebih-lebih bagi pembudidaya ikan lele yang dengannya kapasitas permodalan kecil. Pakan buatan merupakan pakan yng sengaja dibuat oleh kita-kita ataupun pabrik bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi kebutuhan pakan pada kegiatan budidaya lele. Sementara itu, mengandalkan ketersediaan pakan alami pun tak mungkin, mengingat dalam kegiatan budidaya ikan lele yng di lakukan secara intensif ketersediaan pakan alami tak mampu lagi mencukupi kebutuhan ikan lele terhadap pakan. Oleh lantaran itu, pemberian pakan pengganti Amat besar pengaruhnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk menopang pertumbuhan serta perkembangan ikan lele dalam kegiatan budidaya.
Pakan pengganti Amat tidak sedikit ragamnya serta mampu didapat di sekitar lokasi budidaya. Secara prinsip, pemberian pakan pengganti ini bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menekan biaya selama proses budidaya. Oleh lantaran itu, pertimbangan utama dalam mencari pakan pengganti bagi atau bisa juga dikatakan untuk ikan lele merupakan harga yng murah serta gampang didapat. Beberapa jenis pakan pengganti yng mampu didapatkan yang dengannya harga murah serta gampang dalam pencariannya antara lain limbah peternakan ayam, daging bekicot ataupun keong mas yng tidak sedikit terdapat di daerah persawahan, limbah pemindangan ikan, ikan runcah, dan ikan-ikan yng telah rusak serta tak layak dikonsumsi kita-kita yng umumnya tidak sedikit terdapat di daerah pesisir.

Pakan pengganti ikan lele

Pakan pengganti merupakan pakan jenis lain yng mampu diberikan kepada ikan lele lebih-lebih pada kegiatan bisnis budidaya ikan lele pembesaran. Pakan yang telah di sebutkan bukan buatan pabrik maupun petani, melainkan sisa-sisa industri peternakan, limbah pemindangan, ikan rucah, ataupun berupa hama-hama yng menyerang tanaman padi, semisal keong mas. Selain harganya murah serta cara perolehannya yng gampang didapat, pakan pengganti memiliki kandungan protein yng cukup bagi atau bisa juga dikatakan untuk menunjang pertumbuhan serta perkembangan ikan lele. Numun, pakan alternati pun mempunyai kelemahan, yakni cara pemberiannya yng tidak lebih efektif menjadikan memerlukan beberapa penanganan berlebi dahulu sebelum diberikan kepada ikan lele. Menjdai semisal, andai memberikan pakan pengganti berupa bekicot maka Perlu di lakukan pemisahan tubuh bekicot dari cangkangnya berlebi dahulu. Hal ini penyebabnya yaitu cangkang bekicot tak akan dimakan oleh ikan lele menjadikan akan terlaksana pengendapan pakan di dasar kolam yng berpotensi menurunkan kualitas air kolam. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemberian ikan runcah pun Perlu dijauhkan dulu antara daging ikan serta tulang-tulangnya lantaran tulang-tulang ikan runcah yang telah di sebutkan tak akan dimakan oleh ikan lele. Demikian juga andai memberikan pakan pengganti berupa limbah peternakan ayam berupa ayam yng mati. Ayam yng sudah mati Perlu dibersihkan dulu bulu-bulunya. Bulu-bulu ini tak dimakan oleh ikan lele yng akan mengendap di dasar kolam serta Amat berpotensi memicu pencemaran air kolam.

Limbah peternakan


Para pelaku agribisnis ini tidak sedikit yng mengkombinasikan budidaya ikan lele yang dengannya budidaya ayam, semisal ayam pedaging ataupun lokasi bisnis budidayanya berdekatan yang dengannya lokasi petenakan ayam. Pemanfaat limbah peternakan ayam berupa bangkai ayam yng sudah mati menjadi sumber pakan yng murah serta memiliki kandungan nilai gizi yng tinggi bagi ikan lele. Hal ini tentu saja Amat menguntungkan bagi pembudidaya ikan lele yng bermodal dibatasi. Bangkai ayam yng sudah mati memerlukan beberapa perlakuan khusus sebelum diberikan kepada ikan lele. Bangkai yang telah di sebutkan Perlu dibersihkan dari bulu-bulu ayam, lantas dimasak hingga matang yang dengannya cara merebus bangkai ayam yang telah di sebutkan. Pastikan bahwasanya seluruh organ ayam ini sudah matang sebelum diberikan kepada ikan lele. Perebusan bangkai ayam ini bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membunuh bibit-bibit penyakit yng terdapat pada ayam yng sudah mati. Hal yng Perlu diperhatikan era memberikan bangkai ayam menjdai pakan pengganti ikan lele merupakan cara pemberiannya yng Perlu terukur. Pastikan bahwasanya bangkai ayam yng diberikan akan habis dimakan oleh ikan lele. Andai ada sisa dari organ bangkai ayam yang telah di sebutkan Perlu segera diambil dari dalam kolam agar tak mencemari perairan kolam.

Ikan Rucah

Selain limbah peternakan, pakan pengganti lain yng Amat disukai ikan lele merupakan ikan runcah. Ikan runcah adalah limbah dari hasil tangkapan ikan laut, yakni ikan-ikan hasil tangkapan yng rusak serta tak layak dikonsumsi kita-kita. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh ikan runcah, Perlu mencarinya di daerah pantai ataupun daerah nelayan lebih-lebih daerah yng berdekatan yang dengannya TPI ataupun tempat pelelangan ikan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk ikan runcah yng berukuran kecil umumnya tak tidak sedikit memiliki kandungan tulang ataupun tulangnya masih lunak, menjadikan mampu diberikan langsung tanpa diolah berlebi dahulu. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk ikan runcah yng berukuran besar, maka Perlu diolah berlebi dahulu, yakni yang dengannya merebusnya setengah matang bagi atau bisa juga dikatakan untuk memisahkan daging serta tulang. Sesudah daging dijauhkan dari tulangnya, bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan tambahan nutrisi, mampu ditambahkan dedak halus lantas dicampur sampai-sampai rata. Pakan yng telah siap mampu diberikan kepada ikan lele yang dengannya ditebarkan secara merata. Akan tetapi, yng butuh diperhatikan merupakan pemberian pakan tetap tak boleh berlebihan, hal ini dimaksudkan agar tak terlaksana pengendapan sisa pakan di dasar kolam.

Limbah Pemindangan

Petani ataupun peternak ikan lele yng mengembangkan bisnis agribisnisnya di daerah dataran rendah, lebih-lebih daerah-daerah pantai, maka tak kesulitan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari serta mendapatkan pakan pengganti yng mampu dijadikan menjdai pasokan pakan utama ikan lele. Selain murah, mempergunakan serta memanfaatkan limbah pengolahan ikan laut, misalnya limbah pemindangan, menjdai pakan pengganti, pun mempunyai manfaat yng besar. Limbah pengolahan ikan laut ini mempunyai kandungan protein yng Amat tinggi, menjadikan selain menjdai pakan tambahan, limbah ini pun berperan penting dalam pemenuhan kebutuhan protein ikan lele. Limbah pengolahan ikan laut yng mampu dimanfaatkan menjdai pakan pengganti ikan lele antara lain isi perut, kepala, serta bagian-bagian lain yng tak terpakai. Menjdai tambahan gizi, limbah pengolahan ikan laut yang telah di sebutkan mampu dicampur yang dengannya dedak halus sebelum diberikan.

Keong Mas ataupun Bekicot

Bagi peternak lele yng memiliki lokasi budidaya di dekat daerah persawahan ataupun kebun, pakan pengganti yng mampu dicari bagi atau bisa juga dikatakan untuk diberikan pada ikan lele merupakan merupakan bekicot serta keong mas. Bekicot serta keong mas ini adalah hama bagi petani, lebih-lebih petani sayur bagi atau bisa juga dikatakan untuk bekicot serta petani padi bagi atau bisa juga dikatakan untuk keong mas. Kedua jenis binatang ini tidak sedikit didapati di lokasi budidaya komoditas pertanian. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari bekicot, mampu diperoleh dari lokasi-lokasi budidaya sayuran, sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari keong mas, mampu diperoleh di lokasi-lokasi persawahan ataupun penanaman padi. Yang dengannya demikian, pemanfaatan kedua jenis binatang ini menjdai pakan pengganti ikan lele mampu bersimbiosis mutualisme yang dengannya petani-petani di desa.
Pemanfaatan bekicot serta keong mas menjdai pakan pengganti ikan lele tak mampu diberikan langsung. Namun kedua binatang ini Perlu diolah berlebi dahulu, yakni yang dengannya memisahkan tubuh kedua binatang ini dari rumah ataupun cangkangnya. Pemisahan bekicot serta keong mas dari cangkangnya bisa di lakukan yang dengannya gampang. Rebus kedua jenis binatang ini selama beberapa menit, lantas ambil tubuhnya yang dengannya cara dicongkel yang dengannya benda yng keras ataupun mampu pun ditarik mengunakan penjepit. Sesudah daging bekicot serta keong mas yang telah di sebutkan terpisah dari cangkangnya, mampu diberikan langsung menjdai pakan ikan lele.
Bekicot serta cangkang ini mempunyai kandungan protein yng Amat tinggi, menjadikan pemanfaatannya menjdai pakan pengganti akan memberikan pengaruh yng Amat baik, lebih-lebih bagi atau bisa juga dikatakan untuk menopang kebutuhan protein menjdai sumber energi utama ikan.
Sumber : http://www.tanijogonegoro.com/2013/06/pakan-alternatif.html Sponsored Links loading... Loading... .

Source Articles & Image : petanitop.blogspot.com

Seputar Cara Membuat Pakan Alternatif Murah untuk Ikan Lele

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Membuat Pakan Alternatif Murah untuk Ikan Lele